Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor

share yuk:
objek wisata pemandian air panas tirta sanita ciseeng

Source: jabarprov.go.id

Deskripsi

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor merupakan salah satu tempat wisata alam di Bogor yang tidak hanya bisa sekedar menawarkan relaksasi dengan berendam, tapi juga menawarkan panorama yang eksotis yang mampu sejenak melepaskan penat dan tekanan akibat beban kerja atau masalah hidup yang sedang kita hadapi sehingga tidak heran walaupun lokasinya berada di pedesaan, tapi jika pada weekend atau hari nasional, tempat ini selalu dipadati oleh para wisatawan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh TEMAC Thai Engineering Materials Analysis, C. Ltd. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng ini berasal dari gunung kapur yang mengandung belerang sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang dan sendi kita.

Selain berendam dan menikmati sejuknya udara pedesaan, kita juga bisa menikmati beberapa aktivitas wisata lain yang tersedia seperti flying fox dan outbond. Jadi, jika Anda sudah bosan dengan tempat wisata buatan seperti water park atau permainan wahana, pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng ini dapat menjadi salah satu referensi tempat wisata Anda berikutnya.


Rute dan Alamat Pemandian Air Panas Ciseeng

Lokasi atau alamat Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng berada di desa Ciseeng, kecamatan Parung, Kabupaten Bogor atau sekitar 27 KM dari pusat kota Bogor.
Jika Anda berangkat dari kota yang melewati kota Bogor dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka rute terbaik yang bisa dilalui adalah dengan menuju utara ke arah jalan Raya Parung > kemudian belok kiri di jalan Pasar Ciseeng (ketika masuk terdapat deretan warung-warung di kanan dan kiri jalan) > ikuti saja terus jalan tersebut hingga menemukan papan kecil bertuliskan: Pintu masuk Pemandian Air Panas Ciseeng. Maju sedikit Anda bisa menemukan Alfamart untuk sekedar beli makanan ringan dan minuman. Jarak dari perempatan terakhir hingga lokasi pemandian hanya sekitar 0,4 km.


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk
  1. Jam Buka
    Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng ini dibuka setiap hari dari mulai pukul 07.00 hingga 20.00 wib.
  2. Harga Tiket Masuk
    Harga tiket masuk ke pemandian air panas Ciseeng ini pun tidak mahal, yaitu hanya sebesar Rp.5.000,- untuk orang dewasa pada hari biasa dan Rp.6.000,- pada weekend dan hari libur nasional. Sedangkan tiket untuk anak-anak adalah sebesar Rp.5.000,-

Aktivitas yang bisa Dinikmati
  1. Berendam di air hangat yang mengandung belerang. Untuk bisa berendam di dalam kamar mandi VIP ini, kita akan ditarik biaya sebesar Rp. 10.000,- per orangnya. Dan menurut peraturan yang berlaku, satu kamar mandi hanya bisa digunakan oleh satu orang saja. Jadi tidak boleh dipakai berduaan meskipun bagi pasangan suami isteri.
  2. Menikmati sensasi outbond atau meluncur di ketinggian dengan flying fox. Harga untuk satu kali meluncur adalah sebesar Rp.25.000,- per orangnya. Ada juga kendaraan ATV, duck boat dan giant house of barbie.
  3. Jika Anda ingin berendam di kolam terbuka, Anda bisa mengunjungi pemandian yang berada di belakang area parkir dengan mendaki bukit melalui jalan setapak. Harga tiket masuk ke kolam pemandian air panasa terbuka ini lebih murah di banding dengan lokasi utama dan tanpa ketentuan lama berendam.

Fasilitas di Sekitar Air Panas Ciseeng.
  1. Hotel atau Penginapan di Terdekat.
    Letaknya yang berada di pedesaan, membuat kita sulit untuk menemukan hotel di sekitar objek wisata pemandian air panas Ciseeng ini. Jika Anda ingin mencari penginapan atau hotel untuk bermalam, sebaiknya cari di sepanjang jalan Raya Parung. Setahu saya yang paling dekat adalah di Jalan Raya parung melewati pertigaan jalan pasar Ciseeng. Ada dua hotel yang terletak di sebelah kanan jalan yaitu: Hotel Parung Transit dan Parunk Hotel & Resto. Jika tidak ingin kehabisan kamar sebaiknya booking secara online sebelum berangkat ke pemandian. Selain itu biasanya ada diskon hingga 50% jika booking secara online jauh-jauh hari. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “bogor“.
  2. Rumah Makan.
    Ada banyak warung makan tapi saya tidak menemukan restoran di sekitar tempat wisata. Putar-putar akhirnya saya berhenti di warung bakso “tak terduga” di jalan Raya H.Usa karena terlihat ramai pengunjung. Baksonya lumayan enak.
  3. Toilet dan WC Umum.
    Di objek wisata ini ada toilet umum tapi terkesan tidak terawat karena terakhir ke sana, semua bak mandi tidak ada airnya. Akhirnya saya pun air aqua.
  4. Area Parkir.
    Untuk masalah parkir kendaraan baik roda dua maupun empat, di sana disediakan area parkir yang cukup luas. Biaya parkir untuk motor adalah Rp.3.000,- dan mobil Rp.5.000,-

Tips Berwisata ke Pemandian Air Panas Ciseeng
  1. Jangan lupa membawa handuk dan baju ganti untuk mengantisipasi jika Anda juga ingin berendam di kolam pemandian terbuka.
  2. Jalan masuk ke pemandian air panas cukup rusak dan membuat perjalanan Anda melambat. Jadi jika Anda menyewa mobil, sebaiknya pilihlah yang berbodi tinggi.
  3. Bawalah air mineral atau minimal botol kosong untuk kepentingan buar air mengantisipasi jika air di toilet umum tidak ada.

Demikianlah sedikit informasi tentang objek wisata Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai informasi ini, mohon share dengan memberikan like dan twit atau jika meninggalkan komentar seputar pengalaman Anda berwisata ke sana. Terima kasih.

You may also like...

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari via email
avatar
wpDiscuz

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih