Kawah Putih Ciwidey – Primadona Wisata di Bandung

penginapan dan hotel di kawah putih ciwidey bandung

Source: Foursquare. Photo: Noorazman

Deskripsi Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey adalah kawasan wisata yang popular didaratan sunda Bandung Jawa Barat. Wisata alam yang satu ini tidak mungkin dilewatkan bila para wisatawan berkunjung ke Bandung karena wisata alam ini tentunya tidak bisa ditemukan di daerah lain. Kawah putih ini semula berasal dari letusan Gunung Patuha yang membentuk danau. Tanahnya bercampur dengan  belerang menjadikan kawah ini berwarna putih, dan air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, tapi terkadang dapat berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl. Karena keistimewaan kawah ini, tidak heran kalau tempat wisata ini sangat terkenal dan banyak digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak pengunjung yang menggunakan wisata Kawah Putih ini sebagai tempat foto prewedding, syuting film FTV maupun video clip atau hanya sekedar rekreasi bersama kawan pasangan maupun sanak famili. Selain itu kawasan Kawah Putih Ciwidey ini juga sangat mudah dijangkau baik dengan kendaraan umum maupun pribadi. Fasilitas yang ada di Kawah Putih Ciwidey ini pun sudah terbilang lengkap.


Sejarah Kawah Putih Ciwidey

Pada abad ke 10 terjadi Letusan hebat oleh Gunung Patuha yang membentuk suatu danau yang berwarna putih. Dulunya Banyak binatang atau burung yang mati saat melewati  kawasan itu, jadi warga disekitar kawah ciwidey merasa takut dan tidak berani untuk mendekati kawasan kawah tersebut, karena menganggap bahwa kawah tersebut angker. Tetapi pada suatu ketika pada tahun 1837 seorang ahli yang bernama Dr. Franz Wilhelm memberanikan diri untuk mendekati kawah putih tersebut. Tidak disangka banyakya binatang atau burung yang mati disana tidak lain karena bau belerang yang sangat menyengat. Dan mulai sejak tahun 1987  itu, keberadaan Kawah Putih menjadi terkenal dan pada pemerintah mulai mengembangkan Kawah Putih sebagai tempat wisata.


Lokasi atau Rute Menuju Kawah Putih Ciwidey

Lokasi atau alamat Kawah Putih ini di Jalan Soerang Ciwidey atau jalan Kawah Putih Ciwidey Kabupaten Bandung, Jawa barat. Akses ke kawah ciwidey ini sangat mudah, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Papan petunjuk untuk ke kawah putih ciwidey juga ada di sepanjang jalan menuju ke Kawah jadi pengunjung tidak perlu kawatir untuk tersesat.

Kalau menggunakan kendaraan umum banyak terdapat Bus atau Mini Bus (L300) jurusan Bandung – Ciwidey, dan akan berhenti di terminal Ciwidey. Nantinya di terminal Ciwidey ada angkutan kota berwarna kuning jurusan Ciwidey – Situ Patengang. Kita bisa langsung turun di pintu gerbang Kawah Putih Ciwidey. Dari pintu Gerbang ke lokasi Kawah menggunakan angkutan yang disediakan pengelola Obyek Wisata yaitu mobil shuttle.


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Objek wisata Kawah Putih Ciwidey dibuka dari pukul 07.00 wib dan tutup pada pukul 17.00 wib. Adapun harga tiket masuk adalah sebagai berikut:

  • Wisatawan Lokal: Rp. 18.000,-/orang
  • Turis Mancanegara: Rp.50.000,-/orang
  • Untuk Kepentingan Prewedding: Rp.500.000,-

Fasilitas di Kawah Putih Ciwidey
  1. Penginapan dan Hotel di Kawah Putih Ciwidey.
    Jika Anda berniat menginap, ada beberapa hotel dan penginapan di sekitar Kawah Putih Ciwidey yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk bermalam. Hotel yang paling dekat dengan lokasi Kawah Putih Ciwidey adalah hotel Emte Highland yang terletak persis di depan gerbang masuk Kawah Putih Ciwidey. Namun jika sudah penuh ada juga hotel yang berjarak kurang lebih 2 km dari lokasi wisata, yaitu hotel Ciwidey Valley dan Albis Hotel Ciwidey. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “ciwidey“.
  2. Tempat Parkir.
    Area parkir pengunjung wisata Kawah Putih Ciwidey berada bawah pintu gerbang masuk. Tarif parkir untuk roda 2 adalah Rp.3000,-, untuk roda empat Rp.6000,- dan roda enam seperti bis dan sejenisnya Rp.25.000,-. Sedangkan area parkir di atas Rp.150.000,-/mobil diluar penumpang.
  3. Warung Makan.
    Ada banyak warung makan atau resto di sekitar objek wisata Kawah Putih Crater. Yang terkenal di antaranya adalah warung Sangu Liwet Bu Ika dan De Foret. Warung Sangu Liwet Bu Ika menawarkan rasa nasi liwet yang sudah diakui rasanya oleh khayalak ramai dengan lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe dan menu lainnya. Kita bahkan bisa membawa memesan nasi untuk dibawa pulang dengan ketelnya sekaligus. Sedangkan untuk De Foret, resto ini memiliki konsep tempat makan di saung-saung atau semacam pendopo.
  4. Toilet Umum.
    Di area wisata Kawah Putih Ciwidey sudah tersedia banyak toilet umum di beberapa titik yang disediakan bagi para pengunjung. Jadi Anda tidak perlu khawatir.
  5. Tempat Ibadah.
    Di sana juga disediakan mushola untuk menjalankan ibadah shalat Dzuhur atau Ashar. Hanya memang ukurannya sangat kecil sehingga terkadang harus mengantri karena tidak mampu menampung banyaknya wisatawan yang ingin shalat.

Tips Berwisata di Kawah Putih Ciwidey
  • Sebaiknya pengunjung membawa masker atau slayer untuk penutup hidung karena aroma dari belerang sangat menyengat dan dapat mengganggu pernafasan jika dihirup dalam waktu yang lama.

Demikianlah sepintas gambaran tentang objek wisata Kawah Putih Ciwidey yang terletak kota Bandung. Semoga kunjungan wisata Anda ke sana beserta orang terdekat berkesan dan menyenangkan. Jika Anda suka informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

You may also like...

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih