Pantai Parangtritis – Pantai Paling Ramai Dikunjungi Di Jogja

share yuk:
jalan menuju pantai parangtritis

Source: Foursquare. Photo: Utiket

 Deskripsi Pantai Parangtritis

Jika dibandingkan dengan pantai lainnya seperti pantai Samas, Baron, Krakal, dan pantai lainnya, tempat wisata pantai Parangtritis merupakan yang paling terkenal di Yogyakarta dan paling sering dijadikan salah satu tujuan destinasi wisata oleh baik para wisatawan lokal maupun manca negara. Di pantai ini juga sering sekali dijadikan tempat bagi para komunitas untuk berkumpul. Terakhir ke sana, saya berjumpa dengan ratusan bahkan mungkin ribuan para pencinta motor tua dari seluruh tanah jawa.

Terletak di desa kretek Bantul, pantai Parangtritis yang juga sering di singkat dengan pantai Paris ini menyimpan pesona ombak besar dan karang-karang besar di beberapa titik bibir pantai. Berkat keseriusan pemerintah daerah Kabupaten Bantul dalam membangun objek wisata pantai Parangtritis ini, sekarang pantai ini sudah jauh lebih bersih dan tertata rapi.

Pantai Parangtritis juga terkenal dengan mitos legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa khususnya masyarakat Yogyakarta percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan.

Wisata lain di sekitar pantai Parangtritis:

  1. Pantai Parangkusumo
  2. Pemandian air panas Parangwedang

Jalan Menuju Tempat Wisata Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis yang berjarak sekitar 25 kilometer dari ringroad selatan kota Yogyakarta sangat mudah untuk dicapai dengan berbagai moda transportasi. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa langsung naik bis jurusan pantai Parangtritis dari terminal Giwangan. Jika menggunakan kereta api, turunlah di stasiun Tugu atau Lempuyangan kemudian naik bis ke terminal Giwangan dahulu baru ganti bis jurusan Parangtritis.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan Anda melalui ringroad selatan terlebih dahulu, kemudian berbelok ke arah selatan melewati jalan Parangtritis yang terbentang dari utara ringroad hingga selatan ringroad selatan Jogja. Luruslah terus kurang lebih 25 km hingga Anda bertemu dengan loket pintu masuk kawasan objek wisata pantai Parangtritis.


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Objek wisata pantai Parangtritis dibuka setiap hari selama 24 jam. Tapi biasanya pintu masuk hanya dijaga dari mulai pagi pukul 07.00 – 09.00 wib, kecuali hari libur biasanya lebih malam lagi. Harga tiket masuk pantai Pantai Parangtritis untuk sepeda motor adalah Rp. 2000.- dan untuk mobil Rp.3000,-. Di samping itu, jika masih ada penumpang lain selain pengendara, akan dikenakan tiket Rp. 5000,- untuk perorangnya.


Aktivitas yang Bisa dilakukan

Di pantai ada banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan selain bermain pasir dan ombak pantai:

  1. Duduk di pinggir pantai menikmati ombak laut di bawah payung yang disewakan para penjual jasa payung.
  2. Di sana ada jasa andong kecil atau yang biasa disebut dengan Bendi maupun APV yang bisa Anda nikmati dengan harga yang tidak terlalu mahal.
  3. Ada juga kolam renang kecil dengan bahan dinding terpal sebagai alternative bermain anak Anda setelah bermain air laut.
  4. Berfoto di depan icon bertuliskan Parangtritis.
  5. Jika Anda beruntung, Anda juga dapat mengajak bermain layang-layang yang berbentuk burung yang dijual oleh penduduk lokal.

Fasilitas Objek Wisata Pantai Parangtritis
  1. Tempat Parkir
    Penduduk lokal menyediakan banyak lahan parkir. Jadi Anda tidak perlu bingung untuk memarkir kendaraan. Tapi sayangnya, tarif parkir masih tergolong mahal. Pada hari libur, tiket parkir untuk sepeda motor bisa sampai Rp.5000,- dan mobil Rp. 20.000,-. Sementara untuk kendaraan besar seperti bis saya tidak tahu. Kemungkinan berkisar di harga Rp. 50.000,-/kendaraan.
  2. Tempat Ibadah
    Di area parkir yang berseberangan jalan dengan pantai Parangtritis Anda bisa mendapati satu musholla yang bisa Anda jadikan tempat untuk menjalankan ibadah shalat yang dilengkapi dengan kamar mandi dan tempat wudhu. Anda cukup memasukkan donasi seikhlasnya di kotak amal yang tersedia sebagai dana perawatan.
  3. Penginapan dan WC Umum
    Masalah penginapan, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak sekali penginapan atau hotel di sekitar pantai Parangtritis. Jika ingin menginap di dekat bibir pantai, Anda bisa menemui banyak penginapan sederhana yang disediakan oleh para penduduk lokal yang biasanya juga menyediakan warung makan dan tempat parkir. Harganya pun tidak terlalu mahal. Pada hari libur, biasanya hanya berkisar antara Rp.50.000,- hingga Rp. 100,000,-. Tapi jika Anda ingin penginapan yang lebih baik lagi, berkendaralah terus ke arah selatan atau menjauh dari kota Yogyakarta hingga jalan mulai menanjak. Jika sudah menanjak, maka Anda tinggal memilih penginapan dengan fasilitas yang biasanya ditulis di papan yang dipasang di pinggir jalan. Harga rata-rata permalam adalah Rp. 250.000,-. Anda bisa mencari booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “parangtritis“.
    Sedangkan untuk WC umum, Anda juga tidak perlu khawatir, karena hampir setiap warung yang menjajakan makanan di sepanjang bibir pantai menyediakan kamar mandi baik untuk berbilas setelah bermain air laut, buang air besar maupun air kecil.

Tips berwisata di Pantai Parangtritis
  1. Bawalah topi dan kacamata hitam untuk menghindari panasnya sengatan terik matahari di siang hari. Jika perlu bawalah tabir surya agar kulit Anda tidak gosong.
  2. Bawa peralatan mandi seperti sabun dan handuk sehingga Anda tidak perlu beli lagi di tempat wisata nantinya setelah puas bermain ombak dan pasir pantai.
  3. Jangan juga lupa membawa sandal jepit. Kalau perlu gunakan sandal jepit setelah Anda keluar dari mobil. Hal ini untuk menghindari panasnya jalan berpasir menuju gulungan ombak dan agar tentunya agar sandal ataupun sepatu kulit Anda tidak rusak karena terkena ombak dan pasir.
Larangan berwisata di Pantai Parangtritis
  • Anda dilarang mandi air laut karena sudah banyak pengunjung pantai Parangtritis yang menjadi korban karena terseret ombak laut. Ingat, ombak pantai selatan sangatlah ganas.

Demikianlah informasi singkat tentang objek atau tempat wisata pantai Parangtritis Yogyakarta. Semoga bermanfaat. Jika Anda suka artikel ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini, sehingga bisa menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

You may also like...

1 Komentar di "Pantai Parangtritis – Pantai Paling Ramai Dikunjungi Di Jogja"

Kabari via email
avatar
Tampilkan komentar:   Terbaru | Terlama | Paling disukai
Hotel Murah di Bukittinggi
Hotel Murah di Bukittinggi

sungguh keren deskripsi pantainya … mantap cantik

wpDiscuz

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih