Info Lengkap Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

share yuk:
tiket masuk tangkuban perahu

Source: Foursquare. Photo: Dimas S

Deskripsi Gunung Tangkuban Perahu

Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung adalah salah satu objek wisata yang terletak sekitar 20 km ke arah utara Bandung. Tangkuban Perahu ini sangat terkenal baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara karena cerita rakyatnya yaitu kisah asmara Sangkuriang dan Dewi Sumbi. Wisata Tangkuban Perahu ini terletak di ketinggian 2.084 mdpl atau sekitar 6.873 kaki sehingga tempat ini memiliki hawa yang dingin dan sejuk karena banyak terdapat pohon pinus, kebun teh, maupun kebun sayuran. Gunung Tangkuban Perahu ini berbentuk stratovulcano yang puncaknya ini berbentuk memanjang dan mirip sebuah perahu yang terbalik.

Gunung ini terakhir meletus pada tahun 2013 namun gunung ini masih relatif aman untuk dikunjungi. Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17C pada siang hari dan 2C pada malam hari. Gunung ini juga masih dikategorikan sebagai gunung api yang aktif dan masih dipantau oleh badan direktorat vulkanologi Indonesia. Gunung ini memiliki 3 kawah yaitu kawah Ratu, kawah Domas dan kawah Upas. Karena keindahannya, tidak jarang tempat ini dijadikan untuk foto prewedding, syuting film, maupun video klip. Anda juga dapat menunggang kuda untuk mengitari sebagian kawah ini.


 Legenda Gunung Tangkuban Perahu

Asal-usul gunung Tangkuban Perahu  sudah menjadi cerita rakyat yang terkenal dari jaman dahulu kala hingga sampai saat ini. Seringkali gunung ini dikaitkan dengan cerita mengenai Sangkuriang dan Dewi Sumbi yang konon dahulu Sangkuriang adalah seorang anak laki-laki yang mencintai ibunya sendiri Dewi Sumbi dan berusaha dengan berbagai macam cara agar ibunya dapat dikawininya. Sampai suatu ketika Sangkuriang diberi syarat oleh Dewi Sumbi untuk membuat telaga sekaligus dengan perahu hanya dengan waktu satu  malam, tetapi akhirnya usaha Sangkuriang itupun gagal hingga sangkuriang marah dan menendang perahu tersebut hingga terbalik. Lalu perahu inilah yang dianggap sebagai asal-usul adanya gunung Tangkuban Perahu ini.


Lokasi atau Jalan Menuju Tangkuban Perahu

Wisata tangkuban perahu ini terletak di Sukajaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk menuju ke Tangkuban Perahu pengunjung tidak perlu bingung karena aksesnya sangat mudah dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Disepanjang jalan juga akan dengan mudah kita temui petunjuk jalan menuju wisata tangkuban  perahu ini.

  • Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka dari pintu tol Pasteur, kita lurus  menuju ke Jalan Dr. Djunjunan – lalu mengarah ke Pasir kaliki – Sukajadi – Setiabudi – Lembang – Gunung Tangkuban Perahu. Atau jika Anda berangkat dari pintu tol Padalarang – kita menuju arah Cimahi – belok kiri ke arah Jalan Kolonel Masturi – pertigaan Jalan Raya Lembang, belok kiri – Gunung Tangkuban Perahu.
  • Jika menggunakan kendaran umum, dari Terminal Leuwi Panjang (Bandung) – naik bus jurusan Bandung – Indramayu – turun di pertigaan gerbang Gunung Tangkuban Perahu. Atau jika dari Stasiun Hall (Bandung) – angkot jurusan Stasiun Hall – Lembang – berhenti di perempatan (Lembang – Maribaya – Tangkuban Perahu) – angkot jurusan Lembang – Cikole – Gunung Tangkuban Perahu.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu

Harga tiket masuk (HTM) untuk wisatawan domestik adalah Rp. 13.000,- per orang dan untuk wisatawan asing atau manca negara adalah sebesar Rp 50.000,- per orang.


Fasilitas di Kawasan Tangkuban Perahu

Fasilitas di kawasan wisata ini juga bisa dibilang sudah sangat lengkap sehingga kita bisa dengan puas menikmati kawasan wisata tangkuban perahu ini.

  1. Hotel atau Penginapan.
    Di daerah Lembang atau sekitar 6 km dari objek wisata Tangkuban Perahu, banyak terdapat hotel, villa maupun penginapan bertipe melati dari bintang 1 hingga bintang 4 dengan tarif menginap yang bervariasi dari mulai Rp.350.000,- per malam untuk tipe kamar double bed hingga yang bertarif Rp.2.800.000,-. Jika Anda ingin mendapatkan harga yang murah, maka pesanlah secara online karena biasanya mereka memberikan diskon hingga  45%. Untuk melihat daftar hotel terdekat beserta dengan harganya, silahkan ganti kata Indonesia dengan “tangkuban perahu” pada kotak pencarian di bawah ini:
    [xyz-ihs snippet=”Kotak-Pencarian-Hotel”]
  2. Rumah Makan.
    Anda akan banyak menjumpai rumah makan dekat Tangkuban Perahu, terutama di daerah jalan Lembang yang menawarkan masakan khas orang Sunda dengan menu andalan yaitu lalapan dengan harga yang sangat terjangkau. Salah satu rumah makana khas Sunda yang sangat terkenal di jalan Lembang adalah RM Balibu. Sementara untuk di lokasi wisata sendiri, ada juga penjual makanan dan minuman hangat seperti mie rebus, bandrek dan lainnya.
  3. Toko Oleh-oleh.
    Di kawasan wisata Tangkuban Perahu terdapat banyak toko yang menjual berbagai souvenir seperti syal, topi kupluk, tas dan topi bulu, berbagai pajangan dari kayu dan berbagai aksesories lainnya.
  4. Tempat Parkir.
    • Parkir motor: Rp 5.000 – 7000
    • Parkir mobil: Rp 10.000 – 15000
    • Parkir bus: Rp 20.000 – 25000

Tips Berwisata di Tangkuban Perahu
  • Sebaiknya jika berkunjung ke wista tangkuban perahu ini para wisatawan membawa masker untuk menyamarkan bau belerang yang menyengat.
  • Memakai baju atau membawa pakaian hangat karena suhu di Tangkuban Perahu ini sangat dingin bisa mencapai 2 derajat celcius.
  • Bagi yang berkunjung melebihi dari jam 4 sore sebaiknya menggunakan jasa pemandu wisata setempat demi keselamatan.
  • Jika sudah berada di sekitar kawah, jangan mencoba-coba untuk melewati pagar pembatas karena dapat membahayakan keselamatan diri sendiri.

Demikianlah sepintas gambaran tentang Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung. Semoga kunjungan wisata Anda ke sana beserta orang terdekat berkesan dan menyenangkan. Jika Anda suka informasi ini, mohon share dengan memberikan like,twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

You may also like...

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari via email
avatar
wpDiscuz

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih