Lava Tour – Wisata Merapi Kaliurang Jogja Pasca Erupsi

share yuk:
wisata pasca erupsi merapi kinahrejo (2)

Source: Foursquare. Photo: Shakira

Deskripsi Objek Wisata Merapi Jogja

Pasca erupsi yang terjadi pada tahun 2006 silam, gunung Merapi khususnya kawasan Cangkringan Sleman Yogyakarta dimana mbah Maridjan pernah tinggal, kini menjadi salah satu titik tempat wisata yang paling diminati oleh para wisatawan yang ingin menapak tilas sisa-sisa dahsyatnya letusan gunung Merapi.

Bukti keganasan gunung Merapi pun mampu menewaskan 2 relawan yang bersembunyi di dalam bungker yang dibangun dengan beton setebal 25 cm dan pintu besi yang memang diperuntukkan bagi para relawan jika sewaktu-waktu terjadi erupsi susulan. Dua relawan tersebut tewas setelah bungker yang mereka gunakan untuk berlindung tersebut tertimbun material setebal 3 meter dengan suhu mencapai 1.000 derajat celcius.

Setidaknya ada empat titik yang wajib Anda kunjungi jika Anda ingin menapak tilas keganasan gunung api Merapi. Pertama adalah museum gunung merapi. Di tempat tersebut Anda bisa menyaksikan sebuah rumah yang hancur dan hanya tinggal puing-puing akibat terkena erupsi Merapi pada tahun 2010. Selain itu, terdapat beberapa properti seperti foto sebelum dan sesudah erupsi, sepeda motor, furnitur dan peralatan rumah tangga lain yang sudah meleleh.

Kedua, Kali Adem atau sekarang sudah berubah nama menjadi Kali Gendol. Hal unik dan menarik yang bisa Anda dapati di sana adalah adanya sebuah batu yang berbentuk wajah manusia yang oleh warga sekitar dinamakan batu alien. Konon di bawah lokasi tersebut terdapat beberapa rumah yang tertimbun material gunung Merapi dan para korbannya tidak bisa dievakuasi karena setiap kali ingin memindahkan batu tersebut, alat berat seperti Bego selalu mengalami kerusakan.

Ketiga, Bunker yang dijadikan sebagai tempat untuk berlindung jika terjadi erupsi. Di tempat ini Anda bisa langsung masuk ke dalam bunker dan menyaksikannya secara langsung bagaimana kondisi bunker yang dahulu pernah dijadikan tempat untuk berlindung dari erupsi pada tahun 2010 dan menewaskan dua orang di dalamnya.

Keempat, Rumah kediaman Mbah Maridjan. Untuk sampai ke rumah bekas tempat tinggal mbah Maridjan, Anda harus menyewa trail atau menyewa jasa ojek karena lokasinya yang tidak mungkin dijangkau dengan kendaraan beroda empat.


 Jalan Menuju Kawasan Wisata Kaliadem

Kawasan wisata Kaliadem terletak di Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman Yogyakarta atau berjarak kurang lebih 30 km arah utara kota Yogyakarta. Satu-satunya akses umum yang paling sering digunakan oleh para wisatawan dari arah manapun adalah dengan melalui jalan lingkar Jogja (ring road) utara kemudian berbelok ke utara di perempatan Kaliurang atau sejalur lurus dengan Tugu Jogja dan jalan Malioboro serta Keraton Yogyakarta. Sesampainya di pertigaan Pakem sebelum Pasar Pakem beloklah ke kanan atau arah timur lalu ke utara selanjutnya ikuti petunjuk yang terpasang disisi jalan.


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Sebelum memasuki kawasan wisata lava tour, Anda akan melewati portal loket masuk. Harga tiket masuk ke kawasan wisata Merapi Kaliurang Rp.5000,- /orang, dan tiket tambahan yaitu Rp. 3000,- / sepeda motor dan Rp.5000,- / mobil. Selain itu, setiap kali masuk ke sebuah lokasi tertentu, Anda akan diminta sumbangan dengan memasukkan uang yang sudah ditentukan ke dalam kotak yang sudah disediakan oleh warga. Namun jika Anda menggunakan jasa tour dengan menggunakan jeep, maka Anda tidak perlu membayarnya karena sudah include di dalamnya.


Aktivitas yang Dapat Dilakukan
  • Menikmati indahnya puncak Merapi dari dekat
  • Melihat beberapa benda dan tulang binatang penduduk yang terkena erupsi Merapi
  • Naik jeep menyusuri trekking yang telah disediakan
  • Melihat bunker tempat tewasnya dua orang relawan
  • Trekking dengan menggunakan jasa sepeda motor trail
  • Mendaki puncak gunung Merapi
  • Menikmati jembatan gantung yang melintas di atas Kaliadem.

 Fasilitas Kawasan Wisata Kaliadem.
  1. Warung Makan.
    Di kawasan wisata Merapi Kaliadem kini telah pedagang kaki lima yang menjajakan makanan atau jajanan bahkan juga CD yang merekam kedahsyatan erupsi merapi pada tahun 2006.
  2. Toilet
    Toilet umum dapat ditemui di sejumlah titik khususnya di sekitar area parkir dan warung-warung warga. Oleh karena luasnya kawasan wisata, maka sebaiknya ke toilet dulu untuk mengantisipasi jika ingin buang hajat pada saat trekking karena tentu di sana tidak akan ada toilet umum.
  3. Tempat Parkir.
    Anda tidak perlu khawatir untuk masalah parkir kendaraan karena memang di atas tersedia lahan parkir yang sangat luas yang dikelola oleh penduduk lokal. Hanya saja memang lahan parkir tersebut berada di atas gurun pasir sisa material letusan gunung Merapi.
  4. Penginapan.
    Jika Anda berencana untuk melewatkan waktu beberapa hari di kawasan Merapi dan ingin menginap, maka alternativenya adalah di kawasan Wisata Kaliurang yang berada di sebelah barat Kaliadem tepatnya di sekitar tugu Udang. Di sana Anda bisa mendapati ratusan atau bahkan mungkin ribuan penginapan seperti hotel, villa, guest house dan lain sebagainya dengan harga bervariasi dari harga Rp.40.000,- hingga jutaan rupiah permalamnya, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi kantong Anda. Anda bisa mencari booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “kaliurang

 Tips berwisata Lava Tour Merapi
  1. Jika berencana hingga sore atau malam hari, usahakan membawa jaket karena suhu udara di atas bisa menjadi sangat dingin.
  2. Bawalah kacamata dan masker untuk menghindari masuknya pasir atau debu sisa-sisa erupsi merapi yang berterbangan tertiup angin ke mata dan hidung.
  3. Jalur yang dilalui untuk mencapai semua titik kawasan wisata lava tour gunung Merapi sangat tidak bersahabat karena aspal sudah banyak yang berlubang dan beberapa di antaranya mengalami kerusakan yang sangat parah. Jadi sebaiknya Anda menyewa jasa tour wisata Merapi yang akan mengantarkan Anda ke beberapa tempat wisata dengan menggunakan jeep. Harga sewa tour Merapi menggunakan jeep ini berkisar antara Rp.400.000,- hingga Rp.700.000,- tergantung paket wisatanya. Dan Anda tidak perlu khawatir kehabisan karena sekarang sudah ada sekitar 500 jeep yang siap mengantarkan Anda ke beberapa tempat wisata Merapi.

Demikianlah ulasan tentang objek wisata Merapi Jogja yang berada di Cangkringan Sleman Yogyakarta. Semoga bermanfaat. Jika kamu suka informasi ini mohon berikan like, twit atau share pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Komentar di "Lava Tour – Wisata Merapi Kaliurang Jogja Pasca Erupsi"

Kabari via email
avatar
Tampilkan komentar:   Terbaru | Terlama | Paling disukai
Ajeng Tamara

thanks infonya bagus dan sangat bermafaat

wpDiscuz

 Dukung kami dengan Like atau Follow

  

Terima kasih