Pantai Siung – Jalur Panjat Tebingnya Dikenal Dunia

share yuk:
pantai siung - tempat panjat tebing di jogja

Source: Foursquare. Photo: Aris V.

Deskripsi Pantai Siung Gunung Kidul

Para pecinta panjat tebing pasti tidak asing lagi dengan nama pantai Siung yang ada di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta ini. Pantai yang terkenal akan tebingnya yang menantang ini punya  250 jalur untuk memanjat yang masing-masing tentunya memiliki tantangan tersendiri yang berbeda antara satu sama lain. Pada tahun 2005, obyek wisata pantai ini dikembangkan secara lebih baik oleh Pemda DIY dan membuat pantai Siung menjadi kawasan khusus panjat tebing. Pantai ini juga pernah digunakan untuk acara climbing yaitu Asian Climbing Gathering yang bisa kita katakan bertaraf internasional karena pesertanya diikuti oleh 80 peserta dari 15 negara di Asia seperti Malaysia, Taiwan, Thailand, Singapore, Jepang, Jerman dan sebagainya.

Selain aktivitas climbing di pantai yang kawasannya luas nan cantik ini kita bisa banyak melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti bermain air pantai, memancing, bermain voly pantai dan aktivitas lainnya. Pantai suing ini sering sekali dimanfaatkan oleh para pecinta alam, mahasiswa yang sedang Ospek atau KKN, atau sekelompok orang yang hanya ingin rekreasi melepas penat. Kita bisa naik ke deretan tebing karst yang indah di sebelah barat pantai. Tebing ini yang biasa digunakan oleh para pemanjat ntuk melakukan olah raga dan uji keberanian panjat tebing. Dan di antara tebing tersebut terdapat tempat yang bisa digunakan untuk tempat bercamping dan membuat api unggun. Nah dari ketinggian tebing ini kita bisa melihat keseluruhan permandangan pantai siung yang sangat menakjubkan. Tidak jauh dari ground camp atau tempat berkemah tersebut berdiri rumah panggung kayu yang bisa dimanfaatkan untuk base camp atau bermalam sebagai sebuah pilihan selain mendirikan tenda di tempat ini. Ukuran base camp tersebut cukup untuk 15 orang. Anda dapat menyewa tempat tersebut dari warga setempat untuk bermalam di base camp sambil menikmati suasana malam di pantai Siung ini.


Sejarah Pantai Siung

Pantai siung juga menyimpan cerita cerita unik yaitu mengenai asal usul nama pantai siung itu sendiri. Nama dari pantai siung ini diambil dari baru karang raksasa yang ada di daerah pantai siung bagian timur dan barat yang bentuknya menyerupai gigi kera atau siung wanara. Selain mengenai asal usul namanya pantai siung, cerita sejarah wilayah pantai siung dahulunya adalah wilayah yang dijadikan pusat perdagangan di kawasan gunung kidul. Yang pada intinya masyarakat siung terdahulu sebagian besar menjadi petani garam.


Lokasi atau Jalan Menuju Pantai Siung

Alamat Pantai Siung terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta. Jaraknya dari Jogja kurang lebih 90 km atau 2 jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Rute jalan dari Jogja: Dari arah manapun, lewatilah jalan lingkar (ringroad) timur hingga bertemu dengan perempatan jalan Wonosari – lalu berbeloklah ke arah timur menuju ke kota Wonosari – kemudian ke arah selatan (arah Pantai Baron) sekitar 9 km ada pertigaan, di Desa Mulo (50 meter setelah kolam renang) – ambil yang ke kiri jurusan Mentel – Bintaos – Tepus – Pertigaan Winangun/Nangun (depan Klinik), belok ke kanan langsung menuju pantai Siung.

Akses untuk mencapai pantai Siung sebenarnya sangat mudah. Waktu tempuh bisa lebih sedikit lama karena kondisi jalan di beberapa tempat yang agak sempit, berliku dan naik turun. Tetapi santai saja, jalan menuju ke siung ini sangatlah bagus mulus beraspal.


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Siung

Mengenai jam buka dan jam tutup kawasan pantai Siung ini sebenarnya tidak ada, terkadang jam 7 pagi pun masih belum ada petugas yang menarik retribusi. Untuk masuk ke lokasi wisata, setiap pengunjung dikenai biaya retribusi atau harga tiket masuk sebesar Rp.5000,-. Sedangkan untuk parkir mobil Rp.5000,- dan sepeda motor sebesar Rp.3000,-.


Aktivitas yang Bisa Dilakukan
  • Sepak bola atau volley pantai;
  • Climbing atau panjat tebing;
  • Bermain pasir yang sangat indah;
  • Melihat atau mengabadikan ikan kecil di sela-sela batu karang;
  • Camping;
  • Dan aktivitas di alam bebas lainnya.

Fasilitas Umum di Pantai Siung.
  • Terdapat rumah makan/ warung makan seafood maupun masakan khas jogja atau mie instan.
  • Fasilitas Wc umum dan toilet
  • Tempat untuk berkemah/ camping
  • Pendopo
  • Spot view sunset dan sunrise
  • Tempat ibadah seperti musolla

Tips Berwisata di Pantai Siung.
  1. Di pantai Siung ini sebaiknya kita tidak melakukan aktivitas berenang. sangat membahayakan, karena pantai siung ini berhadapan langsung ke Samudra Hindia dan merupakan pantai yang banyak batu karangnya.
  2. Bawalah sandal jepit yang anti slip untuk digunakan ketika Anda sedang bermain di atas terumbu karang agar kaki Anda tidak tergores oleh tajamnya karang.

Demikianlah informasi singkat tentang Pantai Siung yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi untuk tempat tujuan pesiar Anda berikutnya. Jika Anda menyukai informasi ini mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Komentar di "Pantai Siung – Jalur Panjat Tebingnya Dikenal Dunia"

Kabari via email
avatar
Tampilkan komentar:   Terbaru | Terlama | Paling disukai
Ki Agung Prestise Hotel
Ki Agung Prestise Hotel

#KiAgungPrestiseHotel dengan harga yang relatif terjangkau Cuma dengan Rp. 97.500 ,- s/d Rp. 182.000,- anda bisa menginap di #KiAgungPrestiseHotel dan menikmati fasilitasnya dan menyediaan paket wisata Yogyakarta. jadi tunggu apalagiiii … ,,mari berkunjung ke Yogyakarta bersama #KiAgungPrestiseHotel. _(Jadikan Moment liburan anda jauh lebih berkesan dari yang sebelumnya)_
Untuk reservasi silahkan hubungi kami:
Hotel Line :
0822-2550-1169
0857-4356-8830
0274-374412
BB : 5E901169 dan Dob6A21F
Alamat : Jl.Prawirotaman II,MG 3 No.596A,Mergangsan ,Yogyakarta
#stayinyogyakarta
#accomodation
#budgetbackpacker
#havingholiday
#cheaphotelsyogyakarta
#guesthousejogja
#penginapanmurah

wpDiscuz

 Dukung kami dengan Like atau Follow

  

Terima kasih