Objek Wisata Candi Prambanan – Sejarah dan Info Lengkap

share yuk:
Objek wisata candi prambanan jogja

Source: Foursquare. Photo: Emanuel Heru N

Deskripsi Objek Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak kurang lebih 17 km di sisi timur kota Yogyakarta dan berada di pinggir jalan utama Jogja-Solo. Sehingga jika Anda berkendara dari Jogja ke arah Solo atau sebaliknya, Anda pasti akan dapat melihat langung bangungan candi Prambanan.

Bangunan candi Prambanan terdiri dari 3 candi Utama yaitu Wisnu, Brahma dan Shiwa melambangkan ajaran Trimurti dalam kepercayaan agama Hindu. Candi Siwa yang berada paling tengah adalah yang paling tinggi. Ada 4 buah ruangan di dalamnya, satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Agastya (guru Siwa), Durga (istri Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebagai arca Roro Jonggrang dalam legenda yang diceritakan di atas.


Legenda Candi Prambanan

Objek wisata Candi Prambanan yang merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia dan terkenal dengan kisah legenda Roro Jonggrang ini dibangun pada abad ke 9 Masehi. Konon di Jawa Tengah terdapat dua kerajaan yaitu, Pengging dan Baka. Pengging dipimpin oleh Prabu Damar Maya yang memiliki putra bernama Raden Bandung Bondowoso yang gagah perkasa dan sakti. Sedangkan kerajaan Baka dipimpin oleh raksasa bernama Prabu Baka dan memiliki putri cantik bernama Roro Jonggrang.

Untuk memperluas kekuasaannya, prabu Baka berusaha menaklukan kerjaan Pegging. Tapi dalam penyerangan tersebut prabu Baka terbunuh oleh Bandung Bondowoso dan bahkan akhirnya kerajaan Baka justru diserang balik dan dapat dikuasai oleh pasukan yang dipimpin oleh Bandung Bondowoso tersebut. Pada saat pendudukan kerajaan Baka, Bandung Bondowoso terpikat oleh kecantikan Roro  Jonggrang dan ingin mempersuntingnya. Namun, Roro Jonggrang menolak karena ia tidak mau menikah dengan orang yang telah membunuh ayah kandungnya sendiri. Setelah dibujuk rayu olah Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang pun menyetujui lamarannya dengan syarat ia minta dibangunkan seribu candi dalam waktu satu malam.

Dengan kesaktiannya, Bandung Bondowoso pun membangun candi dengan bantuan para mahluk halus. Ketika Rara Jonggrang mendengar kabar bahwa seribu candi sudah hampir selesai, sang putri berusaha menggagalkannya. Ia membangunkan para dayang istana untuk mulai menumbuk padi. Ia juga memerintahkan agar gundukan jerami dibakar di sisi timur. Mengira bahwa pagi telah tiba, para makhluk halus lari ketakutan. Akibatnya, hanya 999 candi yang berhasil dibangun. Setelah tahu bahwa semua itu adalah muslihat Rara Jonggrang, Bandung Bondowoso pun mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu. Sang putri berubah menjadi arca terindah untuk menggenapi candi terakhir.


 Jalan Menuju Candi Prambanan

Alamat candi Prambanan: Jalan Raya Jogja – Solo Km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta 55571

Jalan menuju candi Prambanan tidaklah sulit. Jika Anda menggunakan pesawat dan turun di Adi Sucipto Air port, maka Anda bisa langsung naik taksi ke arah timur atau menjauh dari pusat kota Jogja. Jarak dari bandara hanya sekitar 15 menit jika menggunakan kendaraan bermotor.

Jika menggunakan bis, naiklah jurusan bis Jogja-Solo atau rute yang lebih jauh tapi melewati Jogja dan Solo. Lalu langsung turun di depan loket masuk candi Prambanan.

Jika membawa kendaraan pribadi dari arah barat, selatan maupun utara Jogja (Semarang misalnya), ambillah jalan ringroad dan berkendaralah ke arah timur Jogja. Setelah ketemu jalan Solo, maka luruslah berjalan ke arah timur hingga Anda mendapati bangunan candi besar di sebelah kiri Anda.


Jam dan Harga Tiket masuk Candi Prambanan
  1. Jam Buka
    Candi Prambanan dibuka setiap hari dari mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB.
  2. Harga Tiket Masuk

    • Wisatawan lokal adalah Rp. 30.000,- (dewasa), Rp. 12.500 (anak 3-6 tahun)
    • Wisatawan asing adalah USD $ 18.
    • Paket Prambanan dan Candi Ratu Boko Rp.45.000,-
    • Karcis izin membawa kamera Rp.1000,-/kamera.

 Fasilitas Candi Prambanan
  1. Tempat Parkir.
    Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, Anda tidak perlu khawatir untuk memarkir kendaraan karena di sekitar taman, pengelola candi Prambanan telah menyediakan tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan roda dua, empat bahkan bis sekalipun.
  2. Tempat Ibadah.
    Jika Anda ingin shalat, Anda bisa menunaikannya di masjid yang terletak di seberang jalan candi Prambanan. Tidak sulit untuk menuju masjid karena selain letaknya yang juga berada persis di pinggir jalan, bangunannya yang besar dan megah membuat masjid ini dapat dilihat dengan mudah.
  3. Penginapan.
    Jika Anda datang pada malam hari dan ingin menginap sambil menunggu esok pagi, Anda bisa menemukan beberapa alternative penginapan dan hotel di sekitar candi Prambanan. Tapi sejauh ini saya baru menemukan tiga hotel yang berada tidak jauh dari Candi Prambanan, yaitu Candi View Hotel, Puri Devata Resort dan Hotel Edotel Kalasan (berada di seberang jalan candi Prambanan). Anda bisa mencari booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “candi prambanan“.

Demikianlah informasi tentang sejarah, legenda, alamat dan harga tiket objek wisata Candi Prambanan Yogyakarta. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai info ini, mohon berikan like, twit atau share pengalaman Anda di candi Prambanan berikut share foto terbaik Anda di sana. Terima kasih.

You may also like...

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari via email
avatar
wpDiscuz

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih