JATIM PARK 2 Malang: Harga Tiket, Jam buka, Wahana, Hotel

wahana jatim park 2

Source: Foursquare. Photo by: Rudy M

Deskripsi Jatim Park 2

Jatim Park 2 merupakan salah satu tempat rekreasi dan taman belajar yang sangat terkenal, bahkan sudah menjadi icon pariwisata di provinsi Jawa Timur. Sehingga wajar jika selalu ramai tidak hanya pada weekend bahkan pada weekday (hari-hari biasa) tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari penjuru Indonesia, bahkan ada yang menggunakan bis.

Sedikit berbeda dengan konsep yang diusung Jatim park 1 yang lebih ditujukan sebagai taman bermain dan hiburan, Jatim park 2 lebih mengedepankan kombinasi sebagai tempat belajar dan tempat bermain. Jatim park 2 mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi dan pembelajaran satwa yang disajikan dengan latar belakang sesuai habitatnya. Keunikan bangunan yang terdapat di area wisata ini juga sering dijadikan untuk foto prewedding bagi para calon pengantin.

Area wisata Jatim Park 2 dibagi menjadi 3 area utama, yaitu Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park. Untuk Secret Zoo dan Eco Green Park sama-sama memiliki koleksi binatang dan wahana permainan. Tapi tentu baik koleksi binatang dan permainannya berbeda. Dengan banyaknya permainan dan koleksi binatang serta lahan area wisata yang cukup luas, tidak jarang pengunjung membeli tiket paket 2 hari kunjungan di Jatim Park 2 ini karena selain bisa menikmati semua wahana yang ada sepuasnya tanpa tergesa-gesa, pengunjung juga akan lebih menghemat pengeluaran.


Alamat atau Lokasi Jatim Park 2

Lokasi Jatim Park 2 berada di jalan Jl. Oro-oro Ombo No 9 Kota Wisata Batu – Jawa Timur Indonesia 65314 atau berjarak sekitar 750 meter dari Jatim Park 1 (lebih jelasnya sihalkan lihat peta wisata kota batu di sidebar). Yang perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya kota Batu sekarang sudah menjadi kabupaten sendiri, tapi masyarakat umum masih menganggapnya masuk di wilayah Kota Malang. Jadi jika Anda menggunakan GPS, maka kata kuncinya adalah Batu Jawa Timur dan bukan Batu Malang. Mengenai judul artikel ini menggunakan kata Malang, tujuannya agar lebih mudah dicari oleh netizen.

Jalan menuju ke tempat rekreasi ini pun terbilang sangat mudah dan bisa dijangkau dengan menggunakan angkutan umum mupun kendaraan pribadi. Rutenya pun tidak sulit, yaitu dari alun-alun kota Malang, Anda masuk jalan Kawi lalu ikuti terus jalan tersebut sehingga Anda sampai di pusat wisata kota Batu Malang.


Jam Buka dan Harga Tiket Jatim Park 2
  1. Jam Buka
    Jatim Park 2 dibuka setiap hari pada jam 10.00 sampai dengan pukul 18.00. Khusus untuk Eco Green Park sudah ditutup pada pukul 16.00 wib. Jadi jika Anda juga berencana berkunjung ke Jatim Park 2 (Museum Satwa dan Secret Zoo) dan Eco Green Park, sebaiknya Anda berkunjung ke Eco Green Park terlebih dahulu.
  2. Harga Tiket
    Weekday
    – Rp.75.000,- (untuk 2 objek wisata yaitu Museum Satwa dan Secret Zoo)
    – Rp.95.000,- (untuk 3 objek wisata yaitu Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park atau Museum Bagong)
    Weekend
    – Rp.105.000,- (2 objek wisata yaitu Museum Satwa dan Secret Zoo)
    – Rp.125.000,- (3 objek wisata yaitu Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park atau Museum Bagong)
    Harga tiket di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Anak-anak dengan tinggi badan lebih dari 85 cm harus membayar tiket penuh. Anda juga bisa memesan atau sekedar bertanya harga tiket promo di hotline (0341) 597777.

Aktivitas Wisata atau Wahana Jatim Park 2
  1. Museum Satwa
    Di Museum satwa kita bisa melihat berbagai macam bentuk binatang yang telah di awetkan, termasuk replika rangka tulang dinosaurus yang besar seperti yang kita lihat di film Jurassic Park.
  2. Secret Zoo
    Kita bisa melihat berbagai macam koleksi satwa baik dari dalam maupun luar negeri seperti dari Australia bahkan sampai Madagaskar. Ketika berkunjung ke sana, saya banyak melihat hewan-hewan yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Di samping itu, di area ini juga tersedia berbagai macam permainan yang atraktif dan edukatif. Beberapa di antara wahana permainan yang terdapat di area Secret Zoo adalah:

    Naik gajah Mayapada Show Singa Laut Show
    Animal Coaster Horror House Spongebob Water Shoot
    Animal Bumper Car New Safari Farm Octopus
    Batu Advanture (ATV) Tiger Land Gorilla
    Animal Show Kolam Renang Anak Rodeo
    Safari Car Brigade Mobil Pemadam Istana Semut
    Mancing Harimau Kereta Kuda Fun House
    Naik Unta Beach Boath Pasar Africa
    Savanah Reptile Garden Soccer Land
    Cheetah Jelajah 5 Benua Junior Farm
    Shark Coaster Tsunami
  3. Fantasy Land.
    Di tempat ini, Anda bisa mengajak buah hati anda bermain permainan yang Ada sepuasnya, dan satu hal lagi yang pasti akan membuat Anda senang adalah semua wahana permainan di tempat ini disediakan secara GRATIS. Namun untuk beberapa permainan yang ekstrim seperti Tsunami, hanya dibatasi untuk pengunjung dengan tinggi badan minimal 85 cm.
  4. Reptil Garden
    Di samping pintu masuk terdapat Reptil Garden yang memiliki koleksi sekitar 5000 jenis serangga yang berasal dari berbagai negara seperti, Peru, Papua Nugini, Kolumbia, Malaysia, Madagaskar dan tentu saja serangga yang berasal dari hutan di Indonesia.
  5. Eco Green Park
    Selain beberapa tempat di atas, Anda juga bisa mengunjungi area Eco Green Park yang mengusung konsep Green Earth. Di tempat ini kita bisa belajar berbagai macam ilmu pengetahuan alam, seperti biologi dan fisika yang dikemas dengan cara yang apik dan mudah dipahami. Ada berbagai macam koleksi serangga dan hewan untuk dilihat. Tiket masukknya bisa Anda beli langsung di pintu masuk Eco Green Park atau beli di loket Jatim Park 2 yang berupa tiket paket wisata Jatim Park 1 + Eco Green Park.

Fasilitas di Jatim Park II
  1. Hotel
    Ada banyak hotel, baik di dalam maupun di luar area wisata. Jika Anda ingin merasakan nuansa menginap  yang berbeda dan unik, maka pihak pengelola menyediakan Pohon Inn Hotel, yaitu hotel dengan bentuk bangunannya yang dibentuk menyerupai pohon yang berada tepat di sebelah loket penjualan tiket. Tapi hotel ini sangat laris, jadi jika sudah penuh dan ingin mencari hotel lain di luar area wisata, maka Anda bisa mencarinya dengan booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “batu malang”.
  2. Rumah Makan
    Ada banyak penjual makanan cepat saji di beberapa titik area baik di luar seperti di food court castle ataupun di depan loket penjualan tiket, maupun di dalam area Secret Zoo dan Eco Green Park. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk masalah makan. Bahkan di dekat Masjid depan pintu masuk Eco Green Park juga ada KFC berlantai dua yang bisa Anda jadikan referensi untuk makan bersama keluarga.
  3. Area Parkir
    Ada dua area parkir yang luas yang dapat menampung banyak kendaraan baik sepeda motor, mobil, bahkan juga bis. Area pertama terdapat di depan Museum Satwa dan Pohon Inn hotel dan area kedua terdapat di depan pintu masuk Eco Green Park. Tiket Parkir untuk mobil dan Elf adalah sebesar Rp.5000,- dan sepeda motor Rp.2000,-.
  4. Toilet dan WC Umum
    Sebagai tempat wisata bertaraf internasional, tentu Anda tidak hanya akan mudah mendapatkan toilet umum di berbagai banyak titik, tapi juga kebersihannya yang sangat terjaga.
  5. Tempat Ibadah
    Terdapat sebuah masjid di lahan parkir seberang sungai di depan pintu masuk Eco Green Park yang bisa dijadikan untuk beribadah shalat dzuhur, ashar dan magrib bagi para pengunjung yang beragama Islam. Jadi menurut saya, sebaiknya Anda parkir di area ini agar lebih mudah mengambil perlengkapan sholat dari mobil.

Tips Berwisata di Jatim Park II
  1. Usahakan datang lebih pagi agar bisa menjangkau semua lokasi dan menikmati wahana permainan yang tersedia.
  2. Pembelian tiket hanya dilayani dengan menggunakan uang cash untuk menghindari antrian panjang, jadi sebaiknya Anda membawa uang yang cukup atau bisa juga mengambil di ATM yang terdapat di depan loket atau di pintu keluar Secret Zoo di sebelah kanan Pohon hotel Inn.
  3. Jika Anda ingin mengunjungi Eco Green Park dan membawa anak-anak, sebaiknya menyewa motor mini untuk berkeliling karena areanya sangat luas sekali. Harga sewa per 3 jamnya sekitar Rp.100.000,-. Anda juga bisa memesannya dengan melalui sms di tengah perjalanan Anda dan motor mini tersebut akan di antar oleh petugas.
  4. Pakailah alas kaki yang nyaman. Bagi kaum hawa, sebaiknya hindari menggunakan sepatu high heel karena jarak tempuh di areha wisata lumayan panjang.
  5. Jangan lupa membawa pakaian hangat seperti jaket atau jumper karena di kota wisata Batu, suhu udaranya cukup dingin. Tapi jika sedang ramai pengunjung terutama pada weekend, udara bisa jadi sangat panas.
  6. Sebelum membeli tiket pastikan Anda tanya apakah ada tiket promo atau diskon seperti jika membeli tiket dengan kartu kredit tertentu atau jika menunjukkan boarding pass tiket pesawat tertentu agar lebih menghemat pengeluaran Anda.
  7. Jika masih ada waktu dan Anda hanya berlibur selama 1 hari, Anda bisa melanjutkan perjalanan wisata Anda ke tempat rekreasi terdekat yang masih buka hingga malam seperti Museum Angkut (tutup jam 20.00 wib) atau yang paling dekat yaitu Batu Night Spectacular (tutup jam 23.00 wib).

Demikianlah informasi singkat tentang objek wisata Jatim Park 2 Batu Jawa Timur. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai informasi ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi wisata bagi teman jejaring sosial Anda. Terima kasih.

You may also like...

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

  

Terima kasih