Pantai Balekambang Malang – Tanah Lotnya Jawa Timur

share yuk:
Pantai Balekambang Malang Jawatimur

Source: intisari-online.com.

Deskripsi Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai di Malang yang kini menjadi destinasi wisata pantai favorit bagi para wisatawan yang berkunjung di kota Malang Jawa Timur. Bagi Anda yang senang menikmati suasana pantai, maka pantai yang satu ini wajib Anda kunjungi karena memiliki banyak keindahan yang tidak kalah dengan pantai-pantai lain di Jawa Timur. Bahkan banyak orang yang menyebut Pantai Balekambang ini sebagai Tanah Lotnya Jawa Timur.

Begitu sampai di bibir pantai, Anda akan langsung disuguhi birunya air laut yang indah, deburan ombak serta panorama khas pantai. Pantai Balekambang terbilang sebuah pantai yang bersih dan termanage dengan baik. Suasananya yang cukup tenang dapat menjadi obat untuk mengurangi atau setidaknya sejenak melupakan beban pikiran yang Anda rasakan saat ini. Selain panorama deburan ombak dan pasir putih, Anda juga dapat menikmati beberapa barisan pulau di seberang pantai, seperti Pulau Wisanggeni, Pulau Anoman, dan Pulau Ismoyo, dimana pulau-pulau tersebut terhubung dengan jembatan.


Lokasi atau Alamat Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Malang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang, Jawa Timur, atau terletak sekitar 60 km di sebelah selatan kota Malang. Akses menuju pantai ini cukup baik karena jalanan sudah beraspal hotmix mulus. Namun Anda harus tetap berhati-hati karena di beberapa tempat terdapat tanjakan dengan tikungan tajam.

Jalan menuju Pantai Balekambang Malang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Adapun rute menuju objek wisata Pantai Balekambang adalah :

  1. Kendaraan Umum
    Jika Anda berencana menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Arjosari Malang, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan kota jurusan terminal Gadang > Lalu dilanjutkan dengan angkutan jurusan Bantur yang akan melalui Kecamatan Gondanglegi dan Pagelaran > Dari Bantur ke Pantai Balekambang sayangnya belum ada kendaraan umum, jadi Anda harus menggunakan jasa ojek.
  2. Kendaraan Pribadi
    Pantai Balekambang Malang ini dapat ditempuh melalui dua arah, yaitu: Malang – Kepanjen dan Malang – Bululawang.

    • Malang – Kepanjen.
      Jika melalui rute ini maka Anda harus terlebih dahulu melewati Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, Sri Gonco Desa, sampai Anda mencapai Pantai Balekambang.
    • Malang – Bululawang.
      Jika melalui rute ini maka Anda harus terlebih dahulu melewati Gadang dan Kendalpayak sampai Anda mencapai Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, Sri Gonco Desa, sampai Anda mencapai Pantai Balekambang.

Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang

Harga tiket masuk pantai Balekambang sangat terjangkau yaitu hanya Rp.10.000,- hingga Rp.15.000,- per orang.


Aktivitas Wisata yang Bisa dinikmati.
  • Dengan pantai yang dangkal dan deburan ombak pantai yang tidak terlalu besar, Anda bisa bermain-main air bersama keluarga.
  • Melihat berbagai macam karang laut dan terkadang ketika air surut anda bisa melihat berbagai macam ikan hias dan biota laut lain yang berkerumun.
  • Menyaksikan warga setempat yang masih memegang tradisi biasa menggelar upacara Suroan dan upacara Jalanidha Puja. Jika sempat, Anda bisa berkunjung ke pantai ini di saat bulan Suro. Biasanya pada bulan ini Pantai Balekambang ramai didatangi wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.
  • Menikmati suasana Pantai Balekambang yang sangat menawan pada saat sunset tiba. Kecantikan dan pesonanya semakin spektakuler saat Matahari terbenam di balik cakrawala dan menyuguhkan siluet pura berlatar langit senja berwarna kuning keemasan.
  • Bermain wahana di arena flying fox dengan tarif Rp 20.000,-
  • Di pasar Dampit searah dengan perjalanan menuju ke Bale Kambang kita bisa membeli ikan dan cumi untuk dibakar di pinggiran pantai sambil menunggu sunrise yang terbit.

Fasilitas di Sekitar Pantai Balekambang
  1. Hotel atau Penginapan
    Ada banyak hotel atau penginapan di sekitar objek wisata Pantai Balekambang yang bertarif antara Rp 150.000 – Rp 240.000 per malam. Usahakan booking hotel secara online seawal mungkin untuk mendapatkan diskon hingga 60% dan tentunya juga untuk menghindari kehabisan kamar terlebih saat weekend dan high season. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “malang“.
  2. Rumah Makan
    Kita bisa menjumpai banyak warung makan tradisional dan restoran di dalam kawasan wisata Pantai Balekambang.
  3. Toilet Umum
    Di dalam kawasan objek wisata Pantai Balekambang terdapat beberapa toilet umum.
  4. Tempat Parkir
    Area parkir di objek wisata Pantai Balekambang cukup luas.
  5. Toko Souvenir atau Oleh-oleh
    Anda bisa berbelanja di kios-kios cendera mata di sekitar pantai Balekambang Malang ini dengan harga yang relatif.
  6. Tempat Ibadah
    Bagi anda yang beragama Islam, kawasan wisata Pantai Balekambang juga menyediakan musholla.
  7. Fasilitas lain
    Fasilitas lain yang ada di kawasan wisata Pantai Balekambang diantaranya: camping ground, kantor informasi, bungalow sederhana dan pendopo.

Tips Berwisata di Pantai Balekambang
  • Jika ingin berkunjung ke pantai Balekambang sebaiknya datang pagi-pagi sekali, selain tidak panas, Anda juga dapat menikmati sunrise dari ufuk timur.
  • Jangan lupa bawa tutup kepala (payung, topi) untuk menghindari sengatan panas matahari di siang hari.
  • Pada musim tertentu pantai ini ombaknya sangat tinggi dan anginnya juga kencang, sehingga berbahaya bagi orang yang tidak bisa berenang.
  • Jangan melewatkan moment berwisata ke pantai Balekambang dengan berfoto karena karena banyak spot yang sangat bagus dan menarik seperti di Bali.

Demikianlah informasi seputar Review dan info Harga Tiket Objek Pantai Balekambang Malang – Tanah Lotnya Jawa Timur. Semoga kunjungan Anda di sana menyengkan dan mengesankan. Jika Anda suka informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi tempat hiburan bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Komentar di "Pantai Balekambang Malang – Tanah Lotnya Jawa Timur"

Kabari via email
avatar
Tampilkan komentar:   Terbaru | Terlama | Paling disukai
Irma Sekarningrum

Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
http://indonesia.gunadarma.ac.id/

wpDiscuz

 Dukung kami dengan Like atau Follow

  

Terima kasih