Alun-Alun Kidul Jogja – Tempat Nongkrong Asyik dan Seru

share yuk:
jalan menuju alun alun kidul dari malioboro

Source: Foursquare. Photo: Pebli H

Deskripsi Alun-alun Kidul Jogja.

Seperti pada umumnya tata letak kota di tanah Jawa, pada setiap pusat pemerintahan termasuk keraton Yogyakarta memiliki alun-alun, masjid, dan pasar yang terletak berdekatan. Alun-alun kidul Jogja atau yang biasa disingkat oleh warga sekitar dengan sebutan Alkid, merupakan salah satu dari dua alun-alun keraton Jogjakarta yang terletak di sebelah selatan Keraton. Dua alun-alun yang dimiliki oleh Kasultanan Yogyakarta ini memiliki fungsi masing-masing. Jika alun-alun utara lebih berfungsi untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat massal, maka menurut kepercayaan kejawen, alun-alun kidul dianggap berfungsi sebagai tempat peristirahatan para dewa sehingga dijadikan tempat untuk menenangkan hati.

Pada masa Kasultanan Yogyakarta dulu, alun-alun kidul Jogja ini dijadikan sebagai pusat latihan ketangkasan para prajurit keraton seperti berkuda, memanah dan latihan perang lainnya. Di tempat ini juga para prajurit dilatih menjaga konsentrasinya dengan cara berjalan melewati tengah-tengah dua pohon beringin kembar yang terletak di tengah-tengah lapangan dengan ditutup matanya. Menurut mitos, barang siapa yang mampu melewati tengah-tengah dua pohon beringin, maka semua hajat hidupnya akan terkabul. Saya sendiri pernah mencoba melakukannya, tapi dari 3 kali percobaan, saya hanya sekali lolos itupun harus menabrak pagar pohon beringin terlebih dahulu. Penasaran ingin mencobanya? datanglah berkunjung ke Alkid.


Rute atau Jalan Menuju Alun-Alun Kidul Jogja

Akses jalan ke Alun-alun Kidul Jogja tidak terlalu sulit. Jika Anda berangkat dari jalan Malioboro, Alun-alun kidul Jogja bisa ditempuh dengan berbagai moda transportasi umum maupun pribadi. Namun kebanyakan para wisatawan yang datang dengan menggunakan bis lebih memilih menggunakan jasa becak yang mangkal di ujung jalan Malioboro depan kantor Pos Indonesia. Jalan menuju alun-alun kidul Jogja dari Malioboro bisa ditempuh dalam waktu 15 menit dengan menggunakan becak dengan tarif kurang lebih Rp.15.000,-. Rutenya dari jalan Maliobro lurus ke arah selatan menuju alun-alun utara yang terletak di depan Keraton Jogja. Lalu berbeloklah ke kiri (ke arah timur). Setelah dengan pertigaan pertama, berbeloklah ke kanan melewati lorong benteng keraton yang melintang di atas jalan. Setelah itu berbeloklah ke kanan sekali lagi pada perempatan gang kecil yang ke empat.


Aktivitas yang Bisa Dilakukan
  1. Masangin.
    Masangin adalah tantangan berjalan melewati tengah-tengah pohon beringin di tengah dengan mata tertutup. Jika berhasil mitosnya semua permohonan akan dikabulkan. Di Alkid ini banyak para penjual yang menyewakan tutup mata berwarna hitam dengan harga sekitar Rp.3000,-.
  2. Naik Kendaraan Lampu Hias.
    Di sekeliling alun-alun kidul banyak sekali sepeda tandem atau becak kayuh yang dihiasi lampu berwarna-warni dari yang polos hingga berbentuk menyerupai binatang atau toko-tokoh di dunia kartun. Anda bisa menyewanya dengan tarif sekitar Rp.15.000,- hingga Rp.30.000,- untuk 3 sampai 4 putaran mengelilingi alun-alun tergantung dari daya tampung dan keindahan bentuk lampu hiasnya.
  3. Menyaksikan Live Concert atau Pertunjukan Wayang.
    Alkid juga sering dijadikan sebagai tempat untuk menggelar konser live artis ibu kota atau band papan maupun pertunjukan pagelaran seni lainnya seperti wayang. Jika sudah acara live concert ibu kota, maka bisa dipastikan kita justru tidak bisa duduk tenang dan menikmati sejuknya malam di alun-alun kidul karena suasana akan menjadi ramai dan penuh sesak.
  4. Gathering Komunitas.
    Tempat ini juga sering dijadikan tempat berkumpulnya komunitas pecinta hobi tertentu seperti sepeda tua, motor tua, latihan silat dan tenaga dalam serta berbagai perkumpulan lainnnya. Jika kamu juga punya komunitas pecinta hobi tertentu, maka Alkid bisa menjadi salah satu alternative tempat untuk berkumpul.

Fasilitas Umum di Alun-alun Kidul Jogja
  1. Warung Makan.
    Di alun-alun kidul kita tidak bisa menemukan restoran atau warung makan yang mewah karena di sana memang masih termasuk komplek keraton Jogja. Jadi untuk urusan makan, Anda paling hanya bisa menikmati jajanan ringan seperti jagung bakar, roti bakar, tempura, otak-otak, cilok Bandung yang super pedas dan minuman hangat seperti Ronde, Bajigur atau wedang jahe.
  2. Tempat Parkir.
    Di area Alkid kita hanya bisa memarkir kendaraan kita di pinggir jalan di sekeliling alun-alun kidul. Tarif parkir untuk kendaraan sepeda motor Rp.2000,- dan mobil Rp.5000,-. Jadi pastikan Anda memarkir kendaraan seaman mungkin untuk meminimalisir resiko tersenggol sepeda atau becak hias yang melintas mengelilingi alun-alun.
  3. Penginapan atau Hotel.
    Tidak jauh dari penginapan ke arah utara atau menuju jalan Malioboro atau tepatnya di seputaran sebelah barat keraton Jogja, terdapat beberapa hotel dengan tarif yang terjangkau jika Anda ingin menginap. Tapi jika ingin mencari hotel mewah dan fasilitas lengkap, Anda bisa mencarinya di sepanjang jalan Malioboro.
    Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “malioboro“.
  4. Toilet Umum.
    Kita tidak bisa menemukan toilet umum permanen di area Alun-alun kidul karena memang tempatnya memang lebih kecil dan lebih sempit jika dibandingkan dengan alun-alun utara. Namun tidak perlu khawatir karena pemerintah DIY telah menyediakan toilet umum berjalan berbentuk trailer yang biasa diparkir di salah satu titik di alun-alun kidu.

Demikianlah gambaran singkat tentang tempat nongkrong yang asyik di Alun-alun Kidul Jogja. Semoga kunjungan Anda ke sana menyenangkan dan mengesankan. Jika Anda menyukai informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi tempat nongkrong bagi teman-teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Mungkin Anda juga menyukai

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari via email
avatar
wpDiscuz

 Dukung kami dengan Like atau Follow

  

Terima kasih