Tempat Wisata Curug Dago – Keindahan yang Tersembunyi

share yuk:
jalan ke curug dago

Source: Foursquare. Photo: Ikhlasul Amal.

Deskripsi Curug Dago

Curug Dago yang Tersembunyi ini adalah salah satu obyek wisata alam berupa air terjun yang masih perawan di daerah Bandung Jawa barat. Curug yang dalam bahasa Indonesia berarti Air terjun ini memang biasa terdapat di daerah daerah bandung, karena daerah bandung memang daerah yang dilingkari oleh perbukitan sehingga alamnya banyak menyajikan pemandangan yang sangat indah untuk dikunjungi. Curug dago ini berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut dan terbentuk dari aliran sungai Cikapundung yang mengalir dari Maribaya ke kota Bandung.

Yang istimewa dari objek wisata ini yaitu banyaknya prasasti kerajaan Thailand yang terletak tidak jauh dari lokasi air terjun. Beberapa di antara peninggalan bekas kerajaan Thailand adalah dua prasasti batu tulis peninggalan tahun 1818.  Kedua prasasti tersebut konon merupakan peninggalan Raja Rama V dan Raja Rama VII dari dinasti Chakri yang pernah berkunjung ke Curug Dago.

Curug Dago memang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat luas karena tempatnya yang tersembunyi dan kurangnya publikasi atau sosialiasi terhadap wisata alam yang indah ini. Curug Dago sering digunakan untuk aktivitas hiking, pemotretan maupun hanya sekedar berekreasi menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, teman, sahabat maupun pasangan.


Lokasi atau Alamat Curug Dago

Alamat atau Lokasi Curug Dago adalah Terletak di Desa Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Propinsi Jawa Barat atau berjarak kurang lebih 8 km dari pusat kota Bandung menuju arah utara.

  1. Akses menggunakan Kendaraan Pribadi
    Jalan menuju ke Curug Dago ini dapat ditempuh dengan 2 alternatif: Pertama lewat jalan di seberang Terminal Dago dan Kedua lewat Taman Budaya Ganesha Dago di Jalan Ir. Djuanda. Kedua akses tersebut hanya bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan roda dua karena kondisi jalan menuju tempat ini sempit dan hanya berupa jalan setapak. Tetapi meskipun begitu Anda tidak perlu kawatir karena kondisi jalannya sudah dibeton sehingga nyaman untuk dilalui.
  2. Akses menggunakan Kendaraan Umum
    Lokasi Curug Dago juga dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum. Untuk mencapai Curug Dago, kita bisa naik angkutan umum berwarna kombinasi putih-hijau-orange jurusan Caringin – Dago. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek atau berjalan kaki.
    Untuk mencapai area air terjun, Anda masih harus berjalan kaki dari area parkir kendaraan roda dua melewati jembatan gantung sungai Cikapundung yang merupakan bagian atas dari Curug Dago. Kemudian untuk mencapai dasar curug, Anda masih harus menuruni anak tangga yang sudah disediakan yang terbuat dari beton dengan jarak tangga sekitar 100 meter.

Jam Buka dan Harga tiket Masuk Curug Dago
  1. Jam Buka
    Objek wisata air terjun Curug Dago dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 wib atau jam 5 sore.
  2. Harga Tiket Masuk
    Untuk masuk ke area wisata Curug Dago Anda akan dikenai tiket sebesar Rp. 5000,- setiap orangnya. Sedangkan untuk parkir kendaraan dikenai tarif Rp. 2000,- untuk sepeda motor.

Fasilitas Umum di Curug Dago
  1. Hotel atau Penginapan
    Di dekat Curug Dago Anda bisa menjumpai sebuah penginapan dengan konsep villa dan dengan harga terjangkau yang bernama Dago Pakar. Atau jika Anda lebih memilih menginap di kota Bandung, maka Anda bisa mendapatkan hotel dengan fasilitas lebih lengkap. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “bandung“.
  2. Rumah Makan
    Untuk urusan makan, di sekitar Curug Dago ini juga terdapat beberapa warung sederhana yang menjual makanan ringan seperti gorengan, kacang rebus dan nasi.
  3. Area Parkir.
    Tempat parkir di objek wisata Curug Dago cukup luas untuk menampung ratusan kendaraan sepeda motor.

Tips Berwisata di Curug Dago
  • Usahakan membawa pakaian hangat seperti jaket karena udaranya tidak hanya sejuk tapi kadang juga dingin.
  • Berhati-hatilah saat menuruni anak tangga ketika menuju dasar Curug Dago ini karena kondisi tangga yang licin dan pegangannya yang sudah rapuh.
  • Jadi sangat rekomended memakai sandal jepit atau sepatu yang bersol karet agar tidak terpeleset.

Demikianlah informasi singkat tentang keindahan Tempat Wisata Curug Dago yang tersembunyi. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga dapat menjadi referensi liburan bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Komentar di "Tempat Wisata Curug Dago – Keindahan yang Tersembunyi"

Kabari via email
avatar
Tampilkan komentar:   Terbaru | Terlama | Paling disukai
Ksmtour Sby

Artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com yaa.. Terima kasih

wpDiscuz

 Dukung kami dengan Like atau Follow

  

Terima kasih