Kebun Raya Bogor – Rute, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

jam buka kebun raya bogor

Deskripsi Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun botani (tumbuh-tumbuhan) besar yang terletak di Kota Bogor Jawa Barat. Luasnya mencapai 87 hektar dan memiliki sekitar 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Areanya yang luas cukup membuat para pengunjung merasa lelah. Jika sudah lelah, Anda dapat beristirahat di kursi yang sudah disediakan oleh pihak pengelola sambil menikmati bekal minuman atau makanan yang Anda bawa dari rumah dan menikmati indahnya kolam yang dihiasi bunga teratai atau air mancur yang indah.


Sejarah Kebun Raya Bogor.

Menurut prasasti Batutulis, Kebun Raya Bogor pada mulanya merupakan hutan buatan yang telah ada pada masa kerajaan Sunda dengan raja Prabu Siliwangi (1474-1513 M). Pada awal 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, yang mendiami Istana Bogor dan memiliki minat besar dalam botani, tertarik mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik. Dengan bantuan para ahli botani Belanda, Raffles merubah halaman Istana Bogor menjadi taman bergaya Inggris klasik. Inilah awal mula Kebun Raya Bogor dalam bentuknya sekarang.


Alamat dan Rute ke Kebun Raya Bogor.

Alamat Kebun Raya Bogor adalah di Jalan Ir. Juanda nomor. 13 kota Bogor Jawa Barat. Rute menuju Kebun Raya Bogor pun cukup mudah. Di samping akses jalannya yang baik, letaknya di yang tidak jauh dari pusat kota, membuat Kebun Raya Bogor mudah dijangkau baik dengan kendaran pribadi maupun kendaran umum. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, berikut rutenya:

  • Dari Stasiun Bogor.
    Dari Stasiun Bogor menuju Kebun Raya Bogor dapat ditempuh dua cara, yaitu naik angkot nomor 03 jurusan Bubulak – Baranangsiang dan langsung turun di Kebun Raya. Dan jalur yang kedua adalah dengan naik angkot nomor 02 menuju Pintu 2 Kebun Raya Bogor yang biasanya dibuka pada hari libur.
  • Dari Terminal Baranangsiang.
    Dari terminal Baranangsiang naiklah angkot nomor 03 berwarna hijau jurusan Barangsiang – Bubulak dan langsung turun di Kebun Raya.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor.
  1. Jam Buka Kebun Raya Bogor
    • Kebun Raya: 07.30-17.30 WIB
    • Kantor: 07.00-15.30 WIB
    • Layanan Informasi: 08.00-16.00 WIB
    • Herbarium: 08.00-15.00 WIB
    • Rumah Kaca Anggrek: 08.00-15.30 WIB
    • Toko tanaman dan Cinderamata: 08.00-15.30 WIB
    • Cafe Dedaunan: 08.00-21.00 WIB
    • Museum Zoologi: 08.00-16.00 WIB
  2. Harga Tiket Kebun Raya Bogor
    • Wisatawan Lokal: Rp. 14.000,- / orang.
    • Wisatawan Asing Rp. 25.000,- / orang.

Fasilitas di Sekitar Kebun Raya Bogor.
  1. Hotel dan Penginapan.
    Di kawasan Kebun Raya Bogor terdapat rumah inap yang merupakan bekas rumah direktur kebun raya pada masa kolonial yang dapat disewa oleh pengunjung dengan tarif Rp. 40.000,- per malam. Tarif ini sudah termasuk  fasilitas sarapan pagi. Anda juga bisa menginap di hotel yang lebih baik yang tidak jauh dari area wisata ini seperti Amaris Bogor, Sahira Butik, Salak the Heritage, Royal hotel dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “bogor”.
  2. Rumah Makan.
    Di dalam tidak ada tempat makan lain kecuali Grand Garden Cafe (dahulu bernama Kafe Dedaunan). Yang ada hanya model penjual snack dan nasi kuning atau nasi uduk model koperasi yang sudah dipak-pak plastik.
  3. Toilet Umum.
    Anda bisa menemukan toilet umum di beberapa titik. Hanya sayangnya untuk menggunakan semua toilet tersebut, Anda harus membayar biaya kebersihan.
  4. Toko Cinderamata.
    Terdapat toko cinderamata yang menjual berbagai jenis tanaman hias baik yang biasa maupun bonsai yang bisa Anda jadikan kenang-kenangan dan menambah koleksi tanaman hias di rumah Anda.

Tips Berwisata di Kebun Raya Bogor.
  • Jika Anda membawa bayi atau balita, sebaiknya bawalah stroller agar tidak capek menggendong buah hati Anda berkeliling kebun Raya Bogor. Anda tidak perlu khawatir dengan jalanan di sana karena sebagian besar mudah untuk dilalui oleh stroller.
  • Bawalah penutup kepala seperti topi atau selendang karena walaupun udaranya terasa sejuk, namun terik matahari di pada siang hari cukup menyengat kulit Anda.
  • Sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman karena rutenya cukup panjang dan beberapa di antaranya berbatu. Bagi Anda para wanita sebaiknya gunakan sneaker.

Demikianlah informasi singkat tentang Kebun Raya Bogor Jawa Barat. Semoga perjalanan wisata Anda ke sana dengan orang tercinta berkesan dan selamat. Jika Anda menyukai informasi ini, mohon berikan like, twit atau komentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

You may also like...

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih