Kebun Buah Mangunan Bantul – Bukit di Atas Awan

share yuk:
kebun buah mangunan imogiri bantul jogja

.

Deskripsi Kebun Buah Mangunan Bantul

Jogja memang indah, punya daftar lengkap berbagai jenis objek wisata yang menarik untuk dikunjungi dan salah satunya adalah Wisata Kebun Buah Mangunan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Kebun Buah Mangunan ini memang belum banyak dikenal oleh masyarakat luas jika dibanding dengan objek wisata lainnya seperti Prambanan, Malioboro dan objek wisata Jogja yang terkenal lainnya. Padahal jika dilihat dari pesona keindahan alamnya, kebun buah Mangunan ini memiliki potensi wisata yang sangat besar. Mungkin hanya foto di atas saja yang bisa menggambarkan secara lebih nyata bagaimana keindahan yang dimiliki oleh Kebun Buah Mangunan Dlingo ini. Luar biasa!! Kebanyakan yang sering berkunjung di kebun buah ini adalah kalangan mahasiswa yang berkuliah di Jogja.

Tetapi meskipun begitu, ada juga wisatawan yang datang dari luar kota Jogja, seperti Semarang, Bandung, Malang, Surabaya dan kota lainnya. Kebun buah Mangunan Bantul ini mulai popular awalnya dari para pengguna jejaring sosial Instagram yang berfoto ria dikawasan kebun buah mangunan. Sehingga menjadi trending picture dikalangan para instagramers. Dari kebun buah Mangunan ini kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah karena letaknya di atas perbukitan, menjadikan kita merasa sedang ada di suatu puncak gunung. Bahkan jika kita sedang beruntung kita bisa menikmati kumpulan awan yang menggumpal di kaki bukit tepat berada di bawah kita.

Di kebun buah Mangunan ini, kita juga bisa menikmati bermacam-macam buah-buahan seperti, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, duku, manggis, matoa, kelengkeng, jambu biji, cempedak, belimbing bahkan durian juga ada tapi – tentunya menyesuaikan dengan musimnya. Harganya pun cukup terjangkau, misal, untuk buah mangga perkilonya dibanderol Rp. 5.000, rambutan Rp. 4.000,-/kg, jeruk Rp. 5.000,-/kg, jambu air Rp. 2.000,-/kg durian dengan ukuran kecil Rp, 15.000,-/buah, durian sedang Rp. 25.000 dan durian besar Rp. 50.000,-.


Lokasi atau Jalan Menuju Kebun Buah Mangunan

Alamat Kebuh Buah Mangunan adalah terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta atau sekitar 35 km dari pusat kota Yogyakarta. Agrowisata ini dibangun di atas area seluas 23,34 hektar pada tahun 2003 oleh Permerintah Kabupaten Bantul. Lokasi ini berada di kawasan perbukitan kaki Pegunungan Seribu dengan ketinggian 150-200m di atas permukaan laut.

Untuk menuju ke lokasi Kebun Buah Mangunan, kita bisa langsung mengambil jalan lingkar (ring road) selatan kemudian berbelok ke arah selatan ke jalan Imogiri Timur di perempatan terminal Giwangan Jogja. Jadi jika kamu menggunakan bis, bisa langsung menggunakan bis jurusan Terminal – Dlingo. Berjalanlah terus mengikuti jalan Imogiri Timur sampai di perempatan jalan Bakulan (terdapat papan petunjuk Kebun Buah Mangunan). Berbeloklah ke arah kiri dan ikuti terus jalan tersebut hingga bertemu dengan tugu bertuliskan Kebun Buah Mangunan. Karena belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke area kebun buah Mangunan, jadi sebaiknya gunakan kendaraan pribadi.


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Loket masuk ke kebun buah Mangunan dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 wib. Adapun harga tiket masuk ke kebun buah Mangunan adalah sebesar Rp.5000,- per orangnya.


Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Selain dapat puas menikmati buah-buahan yang tersedia, di kebun buah Mangunan ini kita juga dapat menikmati aktivitas wisata lain seperti:

  1. Outbond.
    Anda bisa menikmati kegiatan Outbond yang meliputi flying fox, reflying, dan jembatan goyang dengan harga per paket untuk 10 orang adalah Rp.200.000,-. Jika Anda membutuhkan tambahan tempat untuk kegiatan indoor, Anda bisa menyewa gedung yang tersedia dengan tarif Rp. 100.000,- untuk 1 – 50 orang dengan durasi sewa 6 jam.
  2. Memancing.
    Di tempat ini juga terdapat kolam pemancingan dengan tarif Rp. 2.000,- per orang untuk durasi sehari.
  3. Berkemah.
    Bagi para guru pramuka atau pecinta alam, area kebun buah Mangunan dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengadakan kegiatan camping. Untuk berkemah di area ini, kita dikenakan biaya Rp.5000,- untuk setiap orang setiap harinya.
  4. Berenang.
    Di kebun buah Mangunan juga terdapat 2 pool kolam renang anak. Jadi jika Anda ingin bermain air dengan buah hati, bisa berenang di sana dengan tarif Rp.2.000/per orang untuk durasi satu jam.
  5. Bebek Kayuh.
    Terdapat kolam dengan perahu bebek yang dapat ditumpangi 2 oleh orang.
  6. Sepeda Gunung
    Bagi pecinta sepeda gunung, di kebun buah Mangunan terdapat lintasan sepanjang 2.300 meter yang disediakan khusus untuk downhill. Dan lintasan sepanjang 3.800 meter untuk kelas Cross Country. Sewa lintasan downhill atau cross country untuk 5 orang Rp. 50.000,-.
  7. Jembatan Gantung.
    Jembatan gantung dengan panjang kurang lebih 100 meter ini melintang di atas sungai Opak. Namun Anda harus berhati-hati dan siap-siap dag dig dug karena jembatan ini akan mudah bergoyang ketika ada goncangan.

Fasilitas di Kebun Buah Mangunan
  1. Penginapan.
    Hotel atau penginapan di kebun buah mangunan tidak banyak. Setahu saya hanya ada 1 dengan tarif Rp. 300.000,- per malam. Jadi jika Anda ingin berhemat dan bisa leluasa memilih, sebaiknya mencari penginapan yang berada di Bantul kota. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “bantul“.
  2. Warung Makan.
    Terakhir saya ke sana pada tahun awal tahun 2014, belum ada warung makan yang berjualan di area kebun buah Mangunan. Jadi sebaiknya Anda membawa bekal sendiri dari rumah, lebih hemat dan higienis. Namun, di sana ada satu warung yang menjajakan makanan khas Gunungkidul yaitu Tiwul, itupun biasanya pada jam-jam 11 sudah habis.
  3. Mushola
    Anda tidak perlu khawatir untuk menjalankan shalat dzuhur atau ashar karena di sana terdapat mushola kecil yang bisa gunakan untuk beribadah.

Demikianlah gambaran tentang agrowisata kebun buah Mangunan yang terletak di Dlingo Bantul Yogyakarta. Semoga kunjungan Anda ke sana dengan orang terdekat berkesan dan menyenangkan. Jika Anda menyukai informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau bekomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Mungkin Anda juga menyukai

5 Komentar di "Kebun Buah Mangunan Bantul – Bukit di Atas Awan"

Kabari via email
avatar
Tampilkan komentar:   Terbaru | Terlama | Paling disukai
reza

untuk booking tempat camping di mangunan bagaimana? apakah ada kontak personnya?

Widodo

Paling bagus berangkat pagi jam 4.30 bisa terlihat sunrise bersamaan kabut jadi seperti kita diatas awan gitu…sewa mobil jogja wisata termurah hub http://www.jogjarentalmobil.net

dee

http://sewamobil-rentaljogja.com/ menyediakan mobil-mobil dengan berbagai tipe, mulai dari SUV keluarga, mobil kelas Travel, dan mobil mewah. Sebagai maestro rental mobil jogja, kami menyediakan mobil-mobil berkualitas dan terawat, harga yang kami tawarkan sudah termasuk bahan bakar dan supir/driver yang. Kami juga melayani berbagai paket wisata yang akan dipandu oleh driver/sopir kami yang ramah dan sangat berpengalaman di Jogja dan sekitarnya.

Sepatu Rajut Ind

HAYO SIAPA YANG SUDAH PERNAH KE SINI!
APA PENDAPAT ANDA TENTANG INI
YUK COMMENT!!!!!!

Dody Pramono

Wisata ke Kebun Buah Mangunan Yogyakarta boleh dicoba…..

wpDiscuz

 Dukung kami dengan Like atau Follow

  

Terima kasih