Pantai Ngobaran Jogja – Pura dan Candi Bernuansa Bali

pantai di jogja yang ada candinya

Source: Foursquare. Photo: Dewanti A

Deskripsi Pantai Ngobaran

Pantai ngobaran merupakan salah satu pantai yang indah dan mengagumkan di daratan kapur Gunung Kidul. Pesona daerah gunung kidul akhir akhir ini sedang “booming” di kalangan para traveler lokal maupun mancanegara. Pantai yang banyak orang bilang sebagai “Balinya Jawa/Bali Of Java” ini sangat berbeda dengan pantai pantai yang lainnya yang ada di gunung kidul karena dipantai ngobaran ini kita bisa menemui bangunan pura-pura dan patung-patung khas Hindu yang berbatasan langsung dengan pantai. Selain itu pantai ini juga berbatasan dengan tebing tebing yang kokoh menerjang kerasnya ombak.


Sejarah Pantai Ngobaran

Berkaitan dengan adanya pura dan patung-patung bernuansa Hindu yaitu adanya patung prabu Brawijaya V yang konon katanya di pantai ini ia membakar dirinya dalam pelariannya menghindari Raden Fatah yang tidak lain merupakan anaknya yang menginginkan Prabu Brawijaya V masuk ke dalam agama Islam. Prabu Brawijaya V merupakan keturunan terakhir kerajaan Majapahit yang menganut kepercayaan tertentu seperti kejawen, menjadikan pantai ini juga sering digunakan untuk melangsungkan upacara bagi agama dan kepercayaan tertentu pada saat-saat tertentu pula. Jadi kesan pertama saat kita datang di pantai ini pasti terasa agak mistis, namun keindahannya serasa seperti kita sedang berada di pulau dewata Bali. Di pantai ngobaran ini kita bisa menikmati indahnya pantai dari atas pura atau diatas tebing, kita juga bisa ingin turun langsung ke pantai dengan menuruni anak tangga yang telah disediakan.


Lokasi atau Jalan Menuju Pantai Ngobaran

Lokasi pantai ngobaran yaitu berada di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Berjarak sekitar 65 km dari kota jogja atau sekitar 1,5 jam bila ditempuh dengan kecepatan 80 km/jam dan atau bisa sampai 2 jam bila berkendara dengan kecepatan 60-70 km/jam. Rinciannya kalau kita tempuh dari Jogjakarta yaitu Jogyakarta – Lapangan Udara Gading – Pertigaan Gading kita ambil arah ke kanan (ke arah selatan) – Playen – Paliyan – Trowono -Saptosari – Pantai Ngobaran. Jalan menuju pantai ngobaran ini aksesnya mudah karena beraspal mulus hingga pantai.


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Pantai Ngobaran dibuka 24 jam, namun loket masukknya hanya dijaga hingga pukul 17.00. Harga Tiket sangat terjangkau, kita hanya cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp.3000,- untuk memasuki pantai Ngobaran ini, itu saja sudah satu paket termasuk tiket masuk ke pantai Ngrenehan karena dua pantai ini merupakan pantai yang jaraknya berdekatan. Sedangkan untuk biaya parkir hanya Rp.2000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp.3000,- sampai Rp. 5000,- untuk roda empat.


Fasilitas di Pantai Ngobaran

Fasilitas yang ada di pantai ngobaran ini belum lengkap dikarena didaerah ini belum tersentuh oleh jaringan listrik. Fasilitas seperti penginapan juga belum tersedia sehingga membuat para wisatawan hanya dapat mengunjungi pantai ngobaran ini pada waktu siang hari saja. Jadi jika Anda datang dari luar kota, sebaiknya menginap di Wonosari (ibu kota Gunung kidul). Harga termurah untuk kelas hotel bintang 3 yang pernah saya tahu adalah hotel Orchid Wonosari yang waktu itu hanya Rp.160.000,- sudah termasuk sarapan pagi untuk dua orang. Anda bisa mencari booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “wonosari“.

Di pantai ngobaran ini fasilitas yang sudah ada hanya meliputi: kamar mandi dan wc, tempat parkir, gazebo, tempat ibadah peribadatan seperti masjid walaupun letaknya berhadapan langsung dengan pura, serta terdapat warung warung kecil yang menyediakan makanan makanan khas pantai ngobaran seperti adanya landak goreng.


Tips Berwisata di Pantai Ngobaran

Kita bisa turun langsung ke pantai dari area pura dengan menggunakan anak tangga, akan tetapi apabila keadaan air laut sedang pasang kita sebaiknya tidak turun ke pantai karena bisa sangat membahayan, keadaan pantai yang berbatasan langsung dengan tebing yang tinggi dan curam membuat kita harus sangat berhati hati jika ingin bermain di pantainya.


Demikianlah penjelasan singkat tentang Pantai Ngobaran Jogja yang terkenal sebagai Bali of Javanya Gunungkidul. Semoga bermanfaat. Jika Ana suka informasi ini, mohon berikan like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

You may also like...

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih