Objek Wisata LAWANG SEWU Semarang

share yuk:
tour guide objek wisata lawang sewu

Source: Foursquare [klik foto untuk memperbesar]

Sejarah Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan salah satu objek wisata favorit di kota Semarang. Sebelum dipugar bangunan Lawang Sewu terkesan angker sehingga sering dijadikan lokasi syuting film bergenre horor. Namun setelah selesai pemugaran pada Juni 2011, lokasi ini kembali dibuka untuk umum setelah pada tanggal 5 Juli 2011 diresmikan oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono, sehingga dengan tampilan baru tersebut, kini kesan seram dan angker sudah mulai pelan-pelan terkikis. Bahkan sebelum pemugaran, pihak pengelola sudah melarang syuting film horor di lokasi ini lagi.

Bangunan atau gedung Lawang Sewu dulunya yang merupakan kantor dari Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) yang mulai dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Pada masa penjajahan Jepang, gedung ini pernah menjadi lokasi pertempuran antara pemuda Angkatan Muda Kereta Api (AMKA) melawan Kempetai dan Kidobutai Jepang selama 5 hari (14 Oktober -19 Oktober 1945). Oleh karena itulah Pemerintah Kota Semarang memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.


Rute atau Lokasi Lawang Sewu

Alamat Lawang Sewu terletak di Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya yang terletak di jantung kota Semarang mempermudah para wisatawan yang ingin berkunjung ke sana baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Rute angkutan umum:

  • Dari terminal bus Terboyo Anda bisa naik bis Damri, Kopata atau pun angkot jurusan Terboyo – Mangkang yang melewati Jalan Pemuda.
  • Dari Stasiun kereta api Poncol ataupun Tawang kita bisa naik angkutan kota atau naik becak karena tidak terlalu jauh dari kedua stasiun kereta api tersebut.
  • Dari Bandara Ahmad Yani Anda bisa langsung naik taksi, dan jarak antara bandara ke lawang sewu tidak begitu jauh.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk
  1. Jam Buka
    Objek wisata Lawang Sewu dibuka setiap hari dari mulai pukul 06.00 dan tutup pada pukul 21.00 wib.
  2. Harga Tiket Masuk

    • Rp 10.000,- (dewasa) dan Rp.30.000,- untuk masuk ruang bawah tanah.
    • Rp.5.000,- (pelajar & anak-anak).
    • Rp.30.000,- untuk sewa guide (diharuskan menggunakan guide)

Fasilitas di Sekitar Lawang Sewu
  1. Hotel di Sekitar Lawang Sewu
    Letaknya yang berada di pusat kota, membuat Anda tidak akan kesulitan untuk mencari hotel di dekat objek wisata Lawang Sewu. Bahkan harganya pun cukup terjangkau karena persaingan bisnis banyak hotel di kawasan tersebut. Agar tidak kehabisan kamar dan bisa mendapatkan harga yang lebih murah, sebaiknya booking secara online di Traveloka atau PegiPegi.
  2. Kuliner
    Ada banyak rumah makan dengan berbagai menu di sekitar Lawang Sewu. Jadi untuk urusan perut, anda tidak perlu khawatir. Salah satu tempat kuliner paling dekat adalah Markobar (martabak kota barat) yang terletak persis di seberang jalan Lawang Sewu. Pada saat ke sana Februari 2016, saya pesan 1 porsi martabak 8 rasa dengan harga Rp.80.000,-.
  3. Tempat Parkir
    Pihak pengelola telah menyediakan area parkir untuk kendaraan baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun pada hari-hari libur terlebih pada saat mudik lebaran, area parkir Lawang Sewu tidak mampu menampung luapan kendaraan. Dan hingga saat ini memang belum ada solusi dari pengelola karena lokasinya di jantung kota yang sudah padat dan menyulitkan untuk menambah area parkir.

Tips Berwisata di Lawang Sewu
  1. Jika berkunjung pada saat high season seperti pada libur panjang dan mudik lebaran, sebaiknya datang pagi-pagi benar, karena jika kehabisan jatah parkir, Anda siap-siap mengeluarkan biaya lebih jika parkir di area parkir liar. Petugas parkir liar tidak tanggung-tanggung menarik ongkos parkir. Pernah ada yang mengeluh karena biaya parkir bis mencapai Rp.500.000,-. Jika Anda datang berombongan hingga 4 bis lebih, tentu akan sangat memberatkan.
  2. Jika Anda membawa rombongan pelajar dalam jumlah banyak, jangan lupa untuk mengingatkan anak didik Anda untuk membawa kartu pelajar karena dapat menghemat pengeluaran hingga 50%. Jika 100 siswa, maka Anda bisa menghemat hingga Rp.500.000,-.

Demikianlah penjelasan singkat tentang sejarah atau asal usul objek wisata Lawang Sewu yang terletak di kota Semarang. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai informasi ini, mohon share dengan memberika like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

You may also like...

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari via email
avatar
wpDiscuz

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih