Taman Laut 17 Pulau Riung Flores NTT, Asli Bagus Banget!

taman laut 17 pulau riung

Foto: wisatapedi.com [klik foto untuk memperbesar]

Deskripsi

Taman laut 17 Pulau Riung merupakan salah satu objek wisata andalan di pulau Flores NTT. Keindahan panorama pantai dengan gugusan pulau kecil-kecil dengan karakteristiknya masing-masing membuat riung tidak hanya menjadi tujuan wisata para wisatawan lokal tapi juga manca negara. Bahkan tempat ini pernah dijadikan sebagai salah satu transit para peserta Sail Komodo dengan peserta dari berbagai negara baik Australia maupun negara-negara Eropa.

Nama pulau-pulau yang ada di sini adalah: Pulau Ontoloe, Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lainjawa, Pulau Besar, Pulau Halima, Pulau Patta, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Bampa, Pulau Tiga, Pulau Tembaga, Pulau Taor, Pulau Sui dan Pulau Wire. Salah satu pulau tersebut, yaitu pulau Ontoloe merupakan habitat bagi ribuan kelelawar raksasa yang banyak bergelantungan di pepohonan dan jika dilihat dari kejauhan seperti buah yang menggantung di tangkainya.

Selain kelelawar raksasa, beberapa pulau lainnya merupakan habitat bagi binatang buas khas Flores yaitu Komodo. Menurut cerita masyarakat setempat, binatang ini juga hidup di hutan yang tidak jauh dari pemukiman warga yang akan Anda lewati ketika kita menuju ke kecamatan Riung. Konon ada seseorang nelayan yang terpaksa lari meninggalkan ikan tangkapannya yang akan dijual ke kota Bajawa karena dicegat oleh Komodo di tengah jalan.


Rute atau Lokasi 17 Pulau Riung

Lokasi taman laut 17 Pulau Riung berada di kecamatan Riung kabupaten Ngada atau sekitar 72 km ke arah utara pusat kota Bajawa. Rute yang paling sering digunakan oleh para wisatawan adalah dengan melalui kecamatan SOA dimana bandar udara kota Ngada terletak. Jadi jika ingin lebih dekat, maka dari manapun Anda, terbanglah ke Kupang, kemudian naik pesawat ATR (Trans Nusa/Wings) dari Kupang – Bajawa. Jalur menuju lokasi wisata ini secara umum sudah baik, hanya memang selain masih ada beberapa bagian jalan yang rusak, medannya juga berkelak-kelok dan naik turun. Perjalanan melalui rute ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan sepeda motor maupun kendaraan roda empat dalam waktu kurang lebih 2 jam dari pusat kota Bajawa. Anda juga bisa naik travel atau bis DAMRI jurusan Bajawa –  Riung.

Jika Anda menggunakan pesawat atau kapal laut (Surabaya-Ende) dan turun di kota Ende dimana danau Kelimutu berada, maka Anda bisa naik travel jurusan Mbay, lalu dilanjutkan dengan naik travel jurusan Riung. Lama waktu tempuh dari Ende berkisar 4 jam.


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Objek wisata taman laut 17 Pulau Riung ini tidak ada jam buka maupun tutupnya karena tidak ada portal atau loket masuk sehingga para wisatawan bisa masuk kapan saja dan tanpa perlu membayar karcis masuk ke lokasi wisata ini.


Aktivitas Wisata yang bisa Dinikmati

Kita dapat menikmati banyak aktivitas di lokasi wisata, beberapa di antaranya:

  1. Snorkeling merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus Anda coba. Ombak laut yang tenang dan juga keindahan bawah laut di sekitar 17 pulau ini tentu akan sangat sayang untuk dilewatkan. Beberapa nelayan pemilik perahu yang biasa menyewakannya untuk para wisatawan menyediakan perlengkapan untuk snorkeling yang sudah satu paket dengan harga sewa kapal. Ada juga beberapa penginapan seperti
  2. Menyaksikan kelelawar yang bergelantungan dan terbang di sekitar pepohonan yang tumbuh di pulau Ontoloe dari dekat. Di siang hari mereka banyak beristirahat karena sesuai kebiasaan, mereka baru terbang ke pulau dan hutan di sekitar pemukiman warga pada malam hari untuk mencari makan. Jadi jika Anda ingin melihat mereka terbang berhamburan, maka berteriaklah sekerasnya.
  3. Barbeque (ikan bakar) di tepi pantai perlu Anda agendakan, karena setelah Anda lelah berenang atau snorkeling pasti Anda akan lapar. Tentu akan sangat asyik makan siang dengan ikan bakar yang masih hangat sambil menikmati indah dan tenangnya suasana pantai pasir putih. Anda bisa memesannya kepada nelayan yang membawa Anda berkeliling untuk menyediakan ikan untuk dibakar di pantai nantinya.

Fasilitas Umum di Riung
  1. Penginapan.
    Tempatnya yang terpencil, membuat objek wisata taman laut 17 Pulau Riung ini belum begitu ramai dikunjungi. Satu sisi kita bisa lebih leluasa menikmati keindahan pantai dan pulau tanpa perlu diusik dengan riuhnya keramaian pengunjung lainnya, tapi sisi lain menjadikan fasilitas seperti penginapan atau Homestay belum terlalu banyak ditemukan. Beberapa penginapan yang sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Hotel Bintang Homestay, Nirvana Bungalow dan Pondok SVD.
  2. Rumah Makan.
    Meskipun belum banyak, tapi beberapa warung makan yang berjualan di sekitar kecamatan Riung menawarkan menu yang bervariatif. Sejauh pantauan saya, terdapat warung makan padang dan lamongan yang menawarkan menu mie ayam, soto ayam, bakso di dekat pasar serta warung penduduk lokal yang menawarkan ikan bakar atau goreng.

Tips Berwisata di Taman Laut 17 Pulau Riung
  1. Waktu yang paling bagus untuk berkunjung di Riung adalah pada saat musim kemarau atau sekitar bulan April sampai Oktober. Karena jika sudah hujan, maka Anda tidak akan bisa berenang atau bakar ikan di tepi pantai.
  2. Sangat direkomendasikan agar Anda menginap minimal 1 malam. Karena selain bisa menyaksikan sinar matahari pagi (sunrise) yang muncul di balik pulau-pulau kecil, Anda hanya bisa melihat dasar laut secara jelas pada pagi hari. Jika hari sudah menjelang siang, maka Anda tidak dapat melihatnya karena pantulan sinar matahari.
  3. Pastikan Anda membawa lotion anti nyamuk atau obat nyamuk elektrik karena beberapa penginapan terkadang banyak nyamuk berkeliaran terutama pada malam hari.
  4. Bawalah pakaian yang tipis dan dingin karena suasana di perkampungan terkadang bisa sangat panas mengingat daerah Riung merupakan pesisir pantai. Sedangkan pada siang hari Anda tidak bisa menyalakan kipas angin karena listrik hanya hidup pada sore hari hingga pagi hari. Itu pun terkadang pada malam hari bisa mati lampu beberapa kali.
  5. Dengan begitu, pastikan juga perangkat elektronik Anda seperti handphone, kamera dan power bank sudah terisi penuh agar tidak kesulitan atau ketinggalan moment langka karena kehabisan baterai.
  6. Di Riung hanya ada jaringan Telkomsel saja. Jadi pastikan Anda membawa simcard Telkomsel agar tetap bisa berkomunikasi atau berselancar di dunia maya (tentunya tidak secepat di kota Anda).

Demikianlah informasi singkat tentang objek wisata Taman Laut 17 Pulau Riung Flores. Semoga bermanfaat dan perjalanan Anda ke sana menyenangkan dan berkesan. Jika Anda suka informasi wisata ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat jadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda dan membantu mengembangkan dunia pariwisata Indonesia.

You may also like...

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih