Wisata Pulau Sempu Malang – Surga Panorama Indonesia

share yuk:
wisata pulau sempu

Source: Foursquare. Photo: Galang R.

A. Deskripsi Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu adalah salah satu destinasi wisata favorit di kota Malang yang menyimpan keindahan panorama alam yang luar biasa. Daya tarik Pulau Sempu terletak pada keindahan danaunya yang terletak persis di tengah-tengah pulau yang terbentuk dari air laut yang masuk melalui celah-celah tebing. Pasirnya yang berwarna putih dan bersih semakin membuat para pengunjung betah menikmati dan mengabadikan keindahan Pulau Sempu.

Pulau dengan luas 877 hektar tersebut dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA). Untuk mencapai bibir danau, kita harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 2.5 km melintasi hutan yang lebat dan penuh dengan lumpur. Bahkan terkadang kita harus merunduk atau meloncati batang pohon yang tumbang tepat di atas jalan setapak yang kita lalui. Di Pulau Sempu Malang ini terdapat beberapa tumbuhan seperti Bendo, Triwulan, Wadang, Ketapang, Waru Laut, dan Pandan yang dapat kita jumpai selama perjalanan.


B. Lokasi Obyek Wisata Pulau Sempu Malang

Lokasi Pulau Sempu terletak di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Untuk mencapai Pulau Sempu kita harus ke pantai Sendang Biru terlebih dahulu sebelum menyeberang menggunakan perahu menuju pulau Sempu. Pantai Sendang Biru dapat dicapai menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jika menggunakan kendaraan umum, dari terminal Arjosari naiklah angkutan umum dengan kode AMG atau AG menuju terminal Gadang > Kemudian dari terminal Gadang dilanjutkan dengan naik bis menuju Turen > Setelah sampai di Turen, barulah naik angkutan menuju pantai Sendang Biru. setelah sampai pantai Sendang Biru, perjalanan akan dilanjutkan dengan perahu menuju Pulau Sempu.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, ada 2 alternatif jalur yang dapat digunakan dari pusat kota Malang ke Sendang Biru.

  1. Malang > Bululawang > Turen > Sumbermanjing Wetan > Sendang Biru > Pulau Sempu.
  2. Malang > Kepanjen > Gondanglegi > Turen > Sumbermanjing Wetan > Sendang Biru > Pulau Sempu.

C. Harga Tiket Masuk Pulau Sempu Malang
  • Rp.35.000,- sampai Rp.50.000,- untuk per kelompok.
  • Rp.20.000,- sampai Rp.25.000,- untu per orangan.
  • Anda juga bisa menyewa jasa Guide dengan biaya sebesar Rp.100.000,-/kelompok
D. Aktifitas yang bisa dinkmati
  • Berenang di laguna seluas 4 hektar dan memiliki air yang tenang.
  • Beristirahat di tepi pantai sambil melihat lumba-lumba yang biasa muncul di tengah laut selatan.
  • Berkemah atau Camping.
  • Panjat tebing.
  • Mengelilingi pulau dengan perahu sewaan.
  • Memancing.
  • Anda juga dapat mengunjungi beberapa tempat menarik di Pulau Sempu, di antaranya Pantai Waru-waru, Telaga Lele, Tiger Cave, Pantai Pasir Panjang, Pantai Pasir Kembar, dan Pantai Fresh Water.

E. Fasilitas di Sekitar Tempat Wisata

Fasilitas umum di Pulau Sempu tidak terasedia. Ketersediaan fasilitas terdekat di Pulau sempu dapat ditemui di Pantai Sendang Biru.

  1. Hotel atau Penginapan.
    Memang disini tidak ada penginapan seperti hotel atau motel, tetapi beberapa rumah penduduk atau tempat pengelola Pulau Sempu mempunyai tempat yang bisa disewakan buat penginapan. Biaya menginap semalam adalah sekitar Rp 100.000,-. Jika Anda juga berniat untuk menginap di kota Malang, silahkan booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “malang“.
  2. Rumah Makan.
    Di Pulau Sempu Anda tidak akan mendapati rumah makan. Bahkan di pantai Sendang Biru pun tidak banyak terdapat rumah makan. Jadi sebaiknya Anda sudah membawa perbekalan untuk makan dari rumah atau membeli roti dan buah-buahan.
  3. Area Parkir.
    memarkir kendaraan anda bisa di parkiran wisata sempu atau juga bisa di parkiran Tempat pelelangan ikan. Akan tetapi jika anda ingin menginap disarankan untuk memarkir kendaraan di parkiran pos perijinan sempu. Biaya parker berkisar Rp. 5.000,-/mobil dan Rp. 3.000,-/motor.
  4. Toilet/Kamar Mandi.
    Sebelum berangkat ke Pulau Sempu, sebaiknya segeralah pergi ke toilet atau kamar mandi yang bisa Anda temui di sekitar Tempat Pelelangan Ikan tak jauh dari lokasi wisata Pantai Sendang Biru, karena di Pulau Sempu tidak terdapat toilet.
  5. Persewaan Perahu.
    Biaya sewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Sempu sekitar Rp.100.000,- hingga Rp. 130.000,- dengan kapasitas 10 hingga 12 orang. Jadi pandai-pandailah menawar jika Anda berangkat bersama rombongan.

F. Tips berwisata di obyek wisata Pulau Sempu Malang
  1. Sebelum menuju tempat wisata sebaiknya siapkan stamina yang fit, karena perjalanan menuju pulau Sempu benar-benar melelahkan dan menguras tenaga. Setelah turun dari perahu anda melalui jalan setapak selama kurang lebih 2-3 jam untuk sampai ke lokasi wisata.
  2. Kenakan sepatu atau alas kaki yang sesuai karena beberapa medan atau jalan terbilang cukup licin dan berlumpur, terutama setelah hujan.
  3. Ketika akan menuju pulau sempu sebaiknya kita melengkapi bekal makanan terutama air minum terlebih dahulu. Karena selain tidak adanya penjual makanan, di Pulau Sempu juga tidak ada sumber mata air tawar.
  4. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Pulau Sempu adalah pada musim kemarau, karena pada musim hujan jalur akan dipenuhi lumpur sehingga menyulitkan perjalanan.
  5. Perlu diingat bahwa Pulau Sempu adalah cagar alam dan bukan hanya sebuah tempat liburan, jadi Anda perlu membuat janji sebelum melakukan perjalanan ke Pulau Sempu. Sebelum melakukan aktivitas apapun di Pulau Sempu, Anda harus memiliki izin masuk khusus untuk kawasan konservasi kepada petugas setempat dan surat izin ini biasanya menjadi persyaratan untuk sewa perahu.
  6. Jika ingin berkemah, pastikan ketersediaan logistik, makanan dan minuman, telah tercukupi, terutama air mineral karena di sana tidak ada sumber mata air tawar. Selain itu, Anda juga harus mendaftar di pos cagar alam di Pantai Sendang Biru untuk memperoleh izin berkemah.
  7. Cara paling mudah untuk mendapatkan izin masuk ke Pulau Sempu adalah dengan mendatangi kantor Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu. Lokasinya tidak jauh dari tempat parkir kendaraan di kawasan Pantai Sendang Biru. Ini adalah Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam yang ada di kawasan tersebut. Dengan mengantongi izin tersebut, maka Anda dapat melakukan perjalanan menuju objek wisata Pulau Sempu dengan menyewa perahu nelayan.
  8. Cara terbaik menikmati wisata Pulau Sempu dalam sehari adalah dengan memulai perjalanan pagi hari sekali. Jika pengunjung hanya ingin menikmati keindahan pulau Sempu dalam sehari, maka bersiaplah untuk memulai perjalanan pukul 03.00 atau pukul 04.00 dinihari WIB.
  9. Bagi pengunjung yang belum pernah sama sekali mengunjunggi pulau ini, sangat disarankan untuk menyewa seorang Guide, yang akan menuntun hingga ke Segara Anakan. Biaya untuk seorang Guide (PP) yakni sebesar Rp 70.000,- hingga Rp 100.000,-.

Demikianlah informasi seputar Wisata Pulau Sempu Malang. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi liburan bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih

Mungkin Anda juga menyukai

1 Komentar di "Wisata Pulau Sempu Malang – Surga Panorama Indonesia"

Kabari via email
avatar
Tampilkan komentar:   Terbaru | Terlama | Paling disukai
Adhitia Axzioma

ada nomer guide/nelayan yang bisa dihubingi?

wpDiscuz

 Dukung kami dengan Like atau Follow

  

Terima kasih