Kebun Binatang Mangkang Taman Marga Satwa Semarang

harga tiket masuk kebun binatang mangkang

Source: Kebun Binatang Semarang. [klik foto untuk memperbesar]

Deskripsi

Kebun Binatang Mangkang atau Taman Marga Satwa Semarang merupakan salah satu objek wisata favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Semarang. Kebun binatang ini merupakan tempat konservasi satwa yang memadukan konsep edukasi dengan konsep rekreasi, sehingga para pengunjung yang datang ke Kebun Binatang Mangkang ini bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas mengenai kekayaan flora dan fauna nusantara.

Taman Marga Satwa Semarang hingga saat ini telah memiliki lebih dari 40 jenis satwa dan setiap periodenya akan selalu ditambah dengan jenis satwa lain untuk melengkapi koleksi kebun binatang. Masing-masing jenis satwa jumlahnya berkisar 2 ekor hingga 6 ekor, mereka ditempatkan di dalam suatu kandang yang mirip dengan habitatnya di alam bebas. Berikut adalah beberapa di antara koleksi satwa di kebun binatang Mangkang:

Kerbau Bule Babi Hutan Kancil
Sapi Bali Binturong Kukang
Kera Jawa Kera Beruk Siamang
Lutung Luwak Bulan Nilgae
Beruang Madu Kuda Rusa Timor

 Lokasi dan Rute Menuju Kebun Binatang Mangkang

Alamat atau lokasi kebun binatang Mangkang Semarang ini terletak di Jalan Walisongo KM 16, seberang Terminal Mangkang Semarang atau sekitar 16 km dari Simpang Lima Semarang menuju ke arah Pekalongan. Jadi kebun binatang Mangkang terletak di antara kota Semarang dan kendal.

Rute dan kondisi jalan menuju lokasi bonbin Mangkang mudah dilalui dan dijangkau dengan baik kendaraan roda dua maupun roda empat bahkan bis sekalipun karena memang lokasinya berada di jalur Pantura:

  • Dari Simpang Lima Semarang (16 km)
    Berkendaralah ke arah barat menuju ke arah kota Kendal atau Pekalongan. Anda juga akan melewati objek wisata Lawang Sewu. Setelah melewati SPBU 4450105 di sebelah kanan jalan, maka kurang lebih 1 km lagi, Anda akan mendapati gerbang masuk Kebun Binatang Mangkang di sebelah kiri jalan dengan gapura bertuliskan Taman Marga Satwa Semarang dengan patung harimau dan badak di kanan kiri gerbang.
  • Dari arah Pekalongan-Kendal.
    Jika Anda berangkat dari pusat kota Pekalongan, maka berkendaralah ke arah timur melalui jalan Pantura sekitar 2 jam melewati kota Kendal. Di sebelah kanan jalan di jalan Semarang-Kendal, Anda akan mendapati gerbang masuk utama Kebun Binatang Mangkang.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Mangkang
  1. Jam Buka
    Kebun binatang Mangkan dibuka setiap hari dari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.
  2. Harga Tiket Masuk
    Harga tiket masuk Taman Marga Satwa cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kebun binatang lain di Indonesia. Harga tiket untuk hari biasa Senin-Jumat adalah Rp.5.000,-/orang. Sedangkan untuk weekend (Sabtu dan Minggu) serta hari libur Nasional harga tiket masuknya adalah Rp.7.500,-/orang.

Aktivitas Wisata dan Wahana
Naik Gajah Rp.5000,-
Naik Becak Rp.5000,-
Naik Kuda Rp.10.000,-
Flying Fox Rp.10.000,-
Naik Perahu Rp.3000,-
Naik Kereta Mini Rp.3000,-
Tiket Water Boom Rp.10.000,-
Nonton Film Satwa Rp.3000,-

Fasilitas Umum
  1. Penginapan
    Hanya ada beberapa sedikit hotel atau penginapan di sekitar objek wisata Taman Safari Semarang. Itupun sejauh pantauan team wisatapedi.com yang paling dekat yang berada di jalur pantura hanyalah Kuta Indah Hotel yang terletak di tengah-tengah kota Kendal dan Kebun Binatang Mangkang.
  2. Area Parkir
    Pengelola Taman Margasatwa Semarang menyediakan area parkir yang cukup luas untuk menampung sepeda motor atau mobil dalam jumlah banyak. Namun sampai informasi ini ditulis, area parkir tersebut belum diaspal atau dikonblok dan masih berupa tanah saja. Sehingga jika hujan turun, akan membuat tanah becek dan dapat mengotori mobil Anda.
  3. Tempat Ibadah
    Terdapat satu musholla yang berada di dekat loket pembelian tiket masuk untuk beribadah shalat dzuhur atau shalat ashar.

Tips Berwisata di Bonbin Mangkang
  1. Jika berkunjung pada hari-hari padat seperti pada musim mudik lebaran sebaiknya datang pagi-pagi agar Anda tidak kesulitan mendapatkan tempat parkir kendaraan Anda. Karena jika datang agak siang, kemungkinan parkir sudah penuh, sehingga Anda harus parkir di tempat area parkir liar yang jauh dengan tarif lebih mahal.
  2. Bawalah pelindung kepala seperti topi agar Anda tidak kepanasan dan gosong di bawah terik matahari karena objek wisata kebun binatang adalah area terbuka.

Demikianlah informasi tentang Bonbin atau kebun binatang Mangkang Semarang. Semoga bermanfaat dan perjalanan Anda ke sana berkesan dan menyenangkan. Ayo bantu kembangkan pariwisata Indonesaia dengan share tempat wisata ini ke teman jejaring sosial Anda dengan klik tombol like, twit atau G+ >> beri sedikit komentar >> klik tombol add a comment. Terima kasih.

You may also like...

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih