Pantai Kuta – Pantai di Bali yang Paling Banyak Bulenya

sejarah pantai kuta bali

(Foto: Astama) klik foto untuk memperbesar

hotel di dekat pantai kuta bali wisata pantai kuta bali harga tiket masuk pantai kuta bali
Deskripsi Pantai Kuta Bali

PANTAI KUTA BALI merupakan salah satu pantai di Bali yang banyak bule atau turis asingnya. Keindahan pasir putih dan ombaknya yang bersahabat untuk belajar berselancar menjadikan pantai ini primadona bagi para wisatawan manca negara yang memang kebanyakan menggemari olah raga surfing ini. Bagi Anda yang masih pemula dan ingin merasakan sensasi berselancar, Anda dapat menyewa papan selancar dan pemandunya yang sudah berpengalaman yang banyak membuka stand di bibir pantai. Selain itu, aksesnya yang dekat dengan bandara dan banyaknya hotel semakin memanjakan para wisawatan untuk berlama-lama berpesiar di pantai Kuta.

Di pantai Kuta ini juga sering diadakan upacara keagamaan yang dilakukan oleh penduduk setempat yang mayoritas penduduknya adalah umat Hindu. Mereka berkumpul dengan jumlah yang banyak sambil mengantarkan beberapa sesajian yang nantinya dibawah ketepi pantai kuta. Acara ritual keagamaan umat Hindu inilah yang membuat Bali tidak hanya menjadi pusat wisata alam yang indah tapi juga wisata budaya yang mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisartawan, khususnya wisatawan manca negara.

Selain pasir putih, gulungan ombak yang besar dan panjang, pantai Kuta ini juga terkenal dengan keindahan panorama matahari tenggelam atau sunsetnya, sehingga pantai Kuta juga terkenal dengan sebutan Sunset Beach atau pantai matahari tenggelam. Jadi jika Anda berkunjung ke sana dan cuaca sedang cerah, jangan lewatkan suasana indah nan romantis pada saat matahari tenggelam.


Sejarah Pantai Kuta Bali

Sebelum terkenal menjadi objek wisata pantai, dahulu pantai Kuta adalah pelabuhan dagang dan banyak pedagang dari luar Bali melakukan transaksi dagang di sini. Pada abad ke 19, seorang pedagang yang berasal dari Denmark bernama Mads Lange, mendirikan tempat perdagangan di pantai ini, karena kepandaiannya dalam bertransaksi dan negosiasi dagang, Mads Lange terkenal di kalangan raja-raja Bali dan Belanda.

Selanjutnya, Hugh Mahbett menerbitkan sebuah buku berjudul “Praise to Kuta” yang berisi ajakan kepada masyarakat setempat untuk menyiapkan fasilitas akomodasi wisata. Tujuannya untuk mengantisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Buku itu kemudian menginspirasi banyak orang untuk membangun fasilitas wisata seperti penginapan, restoran dan tempat hiburan.

Selain menjadi pelabuhan, dulunya pantai Kuta juga merupakan habitat dari Penyu Hijau yang hampir punah dan mejadi salah satu hewan yang dilindungi. Namun sekarang penangkaran Penyu Hijau telah dipindah ke pantai Tanjung Benoa, jika Anda ingin melihat Penyu Hijau Anda dapat berkunjung ke pulau Penyu di Tanjung Benoa.


Lokasi atau Jalan Menuju Pantai Kuta Bali

Pantai Kuta terletak di kecamatan Kuta, di sebelah selatan kota Denpasar Bali. Akses menuju pantai Kuta Bali sangatlah mudah. Letaknya yang berada persis di pinggir jalan raya, membuat kita bisa mencapainya dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Jika Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, sebaiknya menggunakan jasa taksi yang baru saja menurunkan penumpang dan mintalah menggunakan argo agar lebih murah karena memang jaraknya dekat dan hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 10-15 menit.


Harga Tiket Masuk Pantai Kuta Bali

Di pantai Kuta kita tidak dipungut biaya untuk masuk ke area pantai. Kita bisa masuk melalui gapura pintu utama yang tidak ada loket masuknya dengan bebas.


Fasilitas di Pantai Kuta Bali
  1. Penginapan atau Hotel.
    Bali adalah kota dengan koleksi tempat wisata menarik yang banyak. Jadi Anda dapat dengan mudah menemukah penginapan atau hotel di sekitar pantai Kuta dari harga yang murah hingga jutaan rupiah permalamnya. Jika Anda menginginkan fasilitas yang lux, maka Anda bisa menyewa kamar hotel yang berada di bibir pantai Kuta. Namun jika Anda ingin hotel yang murah, maka Anda dapat menemukan banyak hotel dan penginapan di gang masuk di sebelah timur jalan raya yang berada di pinggir pantai Kuta. Untuk melihat daftar hotel beserta harganya dari yang paling murah hingga yang harga jutaan, silahkan booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “kuta bali“.
  2. Rumah Makan.
    Di sepanjang jalan pantai Kuta, Anda tidak hanya bisa menemukan restoran dengan berbagai macam menu andalannya, namun juga cafe untuk nongkrong bersama teman atau pasangan Anda. Kebanyakan restoran menjajakan makanan sea food seperti udang, cumi, kepiting, ikan laut, dan hewan laut lainnya. Yang lebih menariknya lagi, kita bisa langsung memilih berbagai jenis sea food yang masih hidup yang dipajang di dalam akuarium yang biasanya dipajang di depan restoran.
  3. Tempat Parkir.
    Jika Anda membawa kendaraan pribadi, maka Anda bisa memarkir kendaraan Anda disekitar area pantai dengan tarif parkir untuk sepeda motor sebesar Rp.2000,- dan mobil Rp.5000,-.
  4. Toko Cinderamata.
    Salah satu aktivitas terakhir sebelum pulang dari pantai Kuta yang biasa dilakukan wisatawan adalah mencari cinderamata untuk dijadikan oleh-oleh. Di sebelah timur agak ke selatan pantai Kuta, kita bisa mendapati banyak stand bahkan sudah hampir bisa dikatakan pasar kecil khusus cinderamata yang menjual berbagai macam pakaian maupun aksesoris khas Bali.

Demikianlah sepintas gambaran tentang Objek Wisata Pantai Kuta Bali. Semoga kunjungan wisata Anda ke sana beserta orang terdekat berkesan dan menyenangkan. Jika Anda suka informasi ini, mohon share dengan memberikan liketwit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

You may also like...

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih