Taman Pelangi Jogja – Lampion dan Pelangi di Malam Hari

lokasi taman lampion monjali jogja

Source: Foursquare. Photo: Josef F

Deskripsi Taman Pelangi Monjali Jogja

Jogjakarta terkenal terkenal sebagai kota istimewa yang menyimpan banyak sekali tempat wisata yang murah dan menarik yang wajib kita kunjungi jika kita berada di Jogjakarta ini. Kebanyakan tempat wisata di Jogja buka di pagi hari dan tutup di malam hari, kecuali untuk Taman Pelangi atau yang terkenal juga dengan Taman Lampion Monument Jogja Kembali (Monjali). Tempat wisata malam di Jogja seperti alun-alun atau jalan Malioboro sudah sangat umum dikenal. Bagi yang ingin mencoba hiburan atau wisata malam yang tidak terlalu ramai dan punya nuansa yang romantis, maka Taman Pelangi atau Taman Lampion Monument Jogja Kembali (Monjali) adalah pilihan yang tepat. Kita bisa mendapatkan momen yang tak terlupakan bersama keluarga, pasangan ataupun teman-teman karena tempat ini memberi kesan hangat dengan adanya lampu-lampu lampion di tengah dinginnya angin malam sembari menikmati makanan atau sekedar minum minuman hangat.

Di Taman Pelangi ini terdapat berbagai macam karakter dan ukuran lampion. Berbagai macam bentuk lampion yang dipamerkan di Taman Pelangi Monjali ini, antara lain adalah berbagai macam bentuk bunga, binatang, replika keajaiban dunia seperti tembok besar China, Candi Borobudur, tokoh kartun seperti Mickey Mouse, Doraeman, serta lampion yang berbentuk hati dan juga bintang seperti ikan, naga, kelinci, dan tak juga replika icon kota Jogja yang sangat terkenal, yaitu tugu Jogja.


Sejarah Berdirinya Taman Lampion Monjali Jogja

Taman Pelangi atau Taman Lampion Jogja ini awalnya hanya dibuka hanya untuk even-even tertentu yang sifatnya sementara saja atau untuk acara tertentu yang tidak setiap hari buka dan sifatnya tidak permanen. Tetapi lama kelamaan tempat ini dibuat secara permanen dan diresmikan pada grand opening tanggal 17 Desember 2011.


Jalan Menuju Taman Pelangi atau Taman Lampion Monjali

Taman Pelangi Jogja merupakan tempat wisata malam yang terletak di Jalan Ring-Road Utara, dan berada di lokasi Monjali (Monumen Jogja Kembali) Yogyakarta. Akses untuk ke Taman Pelangi Jogja atau Taman Lampion Monjali ini sangat mudah bisa dijangkau memakai kendaraan pribadi maupun keadaan umum, karena Jalan ringroad utara yang beraspal halus dan letaknya juga stategis terletak dipinggiran kota jogja. Tetapi lebih baik jika kita memakai kendaraan pribadi karena jika kita pulang terlalu larut malam akan susah juga kita menemukan kendaraan umum. Jika kita memakai kendaraan umum kita bisa menggunakan bis transjogja, kita turun suttle pemberhentian Taman Pelangi Jogja atau Taman Lampion Monjali.


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Taman Lampion Monjali
  1. Jam Buka:
    • Hari Senin sampai dengan Kamis buka dari Pukul 17.00 sampai 22.00.
    • Hari Jum’at sampai dengan Minggu dari Pukul 17.00 s/d 23.00
    • Khusus untuk hari minggu biasanya taman pelangi atau taman lampion ini buka dari pagi hingga malam.
  2. HTM:
    • Hari senin sampai kamis : Rp. 10.000,-/per orang.
    • Hari Jumat sampai sabtu : Rp. 15.000,- /per orang.
    • Untuk hali libur atau tanggal merah : Rp. 15.000
      *harga tiket sewaktu waktu dapat berubah dan menurut pengalaman saya, balita bebas tiket masuk*

  Aktivitas Wisata yang dapat Dinikmati
  1. Berfoto selfie maupun dengan teman dan keluarga dengan background lampion dan lampu yang berwarna-warni dengan berbagai macam bentuk.
  2. Live music concert, dan dalam tiga sampai enam bulan sekali mendatangkan artis ibukota.
  3. Terdapat banyak wahana permainan yang bisa Anda mainkan seperti trampolin, bugee jumping, ATV, bom-bom car, bola air, perahu dayung, becak mini, otoped, rumah hantu, kererta mini dan lain sebagainya dengan harga yang sangat terjangkau, dari mulai Rp.10.000,- hingga Rp.20.000,-.

Fasilitas di Sekitar Taman Lampion Monjali.
  1. Penginapan atau Hotel.
    Jika Anda datang dari luar kota dan ingin mencari penginapan di sekitar Taman Lampion Monjali, Maka Anda dapat menginap di Indoluxe Hotel yang berada tepat di sebelah timur Taman Lampion Monjali. Atau jika ingin mencari harga yang ekonomis, Anda bisa mencarinya di sebelah selatan Monjali atau di jalan Magelang yang berada kurang lebih 1 km sebelah barat Monjali. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “monumen jogjakarta“.
  2. Area Parkir.
    Anda bisa memarkir kendaraan Anda baik motor maupun mobil di sekeliling jalan yang mengitari Monumen Jogja Kembali. Anda baru akan diminta ongkos parkir di pintu keluar yang berada di sebelah timur dengan tarif Rp.2000,- untuk sepeda motor dan Rp.5000,- untuk mobil.
  3. Warung Makan.
    Di dalam kawasan wisata malam Taman Lampion Monjali terdapat banyak lapak pedagang yang menjual berbagai makanan dan minuman terutama di bagian paling selatan di mana banyak terdapat berbagai macam permainan. Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner dari mulai bakso, sate, ayam goreng atau makanan ringan seperti jagung bakar dan lain sebagainya.
  4. Toilet.
    Ada banyak toilet umum yang bisa Anda temui di sana dan Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya karena sudah ada papan petunjuknya.

Demikianlah informasi seputar tempat nongkrong yang indah dan romantis di Taman Pelangi atau Taman Lampion Monumen Jogja Kembali (Monjali). Semoga kunjungan Anda di sana menyengkan dan mengesankan. Jika Anda suka informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini sehingga bisa menjadi referensi tempat hiburan bagi teman jejaring sosial Anda.

You may also like...

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih