Pantai Sipelot Pujiharjo Tumpel Gading Malang Jawa Timur

share yuk:
Source: Flickr.com. Foto: Haris 2212

Source: Flickr.com. Foto: Haris 2212

Deskripsi Pantai Sipelot Tumpel Gading

Pantai Sipelot merupakan salah satu pantai di pesisir selatan pulau Jawa yang terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bagi Anda yang menyukai petualangan dan selalu ingin menemukan sesuatu yang baru, maka Anda harus memasukkan pantai Sipelot ke dalam rencana perjalanan wisata Anda karena kondisi pantai Sipelot ini masih sangat natural dan belum banyak yang tahu keberadaan pantai ini sehingga masih jarang wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini. Banyak para pengunjung yang memilih untuk bermalam dengan mendirikan tenda di tepi pantai agar bisa menikmati api unggun di tengah indahnya suasana malam pantai Sipelot.

Panorama pantai Sipelot pun tidak kalah indahnya dengan pantai lain di Malang. Hamparan pasir putihnya yang luas, deburan ombak yang cukup deras, dikelilingi barisan perbukitan di sisi barat dan timur, ditambah dengan bebatuan dan karang yang terhampar di sepanjang garis pantai Sipelot tentu akan membuat perjalanan wisata Anda ke pantai Sipelot ini semakin berkesan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati indahnya air terjun atau Coban Sipelot yang turun dari bukit di sebelah barat pantai.


Alamat atau Jalan Menuju Pantai Sipelot Tumpel Gading

Alamat objek wisata pantai Sipelot terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Karena letaknya di daerah Pujiharjo, maka banyak masyarakat Malang yang menyebut Pantai Sipelot ini dengan sebutan Pantai Pujiharjo.

Jalan menuju pantai Sipelot pun mudah diakses dengan kendaraan bermotor karena medannya cukup bagus dan sudah beraspal serta terdapat papan petunjuk walaupun di beberapa titik terdapat aspal yang sudah rusak. Namun, Anda juga harus hati-hati karena jalanan menuju lokasi pantai sipelot ini naik turun dan berkelok-kelok.

Rute menuju objek wisata pantai Sipelot

  • Kendaraan Umum:
    belum ada kendaraan umum menuju lokasi obyek wisata pantai Sipelot.
  • Kendaraan Pribadi:
    Malang – Gadang – Turen – Kecamatan Dampit – Kecamatan Tirtoyudo – perhatikan papan penunjuk jalan pada sisi sebelah kanan ke arah Pantai Sipelot – belok kanan – ikuti penunjuk jalan – Desa Pujiharjo.

Untuk mencapai pantai Sipelot dari desa Pujiharjo kita bisa melalui dua cara, yaitu dengan menyewa perahu nelayan dengan tarif Rp. 25.000 per orang atau dapat juga berjalan kaki menyusuri bukit ke arah barat.


Tiket Masuk Pantai Sipelot.

Untuk masuk ke area wisata pantai Sipelot atau Pujiharjo ini, kita tidak dikenai tiket masuk karena belum dikelola dan dikomersilkan oleh dinas pariwisata setempat.


Aktivitas Wisata yang Bisa dinikmati.
  • Melihat indahnya pasir putih yang terhempas oleh deburan ombak laut yang tiada hentinya.
  • Di sepanjang tepi pantai banyak pepohonan yang bisa digunakan berteduh para pengunjung.
  • Menikmati keindahan perbukitan tinggi yang hijau.
  • Menikmati keindahan air terjun Coban Sipelot. Air terjun yang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 m. Untuk mencapainya Anda harus menyeberangi teluk terlebih dahulu. Di sini banyak perahu nelayan yang bisa mengantarkan menuju Coban Sipelot dengan biaya sekitar Rp 50 ribu.
  • Warna laut kebiru-biruan menimbulkan rasa nyaman untuk lebih lama memandangi jauhnya buih.
  • Dengan memakai perahu Anda juga bisa menikmati indahnya laut sambil menggunakan sampan.
  • Pengunjung bisa melihat lebih dekat Watu Gedeg atau sebutan sebuah karang yang mirip dinding dari bambu.
  • Jika tidak puas dengan Sipelot-Pantai Pasir Putih, bisa meneruskan ke Pantai Tenger.
    Lokasinya di teluk, mirip-mirip Pantai Pasir Putih. Tapi perjalanan kesana, memacu adrenalin. Ombaknya cukup besar saat Minggu. Melintasi laut biru tua membuat jantung berdebar. Jika satu paket naik perahu ke lokasi-lokasi itu, harga sewa perahunya Rp 300.000 PP.
  • Berkemah sepertinya sesuatu yang menyenangkan juga, langit malam di pantai ini pasti sayang untuk dilewatkan. Waktu pagi hari kita bisa menyaksikan indahnya sunrise.

Fasilitas di Sekitar Pantai Sipelot
  1. Hotel dan Penginapan.
    Jika Anda datang dari luar kota, sebaiknya menginaplah di kota Malang agar mudah mencari makan dan keperluan lainnya. Karena di pantai ini, kita tidak bisa mendapatkan hotel yang bagus. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “malang“.
  2. Rumah Makan
    Di Pantai Sipelot juga bisa kita jumpai warung – warung (walau jumlahnya belum terlalu banyak) yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga standar.
  3. Toilet Umum
    Di dalam kawasan objek wisata pantai Sipelot terdapat toilet umum.
  4. Tempat Parkir
    Di lokasi wisata Pantai Sipelot ini belum terdapat parkiran khusus, namun jika Anda berencana bermalam di pantai Sipelot dengan berkemah, Anda bisa menitipkan ke rumah warga.
  5. Mushola
    Di pinggir pantai terdapat mushola yang bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin menunaikan ibadahnya.

Tips Berwisata di Pantai Sipelot Tumpel Gading
  • Pantai Sipelot terdiri dari tiga area, di area tengah biasanya digunakan para nelayan untuk menyandarkan perahunya. Sebaiknya Anda memilih pantai yang sebelah kiri atau kanan karena lebih sepi dan terdapat air payau.
  • Jika ke Coban Sipelot, sebaiknya kembali ke tempat penjemputan (perahu pengantar) sebelum laut surut. Sebab di pesisir pantai banyak batu-batu. Jika tidak segera pergi, maka perahu nelayan sulit keluar.
  • Kalau merencanakan pergi ke Pantai Sipelot mending sekalian menginap (berkemah), mengingat perjalanannya yang melelahkan.
  • Tidak diperkenankan berenang dikarenakan Pantai Sipelot memiliki ombak yang cukup besar, ciri khas pantai selatan.
  • Membawa bekal makanan dan minuman sendiri, karena warung di Pantai Sipelot masih jarang. Terutama bagi Anda yang berencana untuk berkemah.

Demikianlah informasi singkat tentang Pantai Sipelot atau yang terkenal juga dengan pantai Pujiharjo Malang Jawa Timur. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai informasi ini mohon berikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

You may also like...

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari via email
avatar
wpDiscuz

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih