3 Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi

share yuk:

Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi – Samarinda adalah bagian dari daerah Kalimantan Timur yang sekaligus menjadi ibu kota provinsi di daerah tersebut. Selain berpredikat sebagai kota terbesar sekaligus terpadat jumlah penduduknya di Kalimantan, Samarinda juga mempunyai potensi wisata yang cukup menarik. Selain dikenal sebagai daerah yang memiliki keunikan kain tenun bermotif kotak beraneka warna, Samarinda menghadirkan pilihan destinasi wisata yang mengagumkan baik mengenai wisata alamnya, juga mengenai wisata budayanya.

Sebagai Ibu kota Provinsi, Samarinda berada di lokasi yang cukup strategis sehingga untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh melalui berbagai jalur baik darat, laut maupun jalur udara. Kota ini dipisahkan oleh sebuah danau bernama Danau Mahakam yang merupakan akses utama menuju ke pedalaman Kalimantan Timur. Sebagai daerah yang berada di pusat kota, Samarinda juga telah dilengkapi dengan beragam kelengkapan kota, sarana dan transportasi umum yang memadai. Kelengkapan akomodasi berupa tersedianya beberapa fasilitas hotel dan penginapan juga merupakan salah satu faktor pendukung untuk semakin tumbuh dan berkembangnya potensi wisata di kota ini. Seperti terlihat di situs Traveloka, ada banyak penginapan di Samarinda yang mendukung pariwisata di kota ini. Jadi, buat anda yang dari luar kota, tidak perlu khawatir untuk liburan ke sini.

Di wilayah Samarinda terdapat beberapa lokasi wisata yang menjadi favorit para wisatawan. Sebagian besar wisata menghadirkan keindahan alam yang cukup beragam. Diantara sejumlah wilayah obyek wisata yang paling diminati wisatawan meliputi:

1. Objek Wisata Pulau Beras Basah
objek wisata pulau beras basah di kalimantan timur

source: blogspot

Pulau Beras Basah ini berada di Selat Makassar yang masih menjadi wilayah Bontang, Kalimantan Timur. Adapun waktu tempuh dari kota Samarinda adalah sekitar 3 jam perjalanan. Pemandangan Pulau Beras Basah memiliki panorama berupa hamparan pasir putih yang bersih dan lembut di sekitar pantai serta air laut yang jernih dengan warna yang terlihat sedikit kebiruan dan masih alami.

Keindahan pulau ini semakin lengkap dengan adanya keragaman biota laut yang ada di dalam air. Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan snorkling atau pun diving. Keindahan khas pantai timur Indonesia ini semakin menambah betah pengunjung. Selain air yang jernih dan berwarna biru tadi juga terdapat ombak-ombak di tepi pantai yang tidak terlalu besar dan suasana yang cukup tenang.

Adapun asal mula penamaan Beras Basah mempunyai cerita tersendiri. Legenda yang dipercaya masyarakat menyebutkan bahwa dahulu suatu kapal telah berlabuh di pulau ini dengan muatan beras. Lalu kapal tersebut tidak jadi melanjutkan perjalanan karena ombak yang cukup besar, namun sang awak kapal menurunkan semua beras dan jadilah beras-beras tersebut menjadi basah. Setelah itu, nama tempat ini kemudian disebut sebagai beras basah.

Perjalanan menuju tempat ini membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama yaitu sekitar 3 jam jika mengawali perjalanan dari kota Samarinda. Sesampainya di Pulau Beras Basah ini, anda akan disambut oleh Pemandangan menarik berupa keindahan warna biru laut, karang-karang yang berada di bawah laut dan pasir putih yang masih alami, selain itu juga terdapat mercusuar putih yang sudah tidak difungsikan lagi. Sampai saat ini belum diketahui waktu dibangunnya mercusuar tersebut.

2. Air Terjun Pinang Seribu
air terjun pinang seribu samarinda

source: blogspot

Air terjun Pinang Seribu ini masih menjadi salah satu area wisata yang baru di Samarinda. Lokasinya yang berada di kawasan Bengkuriang, Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda, Kalimantan Timur ini juga tidak terlalu mudah untuk dicapai. Air terjun ini memiliki keunikan bentuk karena batuan tempat mengalirnya air berbentuk menyerupai anak tangga yang dapat dilewati oleh pengunjung. Aliran dan debit air yang tidak terlalu besar membuat pengunjung menjadi lebih aman jika bermain di area tersebut.

Di sekitar air terjun ini, pengunjung juga dapat bermain beberapa wahana permainan air dengan menyewa sepeda air di sekitar danau buatan atau melakukan kegiatan lain seperti memancing. Dikawasan obyek wisata ini juga disediakan beberapa gazebo untuk beristirahat dan menikmati makan siang anda. Namun jika anda hendak merencanakan untuk berkeliling tempat di Samarinda untuk menikmati keindahan alam lebih lama di Air Terjun Pinang seribu ini, maka anda dapat menginap di villa atau hotel-hotel yang ada di sekitar obyek wisata dengan beberapa pilihan yang cukup menarik.

3. Penangkaran Buaya Makroman
tempat wisata penangkaran buaya di samarinda

source: flickr

Penangkaran Buaya Makroman ini menjadi salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Keragaman salah satu jenis satwa ini dapat menambah pengetahuan daftar fauna yang ada di Indonesia. Lokasi wisata ini tidak terlalu juah dari Kota Samarinda, yaitu hanya berjarak sekitar 17 km. Jarak yang tidak terlalu jauh, menjadikan tempat ini mudah untuk dijangkau menggunakan berbagai kendaraan, baik dengan sepeda motor maupun mobil.

Penangkaran Buaya ini berada di Desa Pulau Atas, Kelurahan Makroman, dan Kecamatan Palaran. Di tempat ini terdapat beberapa Buaya yang hanya berasal dari 3 jenis buaya yang dapat anda saksikan. Buaya-buaya tersebut antara lain; Buaya Muara, Buaya Siam, dan Buaya Sepit. Di lokasi yang memiliki luas sekitar 7 hektar ini, anda dapat menikmati ketiga jenis buaya ini di setiap ruang-ruang penangkaran. Wisata ini tentu akan memberikan pengalaman seru bagi anda juga tantangan yang berbeda dari wisata lainnya.

You may also like...

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari via email
avatar
wpDiscuz

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih