Eksotisme Air Terjun Wana Wisata COBAN TALUN Batu

share yuk:
wana wisata coban talun

Source: Foursquare. Photo: Ardina R.

Deskripsi Wana Wisata Coban Talun

Objek wisata air terjun Coban Talun merupakan salah satu destinasi wisata alam yang cukup terkenal di kota Batu setelah air terjun Coban Rondo. Air terjun Coban Talun memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan diameter +/-15 meter. Terletak pada ketinggian 950 mdpl dengan suhu 18 – 230C dengan topografi miring landai dan curah hujan rata-rata 1.800 mm/tahun dan termasuk kelas hutan lindung  jenis pinus dan rimba campur. Kondisinya yang masih sangat alami membuat pemandangan di sekitar lokasi ini sangat indah, karena selain bisa menikmati suara gemuruh deburan air terjun, kita juga bisa menyaksikan banyak pelangi di setiap sudut berpadu dengan hijaunya tumbuhan segar di sekitar air terjun.

Udara di sekitar objek wisata ini cukup menyegarkan karena disamping masih banyaknya pepohonan yang tumbuh, lokasi Coban Talun ini berada di perbukitan kota Batu yang terkenal cukup dingin. Jadi jika Anda ingin merasakan sensasi berwisata yang dapat memberikan relaksasi dan suasana yang alami, maka Coban Talun ini bisa menjadi salah satu alternative tempat wisata bagi Anda dan keluarga atau pun teman dekat.


Lokasi dan Rute Menuju Coban Talun

Lokasi Air terjun Coban Talun berada di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Rute yang harus ditempuh untuk sampai ke lokasi ini bisa ditempuh baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Hanya saja, pada hari-hari padat pengunjung (high season) jalan menuju ke sana bisa menjadi sangat macet terutama pada long weekend karena harus melewati beberapa tempat wisata ramai pengunjung seperti Jatim Park dan Museum Angkut. Tapi yang jelas untuk bisa sampai di lokasi, Anda harus menyeberangi sungai atau melalui DAM, dengan jarak dari parkir mobil sekitar 2 km.

Rute Kendaraan Pribadi

  • Arah Timur (Surabaya, Mojokerto)
    Jika melalui Mojokerto Anda bisa langsung menuju ke jalan raya Gempol – Mojokerto > lalu di pertigaan dimana terdapat tugu Adipura di tengah jalan beloklah menuju jalan Ari Langga atau ada papan petunjuk jalan, maka ambillah arah ke Pacet. Dari situ Anda bisa ikuti jalan tersebut kurang lebih 41 KM sampai Anda menemukan Coban Talun.
  • Arah Barat (Kota Batu, Malang)
    Jika Anda berangkat dari Malang, maka berkendaralah menuju kota Batu > setelah masuk kota Batu luruslah hingga bertemu dengan pertigaan satu arah. Di pertigaan ini Anda hanya diperbolehkan belok kiri karena satu arah > Ambil lajur kanan dan belok kiri pada pertigaan berikutnya (arah ke Jatim Park 1 dan Museum Angkut) > Sesampainya di perempatan Museum Angkut, beloklah ke kanan hingga Anda menemukan Coban Talun.

Rute Kendaraan Umum

Bagi yang menggunakan kendaraan umum, dari terminal Landungsari Malang naiklah bis mini atau angkot ke terminal Batu > Dari terminal Batu berganti kendaraan dengan naik angkot berwarna orange tujuan Selecta-Coban Talun dengan biaya sekitar Rp 4.000,-. Anda cukup katakan kepada kernet untuk turun di Coban Talun.


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Wana wisata Coban Talun dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 dan tutup pada jam 16.00 wib. Harga tiket masuk per orang adalah Rp.5000,-


Aktivitas Wisata
  • Menikmati indah dan sejuknya hembusan butiran air yang berterbangan akibat air yang jatuh bertabrakan dengan bebatuan di dasar air terjun.
  • Terdapat pula Area Perkemahan bagi para wisatawan yang memiliki hobi camping untuk menghabiskan waktu bersama teman dekat Anda di alam terbuka.
  • Air yang jernih pada musim kemarau dan arus sungai di dasar air terjun, memungkinkan Anda untuk mandi di sungai tersebut.

Fasilitas di Sekitar Coban Talun
  1. Hotel atau Penginapan
    Di sekitar objek wisata Coban Talun kita tidak bisa menemukan penginapan apalagi hotel karena memang tempatnya yang berada jauh dari keramaian. Jika berencana untuk menginap, maka sebaiknya carilah hotel di pusat wisata kota Batu. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “batu jawa timur”.
  2. Rumah Makan dan Toko Oleh-oleh.
    Di Coban Talun ini juga banyak terdapat warung makan yang berjejer rapi di pintu masuk bumi perkemahan, warung cinderamata dan oleh-oleh yang menjual tanaman hias, tanaman buah khas Batu seperti apel dan stroberi, serta sayuran.
  3. Area Parkir
    Lokasi parkir berada kurang lebih 2 km dari air terjun. Namun sayang belum dikelola dengan baik karena baru berupa lahan kosong yang masih ditumbuhi banyak ilalang tinggi sehingga menyulitkan kita untuk memarkir kendaraan. Adapun tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp.2000,- dan mobil Rp.4000,-
  4. Toilet Umum
    Di lokasi ini juga terdapat toilet umum dengan 3 kamar mandi yang disediakan oleh pemerintah daerah dengan air yang cukup memadai dan bersih.

Tips Berwisata ke Coban Talun
  1. Jika Anda berangkat melalui jalur Pacet, sebaiknya jangan berangkat pada malam hari karena di beberapa daerah sepanjang jalur ini belum terdapat penerangan jalan dan medannya pun berkelok-kelok.
  2. Gunakan alas kaki yang nyaman dan anti selip karena di beberapa titik jalan menuju ke lokasi air terjun cukup terjal dan licin.
  3. Datanglah pada musim kemarau karena selain bisa menikmati keindahan jernihnya air terjun, jika kita datang pada musim penghujan, dan ketika hujan turun kita diharuskan untuk meninggalkan lokasi untuk menghindari banjir dadakan.

Demikianlah informasi seputar Wana wisata Coban Talun di kota Batu. Semoga bermanfaat dan kunjungan Anda ke tempat ini berkesan dan menyenangkan. Jika Anda menyukai informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi tempat wisata bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

You may also like...

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari via email
avatar
wpDiscuz

 Dukung kami dengan Like atau Follow

  

Terima kasih