Pantai Nglambor Gunung Kidul – Tempat Snorkeling di Jogja

harga tiket masuk pantai nglambor gunung kidul

Source: Foursquare. Photo: Immanuela D.

Deskripsi Pantai Nglambor

Pantai Nglambor yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul adalah tempat Snorkeling di Jogja yang paling terkenal jika dibandingkan dengan tempat lainnya. Berjarak kurang lebih 70 km dari pusat kota Jogja, pantai ini menawarkan panorama pantai yang indah. Terdapat dua batu karang besar yang menyerupai kura-kura persis di depan teluknya.

Air lautnya yang jernih menjadikan pengunjung bisa dengan leluasa melihat karang, rumput laut, ikan dengan berbagai warna berkejaran, dan aneka biota penghuni laut lainnya dari permukaan air. Para pengunjung pun bisa melakukan snorkeling dan berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar karena memang lokasinya pantainya yang berada di teluk. Wajar jika tidak hanya wisatawan lokal yang datang, melainkan turis luar negeri seperti dari Belanda, Perancis dan Singapura.


Jalan Menuju Pantai Nglambor

Kalau berangkat dari Jogja, maka kamu harus terlebih dahulu lewat jalan lingkar (ring road) timur sampai bertemu dengan perempatan jalan Wonosari. Kemudian berbeloklah ke arah timur mengikuti jalan Wonosari sampai alun-alun Wonosari yang terletak di sebelah kiri jalan. Mulailah berjalan pelan karena kamu harus berbelok ke kanan ke jalan Baron di pertigaan sebelum kantor Polres Gunung Kidul (jalan menuju terminal Wonosari). Ikutilah jalan tersebut sampai kamu mendapati ada kantor BRI di sebelah kiri jalan. Beberapa ratus meter berikutnya akan ada pertigaan, beloklah ke arah timur (kiri) lalu ikuti terus, sampai di sini kamu tinggal bertanya kepada penduduk sekitar dimana lokasi pantai Nglambor atau kecamatan Tepus desa Purwodadi.


Jam dan Harga Tiket Masuk

Pantai Nglambor buka 24 jam, tapi yang jelas sangat tidak rekomended malam-malam datang ke sana karena tidak ada penginapan. Harga tiket masuk adalah sebesar Rp. 5.000,- per orang sudah termasuk biaya parkir kendaraan bermotor yang akan ditarik retibrusi di pos masuk pantai Siung.


Aktivitas yang dapat dilakukan
  • Bermain pasir putih
  • Berenang
  • Snorkeling.
    Kamu bisa menyewa alat untuk snorkeling seharga Rp.50.000,- per setnya meliputi masker, snorkel dan sepatu karet plus tiga frame foto di bawah air ketika sedang snorkeling untuk kamu pamerkan kepada teman-teman kamu di jejaring sosial.

Fasilitas
  1. Hotel/Penginapan
    Jika kamu datang dari luar kota dan baru tiba di Wonosari Gunung Kidul sore atau malam hari, sebaiknya menginaplah di hotel yang terdapat di pusat kota Wonosari karena di sana tidak seperti pantai Indrayanti yang sudah dikelola dengan baik oleh pihak swasta sehingga kamu tidak akan mendapati penginapan di sana. Pagi setelah subuh barulah mulai berangkat menuju pantai Nglambor. Jadi sebaiknya cari hotel di kota Wonosari karena selain murah, kita juga bisa lebih leluasa mencari santap malam dengan harga yang lebih terjangkau. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “wonosari“.
  2. Tempat Ibadah
    Fasilitas tempat ibadah seperti musholla tidak akan kamu dapati di sana karena memang pantai ini masih sangat alami dan hanya ada rumah yang tinggal di bibir pantai tersebut. Jadi jika ingin menjalankan shalat, sebaiknya mampirlah di musholla yang bisa kamu dapati di sepanjang perjalanan menuju ke sana.
  3. Toilet
    Begitu juga dengan toilet atau wc umum, kamu hanya bisa menumpang di rumah warga satu-satunya yang tinggal di bibir pantai tersebut dengan memberi donasi seikhlasnya kepada pemilik rumah.
  4. Tempat Parkir
    Tempat parkir di pantai hanya diperuntukkan untuk sepeda motor karena memang akses jalan masuk ke pantai Nglambor dari jalan aspal belum memungkinkan untuk dilewati mobil. Jadi jika kamu datang ke sana membawa mobil, maka kamu harus memarkirnya di pinggir jalan menuju jalan masuk ke pantai. Setelah itu kamu harus naik ojek dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit.

Tips Berwisata ke Pantai Nglambor
  • Bawalah sandal karet (jepit) karena kamu akan melewati karang dan bebatuan yang tajam untuk mencapai bibir pantai. Jadi jika membawa mobil, sebaiknya langsung ganti sandal ketika akan menuju pantai dengan ojek.
  • Topi dan kacamata hitam juga perlu untuk melindungi kulit dari terkena teriknya panas sinar matahari terutama jika kamu membawa teman atau keluarga yang tidak akan melakukan snorkel atau berenang.
  • Bawalah pakaian ganti karena di sana beluma ada tempat penyewaan baju renang.
  • Berhati-hatilah ketika snorkeling, karena terkadang ombak datang dengan kencang sehingga jika tidak berhati-hati, kamu bisa tergores bebatuan karang.
  • Jika mau berangkat ke sana sebaiknya hubungi dulu mas Adit yang memiliki usaha penyewaan alat snorkeling di akun twitternya @pantainglambor untuk tanya kondisi dan booking alat snorkelnya.
  • Waktu yang paling tepat untuk snorkeling adalah pagi hari atau sore hari karena pada siang hari biasanya tidak jelas karena terkena bias sinar matahari.

Demikianlah informasi tentang pantai Nglambor Gunung Kidul yang biasa digunakan untuk tempat snorkeling di Jogja. Semoga bermanfaat. Jika kamu menyukai informasi ini, mohon berikan like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

You may also like...

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih