Pantai Krakal Jogja – Info Alamat, Tiket Masuk dan Hotel

share yuk:
hotel di sekitar pantai krakal

Source: Foursquare. Photo: Aulia R.

Deskripsi Pantai Krakal Yogyakarta.

Pantai Krakal Jogja merupakan salah satu deretan pantai indah di pesisir selatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai yang berada satu lokasi dengan pantai indah lainnya seperti pantai Sadranan, Sundak, Indrayanti ini tidak hanya memiliki keindahan alam pantai yang mempesona namun juga mempunyai koleksi biota laut yang sangat bervariasi. Pada awal bulan di musim kemarau biasanya akan banyak bermunculan beragam ikan yang berwarna-warni bersamaan dengan munculnya lumut seperti ikan Damselfish, Butterflyfish, Bestum, Pogat, Tiger dan jenis ikan menarik lainnya.


Lokasi atau Jalan Menuju Pantai Krakal

Lokasi atau alamat Pantai Krakal terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk menuju ke lokasi pantai, dari arah manapun arahkan kendaraan Anda ke perempatan jalan Wonosari ringroad timur Jogja, kecuali jika Anda datang dari arah Solo, maka Anda bisa langsung memotong dengan berbelok ke arah selatan di pertigaan yang terdapat tepat di sebelah selatan Candi Prambanan. Kemudian berkendaralah menuju kota Wonosari yang berjarak sekitar 32 km.

Setelah sampai di kota Wonosari, tepatnya setelah melewati alun-alun Wonosari, berbeloklah kanan melewati desa Kemandang ke arah pantai Krakal (terdapat tanda petunjuk untuk belok ke kanan). Kondisi jalan cukup bagus, hanya saja jalur ini memiliki banyak tikungan dan melewati perbukitan batu gamping Gunung Kidul. Panjang rute ini dari Wonosari sampai pantai Krakal adalah sekitar 23 km. Sebelum memasuki kawasan pantai, terdapat loket masuk kawasan pantai Gunungkidul. Setelah melewati loket ini, Anda akan bertemu dengan pertigaan, untuk menuju pantai Krakal berbeloklah ke arah kiri, sedangkan yang ke arah kanan adalah jalan menuju pantai Baron.


 Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Loket masuk kawasan pantai di Gunungkidul ini biasa mulai dijaga dari pukul 08.00 pagi. Tidak ada tiket khusus untuk masuk ke pantai Krakal karena begitu melewati loket masuk utama, maka Anda bisa bebas pergi berwisata ke pantai manapun yang Anda suka termasuk pantai Krakal. Adapun harga tiket masuk ke kawasan wisata pantai di kabupaten Gunungkidul ini adalah sebesar Rp.4.000,-/orang (hari biasa) dan Rp.5.000,- (hari libur).


Aktivitas yang Bisa Dinikmati di Pantai Krakal

Selain bermain pasir putih dan ombak, ada beberapa aktivitas wisata lain yang bisa Anda nikmati di pantai Krakal yang diantaranya:

  1. Mencari ikan di sela-sela karang.
    Rugi tentu jika setelah jauh-jauh datang ke pantai Krakal Anda tidak melihat lucunya ikan yang berwarna-warni berenang hilir mudik mencari ikan di sela-sela bebatuan karang. Selain ikan kita juga bisa melihat biota laut lainnya seperti landak laut, bintang laut dan lain sebagainya.
  2. Surfing.
    Surfing adalah salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda coba di pantai Krakal. Tingkat kesulitan ombak bisa dibilang menengah dengan arah arus ke kanan dan ke kiri dan kadang-kadang terhenti sejenak. Sehingga bisa Anda jadikan waktu yang tepat untuk memposisikan diri sebelum ombak terbentuk. Namun untuk surfing di pantai Krakal Anda harus membawa papan surf sendiri karena di sana belum ada tempat penyewaan papan selancar.
  3. Mendaki batu karang.
    Pantai Krakal memiliki dua batu karang besar yang memisahkan pantai ini dengan pantai sebelahnya. Kita bisa naik ke atas dengan melalui jalur yang sudah disediakan oleh penduduk lokal menuju Gazebo yang memang di sediakan bagi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya pantai dari atas.

Fasilitas Umum di Sekitar Pantai Krakal
  1. Hotel atau Penginapan di Pantai Krakal.
    Anda tidak perlu bingung mencari hotel atau penginapan di pantai Krakal karena di kawasan objek wisata pantai ini banyak sekali terdapat hotel atau penginapan. Jika Anda tidak dapat menemukan penginapan di dekat pantai Krakal karena sudah penuh, Anda bisa mencarinya di dekat pantai Sadranan atau yang lebih banyak lagi di area pantai Indrayanti. Harganya pun bervariasi, dari mulai Rp.50.000,- pada hari biasa hingga Rp.500.000,- pada hari libur dan tentunya tergantung tipe penginapan dan fasilitas yang diberikan.
    Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “wonosari”.
  2. Warung Makan
    Di area pantai Krakal terdapat warung makan yang menjajakan makanan dengan menu ikan laut atau menu dengan lauk lainnya. Kuliner yang wajib Anda coba di pantai Krakal adalah rempeyek yang terbuat dari Umbal, yaitu binatang laut yang menempel pada bebatuan karang.
  3. Toilet Umum
    Warga atau penduduk lokal juga menyediakan toilet atau kamar mandi umum bagi para pengunjung dengan donasi seperti pada umumnya.

Tips berwisata di Pantai Krakal
  • Jika Anda berencana untuk bermain di atas bebatuan karang untuk mencari ikan atau sekedar melihat kehidupan biota di dalam air, sebaiknya Anda jangan lupa membawa sandal jepit atau jika perlu sepatu bot, karena batu karang yang terdapat di pantai ini sangat tajam. Warga sekitar biasa menggunakan sandal dari ban bekas agar leluasa dalam mencari spot untuk memancing ikan.
  • Berhati-hatilah jika Anda berencana berselancar dengan bebatuan karang yang terdapat di bibir pantai, ataupun binatang laut yang berbahaya seperti landak laut dan ubur-ubur.

Demikianlah informasi seputar objek wisata pantai Krakal Gunungkidul Yogyakarta. Semoga perjalanan Anda ke sana dengan orang terdekat Anda berkesan dan menyenangkan. Jika Anda suka informasi ini mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

You may also like...

2 Komentar di "Pantai Krakal Jogja – Info Alamat, Tiket Masuk dan Hotel"

Kabari via email
avatar
Tampilkan komentar:   Terbaru | Terlama | Paling disukai
Pkd ANYA

ada info kontak yang bisa dihubungi untuk pemesanan penginapan di sekitar pantai krakal? Makasih
mohon infonya untuk penelitian di pantai krakal ini

Ksmtour Sby

artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com ya. Terima kasih

wpDiscuz

 Dukung kami dengan Like atau Follow

  

Terima kasih