Pantai Sundak – Sejarah Pertarungan Asu dan Landak

share yuk:
harga tiket masuk pantai sundak

Source: Foursquare. Photo: Febryda K.

Deskripsi Pantai Sundak.

Pantai Sundak Wonosari Gunungkidul Yogyakarta merupakan objek wisata pantai di daerah selatan Gunung Kidul yang memiliki pemandangan yang indah serta menyimpan cerita dibalik nama “Sundak” itu sendiri. Sundak konon diambil dari perkelahian antara Asu (anjing) dan Landak. Di pantai sundak terdapat masjid dan ruang kosong yang sekarang dimanfaatkan sebagai tempat parkir. Sementara di sebelah timur terdapat gua yang terbentuk dari batu karang berketinggian kurang lebih 12 meter. Jika Memasuki gua, akan dijumpai sumur alami tempat penduduk mendapatkan air tawar. Pantai sundak ini adalah pantai yang ber evolusi dan dapat dibuktikan secara geologis. Dahulu pantai sundak ini dikenal dengan nama Wedimbledah sekitar tahun 1930 an. Konon, air lautnya sampai ke wilayah yang kini dibangun masjid, dan batu karang yang membentuk gua pun masih terendam air. Tetapi Seiring proses geologi di pantai selatan, permukaan laut menyusut dan air lebih menjorok ke laut. Batu karang dan wilayah di dekat masjid akhirnya menjadi daratan baru. Dan daratan inilah yang dijadikan warga setempat untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Pantai sundak terkenal dengan hawa malamnya yang indah dan penuh romansa. Cocok untuk berkemah bersama keluarga teman maupun pasangan. kita juga bisa bersenang senang penuh canda tawa sembari membakar ikan atau bermain gitar yang pastinya ditemani dengan Angin malam yang sejuk, deburan ombak, dan hiasan bintang cocok sebagai pelengkap perkemahan.


Sejarah Penamaan Pantai Sundak

Di pantai sundak ini Jika musim hujan tiba, banyak air dari daratan yang mengalir menuju lautan. Akibatnya, dataran di sebelah timur pantai membelah sehingga membentuk bentukan seperti sungai. Air yang mengalir seperti mbedah (membelah) pasir. Bila kemarau datang, belahan itu menghilang dan seiring dengannya air laut datang membawa pasir. Fenomena alam inilah yang menyebabkan nama pantai dahulu menjadi Wedimbedah (pasir yang terbelah). Tetapi perubahan nama berlangsung karena ada sebuah kejadian menarik. Yaitu pada jaman dahulu di Suatu siang, ada seekor anjing (bahasa Jawa: Asu) memasuki gua karang dan menemukan seekor landak laut. Dan akhinya landak laut itupun berhasil dimakan separuhnya. Arjasangku, pemilik anjing terheran-heran melihat ada setengah tubuh landak laut di mulut anjingnya serta keadaan anjingnya yang basah kuyub. Lalu ia Mengecek ke dalam gua,dan ternyata pemilik menemukan setengah tubuh landak laut yang tersisa. Dan tidak disangka terdapat mata air didalam gua tersebut, karena sudah lama penduduk didaerah pantai ini kekurangan air akhirnya penduduk sekitar memanfaatkan mata air ini untuk keperluan sehari harinya mereka sampai sekarang ini. Nah, sejak itu, nama Wedibedah berubah menjadi Sundak, yaitu singkatan dari asu (anjing dalam bahasa Indonesia) dan landak.


Rute atau Jalan Menuju Pantai Sundak

Pantai Sundak merupakan sebuah pantai yang terletak sekitar 3 Km dari Pantai Kukup, dan berada di area kawasan pantai lain seperti Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Drini, dan Pantai Sepanjang. Tepatnya Pantai Sundak berada di wilayah Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini dapat dijangkau dengan kendaraan darat dari Yogyakarta Gunungkidul, Wonosari selama kurang lebih satu sampai satu setengah jam perjalanan.


Harga Tiket Masuk Pantai Sundak

Tidak ada loket khusus untuk masuk ke pantai Sundak, hanya saja kita tetap harus membayar retribusi untuk memasuki kawasan objek wisata pantai di Gunungkidul yang salah satunya adalah pantai Sundak. Harga tiket masuk ke kawasan obyek wisata Pantai Sundak cukup murah, yaitu hanya Rp.5000,-. Tiket ini sekaligus dapat digunakan sebagai tiket masuk untuk tiga pantai berbeda di deretan Pantai Sundak, yaitu Pantai Baron, Pantai Krakal, dan Pantai Kukup. Sedangkan biaya parkir di kawasan Pantai Sundak yaitu Rp.1.000,- untuk sepeda motor dan Rp.2.500,- untuk mobil.


Fasilitas di Pantai Sundak

Mengenai fasilitas yang ada di pantai sundak ini cukup lengkap, walaupun belum terdapat fasilitas penginapan di pantai sundak ini terdapat pondokan pondokan, hanya terdapat penginapan maupun homestay didaerah dekat dengan pantai sundak seperti di area pantai kukup atau baron dengan harga yang cukup terjangkau yaitu berkisar antara Rp.50.000,- hingga Rp.150.000,- permalam. Namun jika Anda ingin bermalam di kota Wonosari karena pertimbangan sudah terlalu larut malam untuk melewati jalan yang menuju pantai Sundak atau karena agar bisa lebih leluasa mencari santap malam yang lebih murah, silahkan cari penginapan di pusat kota Wonosari. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “wonosari“.

Selain itu terdapat juga fasilitas seperti kamar mandi, wc, tempat parkir, dan rumah makan yang menyediakan makanan makanan laut/seafood hasil tangkapan nelayan setempat.


Demikianlah gambaran singkat tentang Pantai Sundak Yogyakarta tepatnya di kabupaten Gunungkidul. Semoga bermanfaat. Jika Anda suka informasi ini mohon berikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

You may also like...

1 Komentar di "Pantai Sundak – Sejarah Pertarungan Asu dan Landak"

Kabari via email
avatar
Tampilkan komentar:   Terbaru | Terlama | Paling disukai
Ki Agung Prestise Hotel
Ki Agung Prestise Hotel

#KiAgungPrestiseHotel dengan harga yang relatif terjangkau Cuma dengan Rp. 97.500 ,- s/d Rp. 182.000,- anda bisa menginap di #KiAgungPrestiseHotel dan menikmati fasilitasnya dan menyediaan paket wisata Yogyakarta. jadi tunggu apalagiiii … ,,mari berkunjung ke Yogyakarta bersama #KiAgungPrestiseHotel. _(Jadikan Moment liburan anda jauh lebih berkesan dari yang sebelumnya)_
Untuk reservasi silahkan hubungi kami:
Hotel Line :
0822-2550-1169
0857-4356-8830
0274-374412
BB : 5E901169 dan Dob6A21F
Alamat : Jl.Prawirotaman II,MG 3 No.596A,Mergangsan ,Yogyakarta
#stayinyogyakarta
#accomodation
#budgetbackpacker
#havingholiday
#cheaphotelsyogyakarta
#guesthousejogja
#penginapanmurah

wpDiscuz

 Dukung kami dengan Like atau Follow

  

Terima kasih