Kebun Teh Kemuning Karanganyar – Jam Buka, Harga Tiket, Hotel

share yuk:
penginapan kebun teh kemuning karanganyar

@wisatapedi.com [klik foto untuk memperbesar]

Deskripsi

Kebun teh Kemuning merupakan salah satu destinasi wisata favorit di kabupaten Karanganyar. Seperti pada umumnya agro wisata kebun teh, objek wisata yang satu ini juga terletak di lereng gunung yaitu gunung Lawu. Suhu rata-rata di area ini berkisar pada 21,5 derajat celcius sehingga cukup dingin. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati liburan bersama keluarga dengan suasana alam yang sejuk dan asri. Titik lokasi wisata di kebun teh Kemuning sangat banyak, tapi waktu itu saya memilih singgah di area Kali Pucung yang menurut info yang saya dapat memang memiliki fasilitas dan wahana yang lebih banyak dan menarik di banding tempat lainnya. Jadi kalau Anda ingin berwisata ke kebun teh Kemuning, tanya dimana area wisata Kali Pucung agar lebih jelas tujuannya.

Rute dan Alamat

Alamat kebun teh Kemuning terletak di Ngargoyoso, Kemuning, Kabupaten Karanganyar atau terletak kurang lebih 25 KM dari pusat kota Solo. Jalan menuju ke tempat wisata inipun terbilang cukup mudah untuk dilalui baik dengan menggunakan sepeda motor, mobil bahkan kendaraan besar seperti bis. Hanya memang untuk sampai di lokasi ini, kita harus melewati jalanan khas pegunungan, berkelok dan naik turun.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Objek wisata Kebun Teh Kemuning dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 18.00 wib. Sedangkan untuk harga tiket masuk kawasan wisata kebun teh Kemuning, pengunjung tidak pungut biaya alias gratis.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Ada beberapa aktivitas yang bisa pengunjung nikmati di area lokasi kebun teh Kemuning. Selain bisa merasakan sejuknya udara segar khas pegunungan, kita juga bisa menikmati beberapa wahana di objek wisata Kali Pucung yang kebetulan berada di dalam area kebun teh Kemuning. Beberapa wahana yang bisa dinikmati di antaranya adalah:

  1. Flying Fox.
  2. Menyusuri sungai dengan Ban.
  3. Naik kuda.
  4. Paint Ball
  5. Berenang.
Fasilitas Lain di Sekitar Objek Wisata
  1. Hotel dan Penginapan
    Kita dapat menjumpai beberapa hotel atau jenis penginapan lainnya yang terletak berjarak sekitar 5 km dari Kali Pucung. Salah satu hotel yang rekomended untuk dikunjungi adalah Hotel Jawa Dipa yang bernuansa kerajaan Mataram. Namun saat itu saya kurang beruntung, karena sudah tidak tersedia kamar lagi alias sudah sold out. Akhirnya saya lebih memilih mencari hotel di pusat kota Solo karena selain banyak pilihan, harganya juga bersaing. Harga atau tarif penginapan di sekitar kebun teh kemuning berkisar antara Rp.100.000,- hingga Rp.600.000,-.
  2. Tempat Parkir
    Pengunjung bisa memakir kendaraan baik roda dua, roda empat maupun kendaraan besar seperti bis di area parkir resto Kemuning ataupun di sepanjang jalan di lokasi wisata Kali Pucung. Biaya parkirnya pun terbilang standar, untuk sepeda motor dikenai biaya parkir sebesar Rp.2.000,- dan mobil Rp.5.000,-.
  3. Toilet
    Ada beberapa toilet umum yang bisa digunakan di beberapa titik di area kebun teh. Beberapa di antaranya adalah di resto Kemuning dan di tengah-tengah kebun teh di area Kali Pucung dengan tarif Rp.2.000,-
  4. Rumah Makan
    Di kebun teh ini, terdapat resto Kemuning yang menawarkan jenis makanan yang bervariatif dari mulai ayam, hingga ikan. Bahkan kita bisa langsung memancing sendiri ikan yang akan kita pesan. Hanya saja, terakhir saya ke tempat ini pada pertengahan Februari 2017 yang lalu, saya harus mengantri untuk mendapatkan tempat duduk karena pengunjung terlalu banyak. Padahal tempat ini saya perkirakan bisa menampung pengunjung hingga sekitar 150 orang dalam satu waktu.
  5. Mushola
    Di resto Kemuning juga terdapat musholla yang cukup bersih dan juga tersedia mukena bagi pengunjung Muslim yang ingin menunaikan ibadah shalat.
  6. Toko Oleh-oleh
    Baik di Kali Pucung maupun di sekitar parkiran resto Kemuning terdapat banyak lapak dan juga pedagang asongan yang menjajakan teh kemuning dengan harga sekitar Rp.20.000,- per bungkusnya tergantung dari jenis tehnya. Ini bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh sanak keluarga di rumah.
Tips Berwisata ke Kebun Teh Kemuning
  • Bawalah baju hangat seperti jaket atau jamper terutama jika Anda membawa serta anak-anak karena udara di objek wisata ini cukup dingin.
  • Gunakanlah alas kaki yang nyaman dan mudah digunakan untuk menelusuri jalanan berlumpur jika Anda ingin masuk ke kebun teh untuk selfi.
  • Bawalah uang yang cukup karena di area ini tidak terdapat mesin ATM.
  • Sepulang dari kebun teh kemuning, usahakan mampir di rumah teh Ndoro Donker yang akan Anda lewati ketika pulang menuju ke arah kota Solo.

Demikianlah informasi singkat tentang objek wisata kebun teh Kemuning Karanganyar Jawa Tengah. Semoga bermanfaat dan jika Anda menyukai informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

You may also like...

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari via email
avatar
wpDiscuz

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih