Hutan Pinus Imogiri Bantul – Tranding Picture di Instagram

share yuk:
lokasi hutan pinus imogiri bantul yogyakarta

Photo: DC Ridho Kurnia.

Deskripsi Hutan Pinus Imogiri Bantul

Kalau kita ingin berlibur dengan nuansa berbeda dari yang biasa kita temui di Jogja, maka kunjungilah Hutan Pinus Imogiri Bantul. Hutan pinus ini letaknya berdekatan dengan kebun buah mangunan Imogiri. Para pengunjung menganggap Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Imogiri sebagai satu paket wisata karena jaraknya yang dekat. Disepanjang jalan menuju kawasan Hutan Pinus Imogiri ini suasananya bisa dibilang agak ghotic tetapi udaranya sangat sejuk. Untuk hutan pinus imogiri ini sendiri memiliki keistimewaan yaitu  kalau kita berada di hutan ini rasanya seperti berada di forks syuting film Twilight karena tanahnya itu berwarna coklat kemerahan dengan ditumbuhi banyak pohon pinus yang ketinggiannya bisa mencapai puluhan meter.

Di hutan Pinus Imogiri ini terkenal keindahannya dan keunikannya sehingga tidak jarang hutan pinus ini dijadikan tempat untuk foto hunting suatu brand, sampai pernah dipakai untuk syuting film layar lebar atau FTV oleh beberapa stasiun TV nasional. Di hutan pinus ini kegiatan yang bisa kita lakukan selain berfoto ria kita juga bisa mendirikan tenda untuk bercamping bersama keluarga pasangan maupun teman. Hutan pinus imogiri ini akan terlihat sangat memukau apabila kita berkunjung pada pagi hari. Kita bisa merasakan hawa segar hutan yang masih tertutup kabut tetapi di sela-sela kanopi pohon terpancar sinar matahari yang menembus sampai ke dasar tanah.


Lokasi atau Jalan Menuju Hutan Pinus Imogiri

Terletak di desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogjakarta. dekat dengan wisata kebun buah mangunan imogiri. Dari jogja kalau kita melewati ring road selatan dari arah gamping  kita mengikuti petunjuk jalan menuju ke arah Parangtritis, menuju ke kecamatan Dlingo. Kita cari papan petunjuk jalan kebun buah mangunan untuk kita jadikan patokan yang mudah ke hutan pinus. Kalau sudah menemukan papan tulisan kebun buah imogiri kita tetap lurus mengikuti jalan yang beraspal halus, tetapi kita harus pelan pelan dan cermat karena tidak ada petunjuk tulisan untuk mengarah ke hutan pinus ini. Dari kebun buah mangunan hanya lurus lagi sekitar 1 km mengikuti jalan aspal lalu di pertigaan kita masih lurus lagi. Kalau jalan yang kita ambil benar kita akan menemukan jalan yang menanjak dan dikanan kiri banyak pohon seperti yang ada digambar.


Jam buka dan Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Imogiri

Tidak ada jam buka, tetapi parkiran mulai ramai sejak pagi hari hingga menjelang senja. Harga masuk hutan pinus pun gratis karena memang belum ada loket masuknya. Kita hanya dikenai biaya parkir kendaraan

  • Parkir sepeda motor: Rp.2000,-
  • Parkir roda empat: Rp.4000,-

Tips Berwisata di Hutan Pinus Imogiri
  • Sebaiknya pengunjung membawa makanan atau bekal dari rumah karena jarang ditemui rumah makan. Hanya terkadang didekat hutan didepan parkiran ada penjual cilok (siomay) itu saja tidak setiap saat ada.
  • Pengunjung tidak boleh membuang sampah sembarangan dikawasan hutan ini agar hutan pinus ini tetap terjaga keindahannya
  • Untuk menuju ke hutan pinus imogiri ini diharuskan menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang menjangkaunya.
  • Bagi para perokok agar lebih berhati-hati dalam membuang puntung rokok atau batang korek api. Pastikan sudah tidak ada bara atau api yang masih menyala karena dapat berakibat pada kebakaran hutan. Tentu akan lebih baik lagi jika Anda tidak merokok sama sekali.

Demikianlah sepintas gambaran tentang objek wisata hutan pinus yang terletak di Imogiri Bantul Yogyakarta. Semoga kunjungan wisata Anda ke sana beserta orang terdekat berkesan dan menyenangkan. Jika Anda suka informasi ini, mohon berikan like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

You may also like...

5 Komentar di "Hutan Pinus Imogiri Bantul – Tranding Picture di Instagram"

Kabari via email
avatar
Tampilkan komentar:   Terbaru | Terlama | Paling disukai
Artravelsby

Bisa dijangkau dengan bis pariwisata enggak ?

Pondang Pane

Mau kesana ah..

Al Finda

menarik

Sindu Kusuma Edupark

numpang promo wisata ya.. buat yang mau wisata beda di jogja, wisata murah tapi nggak murahan.. silahkan hubungi mami management tour and travel.. cp via line wa sms 085878126236 atau BBM 51FF842F

Trizno Al Jailani

bagus…

wpDiscuz

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih