Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang

pagoda semarang

source: foursquare. klik foto untuk memperbesar.

Deskripsi Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang ini memiliki tinggi 45 meter yang terdiri dari 7 tingkat seperti Pagoda pada umumnya. Tiap tingkat memiliki empat buah patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru. Bahan bangunan dari mulai genteng, aksesori, relief tangga dari batu, kolam, lampu dan air mancur naga, sampai patung burung Hong dan Kilin seluruhnya diimpor dari China.

Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong yang mempunyai luas 2,25 hektar ini terdiri dari 5 bangunan utama dengan 2 bangunan utama, yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala yang dibangun pada tahun 1955. Selain itu, dalam kompleks Vihara Buddhagaya Watugong terdapat pula Monumen Watugong, patung Dewi Kwan Im, patung Buddha di bawah pohon Bodhi yang terletak di pelataran vihara, patung Buddha tidur berwarna coklat dengan pakaian dan tubuh berwarna emas di sebelah kiri pagoda, serta kolam teratai di sekitar pagoda. Pohon Bodhi (Ficus Religiosa) yang ada di pelataran Vihara Buddhagaya ini ditanam oleh Bhante Naradha Mahathera pada tahun 1955.

Menurut sejarah, vihara Buddhagaya Watugong didirikan pada tahun 1957, dan merupakan vihara pertama di Indonesia setelah keruntuhan kerajaan Majapahit. Saat itu berupa vihara kecil, dan sempat terlantar selama beberapa tahun. Hingga akhirnya Sangha Theravada Indonesia memprakarsai renovasi vihara Watugong menjadi sebuah vihara yang besar, indah, megah. Pada tahun 2006 vihara ini diresmikan kembali.

Keunikan bentuk bangunan dan warna yang mencolok yang dimiliki Padoga ini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung dari berbagai daerah, baik dalam maupun luar kota. Jadi jika Anda berencana untuk datang berkunjung ke kota Semarang, tentu akan sayang jika Anda melewatkan tempat yang satu ini.

Rute dan Alamat Pagoda Semarang

Lokasi Pagoda Avalokitesvara terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Watugong, Semarang atau tepat di depan Markas Kodam IV Diponegoro. Pagoda ini dapat dicapai dengan mudah baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti Trans Semarang dengan tarif Rp.3.500,- (jauh dekat).

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Budhagaya ini dibuka mulai pukul 07.00 hingga 21.00 wib. Sedangkan untuk tiket masuknya, pengurus Vihara tidak mematok tarif retribusinya secara pasti, Anda hanya akan diminta untuk membayar tiket parkir kendaraan seiklasnya saja.

Kegiatan Wisata yang Bisa dilakukan
  • Aktivitas wisata pertama yang bisa dilakukan tentu adalah berfoto dengan latar belakang Pagoda dan patung atau bangunan lain yang berada di komplek Vihara Budhagaya.
  • Umat Budha biasa melakukan ritual Tjiam Shi (ritual untuk mengetahui nasib manusia) di dalam Pagoda ini. Anda juga dapat melakukannya dengan menggoyangkan bambu-bambu yang diberi tanda hingga salah satunya terjatuh.
  • Bagi Anda yang menyukai ramalan, di pagoda ini Anda juga bisa meminta petugas Pagoda untuk membacakan nasib ramalan Tjiam Shi.
 Fasilitas Umum
  1. Penginapan
    Letaknya yang berada di pusat kota, Anda dapat dengan mudah menemukan penginapan atau hotel baik di jalan Perintis Kemerdekaan atau di tempat lainnya. Pengurus Vihara juga menyediakan cottage untuk menginap. Tapi saya sendiri tidak tahu berapa tarif permalamnya.
  2. Rumah Makan
    Anda juga dapat menemukan rumah makan atau restoran di sepanjang jalan Perintis Kemerdekaan. Baik itu rumah makan sederhana dengan menu seperti sate dan soto sampai makanan cepat saji. Jika ingin mendapatkan banyak pilihan rumah makan, dari Vihara ini ambil arah utara.
  3. Toilet
    Di dalam kompleks Vihara Budhagaya terdapat beberapa toilet di beberapa titik yang terawat dan bersih.
 Tips Berwisata di Pagoda Avalokitesvara Semarang
  • Karena komplek Vihara ini merupakan tempat ibadah bagi umat Budha, maka ketika berkunjung ke sana, pastikan Anda menggunakan pakaian yang rapi dan tertutup serta berbicara yang sopan dan jangan berisik.

Demikianlah informasi singkat tentang gambaran, lokasi atau alamat, jam buka dan harga tiket masuk Vihara Budhagaya Watugong yang di dalamnya terdapat Pagoda Avalokitesvara yang indah. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai info dan tips wisata ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

You may also like...

Welcome to WisataPedi.com

Dukung kami dengan Like atau Follow.

Terima kasih.