Pantai Wediombo – Surga Bagi Pemancing Ikan Monster

share yuk:
pantai wediombo gunungkidul jogja

Source: Foursquare. Photo: Dressonality.

Deskripsi Pantai Wediombo Jogja

Pantai Wediombo adalah pantai yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga menjadi salah satu destinasi favorit di daerah Gunungkidul. Pantai Wediombo ini letaknya memang agak jauh jika dijangkau dari kota Jogjakarta, agak ke timur hampir mendekati daerah Wonogiri, tetapi keindahannya sudah tidak diragukan lagi. Nama dari wediombo disesuaikan dengan keadaan pantai yang sebenarnya, yaitu diambil dari bahasa jawa Wedi artinya “pasir” dan Ombo berarti “Luas” jadi pantai wediombo adalah pantai yang berpasir luas.

Pantai wedi ombo memiliki hamparan pasir putih yang diapit dengan karang, memiliki air laut yang berwarna biru juga ombak yang cocok sekali untuk surfing. Serta memiliki gugusan bukit karang yang berhadapan langsung dengan laut.  Jika air laut sedang surut dan ombak yang ada di pantai tidak terlalu tinggi kita bisa melihat karang yang berisi beragam biota laut seperti ikan hias, rumput rumput laut, bintang laut dan lainnya. Bagi yang memiliki hobby memancing pantai Wediombo ini adalah surganya tempat memancing atau bisa dibilang pantai ini sangat cocok sekali untuk kegiatan memancing. Biasanya para pemancing merasa tertantang untuk memancing ikan-ikan besar monster dari atas bukit karang. Banyak ikan yang bisa didapatkan dipantai ini seperti ikan Kembung, ikan Tenggiri, ikan Cucut , ikan Panjo, GT atau Bara-bara dan ikan besar lainnya. Di pantai ini kita bisa langsung menikmati hasil tangkapan kita, dengan bantuan rumah makan yang letaknya dipinggir pantai untuk mengolah hasil tangkapan kita. Tidak hanya itu, di pantai wedi ombo ini  ada view yang cocok dan indah buat berfoto ria, salah satunya di kubangan air laut seperti kolam renang yang dikelilingi dan tentunya bisa kita gunakan untuk berenang. Selain itu ada juga pohon-pohon yang sudah mati di pinggir pantai yang biasanya dijadikan tempat favorit untuk berfoto karena memberikan kesan seperti pantai yang tak berpenghuni.

Ada lagi yang membuat pantai wedi ombo ini terbilang istimewa yaitu adanya upacara adat budaya masyarakat setempat berupa kegiatan upacara prosesi menangkap ikan dengan cara menggunakan Gawar terbuat dari akar pohon Wawar yang menjalar sebagai jaring yang dipancangkan dari bukit Kedungwok dan dihalau bersama-sama ke laut yang kalau masyarakat setempat menyebutnya sebagai budaya “Ngalangi”. Budaya ngalangi ini dilakukan oleh masyarakat setempat setahun sekali untuk mendapatkan ikan panjo (ikan yang pada saat saat tertentu banyak ditemukan di pantai Wediombo ini).


Lokasi atau Jalan Menuju Pantai Wediombo

Alamat Pantai Wediombo ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Yaitu sekitar 40 km arah tenggara kota Wonosari. Koordinat lokasi – GPS: S8°11’4″ E110°42’28”. Rute dari kota Jogja menuju Pantai Wediombo  yaitu dari Jogja bisa melewati ringroad timur lalu dari perempatan ringroad jalan Wonosari berbelok ke arah timur – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI AU Gading – Wonosari – Semanu – Pertigaan setelah jembatan Jirak ke arah kanan – dari Lapangan Tri Wana Sakti Semanu lurus terus – Panggul Candirejo – Pertigaan timur lapangan Cuwelo ke kanan arah (selatan) – Pertigaan pasar Jepitu ke kanan (selatan) menuju Pantai Wediombo. Aksesnya pun tidak sulit untuk menuju ke pantai Wediombo ini, dapat ditempuh dengan kendaraan apapun karena jalannya sudah beraspal halus, hanya untuk menuju ke pantainya kita harus menuruni berpuluh puluh anak tangga karena letak pantai ini agak menjorok ke bawah.


Harga tiket Tiket Masuk Pantai Wediombo

Untuk masuk ke pantai wediombo ini kita cukup mengeluarkan biaya retribusi atau tiket masuk sebesar Rp. 4000,- per orangnya. Sedangkan ongkos parkir motor adalah sebesar Rp. 2000,- dan Rp. 4000,- untuk mobil.


Fasilitas Umum di Pantai Wediombo

Fasilitas yang ada di pantai Wediombo ini sudah cukup lengkap, mulai dari tempat parkir kendaraan, tempat ibadah/musolla, warung makan seafood maupun masakan khas jawa, toilet & wc umum dan di atas bukit terdapat tempat yang memang disediakan untuk mendirikan tenda atau sekadar berkemah. Tapi jika Anda mencari penginapan, sebaiknya mencari hotel di kota Wonosari (Ibu kota kab. Gunung Kidul) untuk mendapatkan hotel yang layak. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: wonosari.


Demikianlah informasi singkat tentang pantai Wediombo yang terletak di Gunungkidul Yogyakarta. Semoga dapat menjadi referensi Anda untuk menentukan tujuan berlibur berikutnya. Jika Anda menyukai informasi ini mohon berbagi dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Mungkin Anda juga menyukai

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari via email
avatar
wpDiscuz

 Dukung kami dengan Like atau Follow

  

Terima kasih