Tugu Jogja Malam Hari, Icon Jogja yang Keren untuk Selfie

jalan menuju tugu jogja

Source: Foursquare. Photo: M. Raihan M.

Deskripsi Tugu Jogja

Tugu Jogja merupakan icon kota Yogyakarta yang terletak persis di tengah-tengah perempatan Jalan Jendral Soedirman, Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro. Tugu yang didirikan oleh Sultan Hamengkubuwono I ini memiliki nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis yang menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi. Tugu ini sekarang merupakan salah satu objek wisata Jogja yang paling sering dikunjungi pada waktu malam hari terlebih jika sudah melewati pukul 24.00 karena lalu lintas sudah sepi sehingga bisa berfoto selfie tanpa perlu khawatir dengan kendaraan yang lalu lalang. Tugu Jogja juga dikenal dengan istilah “tugu pal putih”, karena warna cat yang digunakan sejak dulu adalah warna putih. Tugu pal ini berbentuk bulat panjang dengan bola kecil dan ujung yang runcing di bagian atasnya.

Jadi, rasanya belum lengkap jika perjalanan wisata Anda ke kota Gudeg belum Anda abadikan dengan back ground indahnya Tugu Jogja di malam hari.

Tempat Wisata Seputar Tugu Jogja:

  1. Jalan Malioboro
  2. Kraton Yogyakarta
  3. Benteng Vrederbug
  4. Pasar Beringharjo

Jalan Menuju Tugu Jogja
  • Jika Anda berangkat dari arah timur (Surabaya-Solo), maka berjalanlah lurus mengikuti jalan Solo ke arah barat melewati bawah jembatan Janti sampai Anda menemukan Tugu di tengah perempatan.
  • Dari arah barat (Jakarta-Purwokerto), maka setelah masuk gamping (pasar Gamping) Anda akan mendapati pertigaan lampu merah yang merupakan pintu masuk jalan ringroad Jogja. Berjalanlah lurus hingga bertemu perempatan lampu merah kedua (perempatan Gamping) barulah Anda berbelok ke kanan atau ke arah timur hingga Anda temukan tugu Jogja di tengah-tengah perempatan.
  • Dari arah utara (Semarang-Magelang), maka setelah masuk jalan lingkar utara (ringroad Jogja) berbeloklah ke arah timur hingga Anda melihat ada monumen Jogja kembali di sebelah sisi kiri jalan, lalu beloklah ke kanan atau ke selatan di perempatan lampu merah depan monumen, lurus hingga bertemu Tugu di tengah jalan.
  • Jika Anda naik kereta dari manapun itu, turunlah di stasiun Tugu lalu berjalanlah ke arah utara (kurang lebih 800 meter). Atau jika menggunakan bis, naiklah bis trans Jogja dan tanyakanlah pada petugas agar Anda diarahkan langsung untuk naik bis dengan kode tertentu.

Fasilitas Umum di Tugu Jogja
  1. Tempat Parkir.
    Bagi yang membawa kendaraan roda empat, terutama di siang hari, Anda akan kesulitan untuk menemukan area parkir kendaraan. Saya sendiri biasanya parkir di area parkir Bank Mandiri yang terletak di sebelah timur perempatan Tugu Jogja. Hal ini karena memang Tugu Jogja sebenarnya memang bukan untuk dijadikan tempat wisata sehingga tidak disediakan lahan parkir khusus. Namun jika Anda datang malam hari, maka Anda masih bisa parkir di pinggir jalan tanpa takut akan mengganggu arus lalu lintas yang pada siang hari memang padat sekali.
  2. Penginapan.
    Ada terdapat banyak hotel di sekitar Tugu Jogja. Namun hotel terdekat dengan tugu kebanyakan adalah hotel berbintang yang tarifnya paling murah berkisar 300 ribu-an hingga di atas 1 juta. Tapi setahu saya ada satu penginapan yang bernama Griya Nalendra Guest House yang berjarak kurang lebih 1 km dengan tarif hanya sekitar 200 ribuan. Anda bisa mencari booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “malioboro”.
  3. Warung Makan.
    Untuk urusan mengisi perut, saya rekomendasikan Anda untuk mencicipi sajian Gudeg bu Waginem yang terletak kurang lebih 100 meter dari tugu ke arah barat (jalan Diponegoro). Berbeda dengan gudeg lainnya, Gudeg bu Waginem ini juga ditambah dengan sayur daun singkong. Rasanya sudah pasti seger dan maknyus. Atau Anda juga bisa mencoba menikmati bebek Goreng H. Slamet di sebelah selatan perempatan Tugu

Demikianlah artikel singkat tentang Tugu Jogja Malam Hari, Icon Jogja yang Keren untuk Selfie. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon berikan like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

You may also like...

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih