Kebun Binatang Gembira Loka Jogja – Bukan Sekedar Bonbin

alamat kebun binatang gembira loka

Source: Foursquare. Photo: Nur A.

Deskripsi Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira loka yang berada di area seluas 20 hektar ini memiliki lebih dari 100 spesies satwa diantaranya 61 spesies flora. Selain kandang untuk koleksi satwa, terdapat juga wahana permainan dan juga taman untuk bersantai. Awalnya Gembira Loka adalah tempat untuk memelihara satwa peliharaan kerajaan keraton Yogyakarta, namun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX kemudian dijadikan Kebun Binatang publik yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum.

Kebun binatang Gembira Loka pada awalnya sempat tidak terurus, baik dari segi perawatan satwanya maupun infrastrukturnya sehingga kurang diminati wisatawan. Namun sejak dibenahi pada tahun 2010 dengan memperbaiki kandang dan penertiban pedagang kaki lima, kini pengunjung kebun binatang Gembira Loka mengalami peningkatan. Bahkan menurut data Dinas Pariwisata DI Yogyakarta, pengunjung kebun binatang Gembira Loka menempati urutan ketiga setelah Malioboro dan Keraton Yogyakarta.


Rute Jalan Menunju Gembira Loka

Jalan menuju kebun binatang Gembira Loka bisa diakses dengan semua moda transportasi darat. Alamat kebun binatang Gembira Loka adalah di Jalan Kebun Raya No. 2 Kota Gede, Yogyakarta. Anda bisa menggunakan bis TransJogja dari terminal Giwangan dengan memakan waktu hanya sekitar 20 menit. Jika menggunakan kendaraan pribadi, akan lebih mudah jika Anda melalui jalan ring road timur lalu berbelok ke arah barat (jika dari arah utara: lampu merah kedua dari jembatan layang Janti) memasuki jalan Wonocatur hingga Anda melihat ada jembatan, nah di sebelah situlah kebun binatang Gembira Loka.

Jika Anda dari jalan Malioboro, berbeloklah ke arah timur dari perempatan Malioboro depan kantor pos Indonesia dan berjalanlah lurus sejauh kurang lebih 6 km. Jika sudah menemukan jembatan penyebrangan maka Anda akan mendapatkan papan Gembira Loka di sebelah selatan jalan.


Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Kebun binatang Gembira Loka dibuka untuk umum setiap harinya dari mulai pukul 08.00-17.00 wib. Harga tiket masuk (HTM) pada hari Senin-Jumat adalah Rp.20.000,-. Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, dan libur sekolah Rp.25.000,-.

Diskon Rombongan:

  • TK/PAUD atau yang sederajat Diskon 25%
  • SD s.d SMA atau yang sederajat Diskon 15%
  • Umum/Mahasiswa Diskon 10%
  • SLB/Panti Asuhan 50%.

Syarat untuk mendapatkan diskon HTM adalah minimal peserta 25 orang dan ada surat pengantar dari instansi terkait saat kunjungan.


Aktivitas Wisata yang bisa Dinikmati:
  1. Melihat Koleksi Satwa.
    Banyak satwa yang bisa dilihat di kebun binatang Gembira Loka, sehingga Anda bisa secara langsung mengenalkan kepada anak-anak Anda untuk mempelajari dan menghafalkan nama-nama binatang dengan melihat secara langsung.
  2. Atraksi Binatang Terampil.
    Gelar Satwa Terampil merupakan pertunjukan Satwa yang ada di Gembira Loka Zoo, satwa yang ditampilkan pada pertunjukan seperti burung Kakak Tua Jambul Kuning, Linsang, Beruang Madu, Burung Kangkareng serta Orang Utan. Bagi Pengunjung yang ingin Menyaksikan Gelar Satwa Terampil ini sudah tidak dipungut biaya lagi alias Gratis. Berikut pertunjukannya:

    • Minggu/Libur: 10.00,11.00, 12.00, 13.00, 14.00, 15.00;
    • Sabtu: 11.00, 12.00, 13,00, 14.00;
    • Senin-Jumat: 11.00, dan 13.00.
  3. Bermain Wahana Air.
    Selain melihat koleksi satwa, Anda juga bisa mengajak pasangan atau keluarga Anda untuk menikmati sensasi serunya permainan wahana air seperti bermain perahu kayuh, sekuter air, perahu banana orca, perahu kataraman dan wahana air lainnya.
  4. Naik Kendaraan dan Binatang Wisata.
    Di kebun binatang Gembira Loka ini, pengunjung juga dapat bermain menaiki kendaraan wisata seperti kereta mini berkeliling kebun binatang, ATV dan juga naik binatang tumpangan lain seperti Gajah dan Unta.
  5. Terapi Ikan Garra Rufa.
    Pengunjung dapat menikmati terapi kaki dengan mencelupkan kaki mereka ke kolam dangkal penuh dengan ratusan ikan kecil Garra Rufa, kemudian membiarkan sang ikan bekerja menggigiti lapisan kulit mati Anda tanpa rasa sakit dan malah terasa geli.
  6. Kolam Tangkap Ikan untuk Anak-anak.
    Wahana Kolam Tangkap ini dikhususkan untuk anak-anak sampai dengan usia 10 tahun. Kedalamannya hanya 30 cm  yang berisi ikan-ikan kecil untuk ditangkap anak-anak, dan ikan hasil tangkapan anak-anak tersebut boleh di bawa pulang untuk dipelihara, sedangkan untuk yang tidak berhasil menangkap ikan, petugas sudah menyediakan bungkusan ikan-ikan untuk dibawa pulang. Tarif bermain di wahana Kolam Tangkap ini Rp.10.000/anak.
  7. Dan masih banyak yang lainnya.

Fasilitas Kebun Binatang Gembira Loka
  1. Toilet Umum
  2. Mushola yang bersih
  3. Free Wifi Zone
  4. Tempat Parkir
    Terdapat tempat parkir di gerbang masuk timur Gembiraloka. Pada hari-hari ramai pengunjung, bisa penuh. Alternativenya Anda bisa parkir di luar. Namun Anda harus hati-hati jika parkir di luar area parkir Gembira Loka karena harga parkir di Gembira Loka Zoo ini cukup fluktuatif, pada hari libur terlebih jika Anda menggunakan kendaraan pribadi berplat luar Jogja. Pengalaman saya dulu pernah diminta Rp.15.000,- untuk ongkos parkir mobil di luar area parkir.
  5. Hotel/Penginapan
    Ada banyak hotel di sekitar tempat wisata kebun binatang gembira loka karena memang tempatnya masih di dalam kota. Tetapi harganya pun cukup lumayan. Hasil pencarian yang saya lakukan, hotel termurah di sekitar Gembira Loka adalah Rp.250.000,-/malam. Anda bisa mencari booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “kota gede“.
  6. Warung Makan
    Untuk urusan makanan, Anda tidak perlu repot-repot membawa bekal makanan dari rumah karena khawatir harga makanan di Gembira Loka mahal. Harga makanan yang dijual di warung-warung makan food corner Gembiraloka cukup bersahabat. Sebagai patokan, harga satu porsi bakso Rp.8.000,- dan es teh Rp.3.000,-

Tips Berwisata ke BonBin Gembira Loka
  1. Jagalah anak-anak Anda selama di area kebun binatang GembiraLoka untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Berangkatlah pagi hari agar Anda dan keluarga dapat menikmati fasilitas yang ada di kebun binatang Gembira Loka dengan lebih leluasa.
  3. Bawalah topi sebagai pelindung dari sengatan matahari karena untuk beberapa aktivitas akan sulit untuk menghindari panas matahari di siang hari.
  4. Jika Anda berencana mengajak anak-anak untuk bermain di kolam tangkap ikan, sebaiknya membawa pakaian ganti dan handuk untuk berbilas.

Demikianlah informasi tentang rute, alamat, peta, jam buka, harga tiket masuk, serta fasilitas di Kebun Binatang Gembira Loka Yoyakarta. Semoga bermanfaat. Jika Anda suka informasi ini, mohon berikan like, twit atau share pengalaman di kolom komentar Anda di bawah ini, jika perlu sertakan foto Anda di sana. Terima kasih.

You may also like...

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih